JYP Rugikan Perusahaan Kecil?


JYP case


MBC memberitakan mengenai isu perusahaan kecil yang dikecewakan oleh JYP Entertainment setelah memproduksi pernak-pernik dengan gambar sampul album 2PM.

MBC mewawancarai beberapa pemilik perusahan yang memproduksi pesanan JYP Entertainment. Lee Dong Won, yang mengelola perusahaan kecil dengan 4 karyawan mendapat pesanan dari salah satu perusahaan besar yang mengikat kontrak dengan JYP Entertainment. Perusahaan Lee membuat 5000 buah produk pesanan tetapi karenahanya terjual 140 buah, JYP hanya membayar yang terjual. Sedangkan sisanya tidak dibayar.

Tidak hanya perusahaan Lee yang dirugikan JYP Entertainment, tetapi ada beberapa perusahaan kecil yang juga dirugikan. Perusahaan itu membuat sikat gigi dan kaos. Karena tidak dibayar, perusahaan kecil ini tergoda ingin menjual sendiri barang yang tidak laku itu untuk menutupi kerugian mereka. Tetapi mereka tidak berani karena sudah terganjal hak cipta yang didaftarkan JYP.

“Kami hanya mengetahui hal ini karena diberitahukan kalian (MBC). Banyak sekali informasi yang tidak kami tahu. Kami saat ini akan mencari informasi lebih lanjut mengenai kasus ini,” ujar tim humas JYP Entertainment.

Setelah dihubungi MBC, JYP Entertainment tidak lama memberikan pernyataan resminya yang berbunyi,”Penanggung jawab pemesanan produk itu sudah berhenti dari perusahaan karena ia diketahui telah melanggar aturan perusahaan. Tidak ada cara lain bagi kami untuk mengetahui apa yang terjadi diantara perusahaan yang mengurus proyek ini dengan rekan kerja mereka. Manajer baru diminta untuk mempelajari kontrak yang sudah dibuat dan tidak ada masalah dalam perjanjian itu. Kami sudah mengirimkan surat resmi kepada perusahaan tersebut dan akan segera mendapat informasi lebih detil. Kelak, jika kami akan bekerjasama dengan perusahaan lain, kami akan memastikan kejadian ini tidak terulang kembali.”




Source : allkpop
credit : asiakoe

Comments