Aneka Kimchi





Sebagimana telah anda ketahui, sejak zaman dahulu masyarakat Korea makan Kimchi setiap waktu makan. Karena di musim dingin tidak mudah memperoleh sayur-sayuran yang segar maka pada awal musim dingin setiap rumah tangga memasak Kimchi secukupnya untuk musim dingin. Dengan demikian masyarakat Korea juga dapat makan sayur-sayuran di hari-hari yang dingin itu. Sehingga kami jelasakan tentang Kimchi untuk anda yang belum mengenalnya, biasanya Kimchi dibuat dari sawi putih, lobak, bawang putih, dan bubuk cabe merah. Kimchi termasuk masakan persediaan dan boleh dikatakan semacam pickle atau di Indonesia acar. Bahkan laktobasillus yang termasuk Kimchi terkenal bermanfaat untuk kesehatan orang sehingga sekarang Kimchi ini menjadi perhatian dunia.

Meskipun Kimchi jenisnya banyak biasanya Kimchi yang dibuat dari sawi putih saja cukup terkenal. Daripada banyak berbicara lebih baik kita coba memasak dan menikmati suasana rumah tangga Korea yang ramai memasak Kimchi sekarang ini. Untuk kali ini saya akan memperkenalkan cara membuat Kimchi sawi putih. Kalau diberinama Indonesia, mungkin cocok dengan Acar Sawi ala Korea.




* Bahan-bahan
Terlebih dahulu perkenalkan bahan-bahan Kimchi untuk 6 porsi.
500 g sawi putih, belah dua, cuci bersih, sisihkan
2 sdm garam
250ml air
6 siung bawang putih, cincang halus
6 cm jahe segar, parut halus
2 sdm bubuk cabai merah
50 g gula pasir
5 sdm ebi halus
2 batang daun bawang, iris melintang tipis
5 batang kucai, potong 5 cm

Kalau bahan-bahan sudah tersedia, mari kita coba memasak Kimchi sawi putih atau Acar Sawi ala Korea.
Campurkan air dan 2 sdm garam, masukkan sawi, aduk rata. Simpan dalam wadah tahan karat, biarkan dalam suhu ruang selama kurang lebih 4 jam. Tiriskan
Campurkan bawang putih, jahe, bubuk cabai, gula pasir, dan ebi. Taburi daun bawang dan potongan kucai, aduk rata.
Masukkan ke dalam sawi yang telah ditiriskan, aduk rata, tutup rapat. Biarkan dalam suhu ruang selama satu hari.
Kimchi siap disajikan atau diolah bersama bahan lainnya.

Rasa Kimchi biasanya asin dan asam. Rasa asam Kimchi timbul dalam masa penyimpanan dalam suhu ruang selama sehari karena Kimchi diragikan. Kalau anda tidak suka rasa asam itu , boleh menyimpan Kimchi dalam kulkas setelah setengah hari berlalu dimasak.

Video cara membuat Kimchi :


 
Berikut ini saya perkenalkan jenis kimchi yang lain juga agar anda dapat menikmati bermacam-macam Kimchi.

Gimjang Kimchi



Kalau kita ke pasar tradisional Korea pada saat-saat ini, maka kita akan dapat menyaksikan berbagai jenis sayuran dalam jumlah banyak yang dijual, khususnya untuk membuat Kimchi. Menjelang musim dingin, sekitar akhir bulan Nopember hingga awal bulan Desember ibu-ibu Korea menyibukkan diri untuk melakukan Gimjang atau membuat berbagai jenis Kimchi yang akan dikonsumsi selama musim dingin. Gimjang ini sebenarnya merupakan satu tradisi masyarakat Korea yang diadakan setiap tahun.

 Menurut sebuah buku dari kerajaan Koryeo kegiatan Gimjang sudah dilakukan sejak zaman itu. Dan rakyat di zaman Koryeo membuat banyak Kimchi dari lobak dan dimakan sepanjang musim dingin. Kimchi yang merupakan lauk-pauk utama ini masyarakat Korea tidak pernah absen dari atas meja makan sejak saat itu. Jadi Gimjang merupakan aktivitas masyarakat Korea yang sangat penting.

Di zaman sekarang terdapat banyak Kimchi olahan di pasar tapi ibu-ibu Korea lebih suka membuatnya sendiri. Kalau dibuat sendiri Kimchi itu dapat dijamin rasa dan mutunya. Pembuatan Kimchi yang cukup berat dan merepotkan ini sekarang menjadi relatif mudah karena ada kulkas Kimchi. Oleh sebab itu ada juga ibu-ibu yang membuat Kimchi untuk 1 kali saja setahun.

Jenis Kimchi pun bemacam-macam jadi tidak perlu khawatir bosan memakannya. Jenis Kimchi untuk Gimjang ada sekitar 6 jenis, yaitu Baechu Kimchi dari sawi, Dongchimi atau Kimchi lobak berkuah, Chonggak Kimchi dari lobak kecil, Pa Kimchi dari daun bawang, Gat Kimchi dari sawi hijau yang bernama Gat, dan Sseumbagwi Kimchi dari akar sayur Sseumbagwi yang berasa pahit sekali.

Selain itu ada bermacam-macam jenis Kimchi di masing-masing daerah. Ibu-ibu Korea yang sudah menyelesaikan Gimjang biasanya akan merasa tenang dan nyaman karena Kimchi yang bisa menjadi bahan masakan lain selama musim dingin sudah siap.

Bahan-bahan:
500 g sawi putih, belah dua, cuci bersih,
2 sdm garam
250 ml air
6 siung bawang putih, cincang halus
6 cm jahe segar, parut halus
2 sdm bubuk cabai merah
50 g gula pasir
5 sdm ebi halus
2 batang daun bawang, iris melintang tipis
5 batang kucai, potong 5 cm

Cara membuat :
Campurkan air dan 2 sdm garam, masukkan sawi, aduk rata. Simpan dalam wadah tahan karat, biarkan dalam suhu ruangan selama kurang lebih 4 jam. Kemudian tiriskan
Campurkan bawang putih, jahe, bubuk cabai, gula pasir, dan ebi. Taburi daun bawang dan potongan kucai, aduk rata.
Masukkan ke dalam sawi yang telah ditiriskan, aduk rata, tutup rapat. Biarkan dalam suhu ruang selama satu hari.
Kimchi siap disajikan atau diolah bersama bahan lainnya.

Baik di Korea maupun Indonesia, Kimchi yang dijual harganya mahal maka lebih baik membuat sendiri. Kimchi terbukti bermanfaat untuk menambah daya tahan tubuh. Dengan makanan sederhana ini kita dapat menjaga kesehatan kita.


Nabak Kimchi


Setiap ibu rumah tangga sekarang merasa bingung bagaimana menghabiskan sisa makanan hari raya Chuseok. Biasanya hidangan hari raya tidak bervariasi dan banyak mengandung minyak maka anggota keluarga yang menyantapnya sepanjang liburan telah bosan memakannya. Sayang dibuang, tapi tidak juga mau memakannya. Sehingga dalam internet pun sedang terdapat bermacam-macam petunjuk atau tips tentang cara mengolah makanan dari sisa makanan itu. Gorengan dapat menjadi pizza dengan ditambah keju, masakan sayur dapat dicampur dengan nasi dan Gochujang untuk menjadikan Bibimbab, banyak sekali resep yang berguna. Sementara sebagian orang lebih suka memakan makanan itu seperti apa adanya tanpa mengolahnya kembali. Dalam hal ini Kimchi yang sangat cocok untuk dimakan bersama dengan makanan yang hampir membosankan itu. Terutama Kimchi yang berkuah lebih sesuai karena rasa segarnya. Biasanya pada saat mempersiapkan masakan hari raya kaum ibu rumah tangga tidak lupa memasak Kimchi.

Salah satu jenis Kimchi itu adalah Nabak Kimchi yang berkuah dengan sawi putih dan lobak. Kuah itu berasa sedikit manis dan pedas. Selain itu rasa segarnya dapat menggantikan sup yang selalu disajikan bersama dengan nasi pada setiap penyajian hidangan. Nama Kimchi yang berbunyi Nabak itu berasal dari bentuk potongan sawi dan lobak kecil yang tipis. Nabak Kimchi ini umumnya tidak mengalami proses prementasi sehingga dapat langsung dimakan setelah dibuat. Oleh karena cara membuatnya cukup mudah dan hanya membutuhkan sedikit waktu maka Kimchi ini sering disajikan pada jamuan makan yang ramai di Korea sejak zaman dahulu.

Bahan-bahan:
100g lobak
200g sawi putih
2 sdm garam
1 buah cabe merah
15g daun bawang tipis
1/2 buah pear
2 siung bawang putih
sedikit jahe
6 gelas air putih
2 sdm garam
1/2 sdm gula pasir
sedikit bubuk cabe merah

Cara membuat:
Potong lobak dan sawi dengan ukuran 2 x 2.
Taburi 2 sdm garam di atas lobak dan sawi lalu diamkan sampai lobak sedikit lembut. Kemudian dibilas dan disaring
Potong panjang cabe dan daun bawang lalu potong tipis jahe dan bawang putih
Masukkan bubuk cabe merah dalam air putih kemudian masukkan garam
Letakkan sawi dan lobak dalam wadah lalu tuangkan kuah yang dibuat sebelumnya.
Masukkan bawang putih dan jahe ke dalam wadah
Simpan di ruangan
Sajikan bersama dengan makanan lain



Kimchijjim



Sebenarnya belakangan ini banyak orang yang merasa gelisah dan takut karena influenza A H1N1 yang sedang menular di seluruh dunia. Maka tidak berlebihan untuk mengatakan kalau kita perlu meningkatkan usaha-usaha untuk mencegahnya.

Berdasarkan beberapa laporan medis Kimchi, asinan ala Korea sangat bermanfaat untuk mencegah flu baru itu. Kimchi bukan lagi hanya makanan khas Korea tetapi sudah menjadi makanan seluruh dunia. Kalau anda suka makan Kimchi mungkin anda bisa terhindar dari bahaya penyakit tersebut. Dalam acara ini kami sudah beberapa kali membahas berbagai jenis Kimchi dan masakan dari Kimchi. Oleh karena itu informasi dan pengetahuan anda mengenai Kimchi cukup mantap. Kimchijjim merupakan salah satu masakan dari Kimchi. Bahan utama masakan ini adalah Kimchi serta daging dan sangat mirip dengan Kimchi Jjigae atau sup Kimchi.

 Sejak beberapa tahun lalu masyarakat Korea yang sudah merasa bosan Kimchijjigae memasak Kimchijjim. Dibandingkan dengan Kimchijjigae atau sup kimchi Kimchijjim berkuah sedikit dan daging dipakai lebih banyak. Di tambah lagi Kimchi yang dipakai untuk masakan ini disebut Mukenji yang berasa asam karena sudah lama disimpan, kadang-kadang masa penyimpanan Kimchi itu beberapa tahun. Hal itu membuat rasa Kimchijjim yang kental dan mendalam.

Bahan-bahan :
500g Kimchi sawi putih
100g daging sapi
0.5 liter air kaldu
1/2 buah bawang bombai
Cara membuat :
Potong daging sapi agak besar
Potong bawang bombai
Siapkan air kaldu
Letakkan Kimchi di dalam panci. Kimchinya tidak usah dipotong dulu
Tempatkan daging sapi di antara lembaran Kimchi sawi dalam panci
Masukkan bawang bombai
Tuangkan air kaldu
Masak dengan api besar sampai mendidih kemudian kecilkan apinya dan masak sampai Kimchi menjadi lembut sekali
Sajikan bersama dengan nasi putih yang hangat

Rasa Kimchi yang asin dan asam serta rasa daging yang gurih berpadu. Dan menciptakan rasa yang baru dan enak. Biasanya masyarakat Korea lebih suka memakai daging babi untuk masakan ini. Tetapi daging sapi maupun ayam juga cocok untuk masakan ini. Kalau ada Kimchijjim ini orang Korea biasanya dapat menghabiskan beberapa mangkuk nasi. Selain merangsang nafsu makan, Kimchijjim dijamin juga baik untuk kesehatan.


Kimchi-Jeon


Biasanya pada musim dingin di korea matahari terbit sekitar pukul setengah delapan. Jadi pelajar-pelajar yang sedang berlibur sekolah sering bangun siang. Karena banyak kegiatan dalam ruangan jadwal kehidupan sebagian orang pada musim dingin tidak teratur. Kehidupan yang tidak teratur itu tentu berpengaruh buruk pada kesehatan orang. Para dokter menyarankan berolahraga secara teratur, minimal 3 kali seminggu. Kalau tidak kuat dingin boleh senam di dalam ruangan. Sebagaimana telah anda ketahui masakan Kimchi adalah masakan popular masyarakat Korea.

Pada musim dingin dimana sayur-sayuran sulit tumbuh, kimchi adalah sumber vitamin bagi masyarakat Korea sejak zaman dahulu. Tetapi masakan kimchi yang sudah lama dimasak makin lama makin kurang enak, asem, dan berbau. Ibu rumah tangga Korea membuat gorengan enak dengan kimchi yang asam dan berbau itu. Gorengan yang bernama Kimchi-Jeon itu dimakan bersama dengan nasi sebagai lauk-pauk atau dimakan juga pada saat ingin jajan. Kali ini kami memperkenalkan Kimchi–Jeon yang sekarang ini masyarakat Korea sering makan. 

Bahan-bahan
500g kimchi sawi putih
5 batang daun bawang kecil
2 buah cabe merah
200g tepung terigu
1/2 gelas air putih
minyak goreng

Cara membuat
Semua isi Kimchi dibuang dan diperas sampai habis kuahnya
Daun bawang dan cabe merah dipotong melintang
Campurkan tepung terigu dengan air
Oleskan minyak goreng pada wajan
Celupkan kimchi dalam adonan lalu goreng dalam wajan
Taruh daun bawang dan cabe merah di atas kimchi yang sedang dimasak
Masak sampai kulitnya matang
Sajikan saat masih panas.

Masakan itu tentu terasa gurih. Selain itu anda dapat merasakan rasa asam karena Kimchi yang dipakai sudah berasa asam. Tapi rasa asam itu tidak begitu terasa, malah nikmat. Karena kimchi sudah digarami maka tidak perlu dibumbui lagi dan lebih enak dimakan dengan nasi. Kalau anda suka memakan kimchi pasti cocok dengan masakan Kimch-Jeon ini. !

Chonggak Kimchi

Orang-orang bijaksana mengatakan waktu yang paling berharga adalah saat sekarang. Kalau kita hidup sekarang dengan rajin dan bersemangat, berarti kita akan memiliki pengalaman yang berharga dan harapan yang penuh semangat. 
Di pertengahan bulan Nopemver ini cuaca Korea cukup bagus dan tidak begitu dingin dibandingkan dengan pekan yang lalu. Di masa ini ibu rumah tanggalah yang paling sibuk di Korea karena harus menyiapkan masakan Kimchi yang dimakan selama musim dingin. Baik di pasar maupun supermarket tersedia berbagai bahan Kimchi, sawi putih, lobak, daun bawang, dan macam-macam. Biasanya setiap rumah memasak kurang lebih 20 buah sawi putih besar. Selain Kimchi sawi putih, lobak, daun bawang, dan sawi hijau yang bernama Gat juga diKimchikan. Jadi jenis Kimchi yang dimasak untuk musim dingin itu paling sedikit 2 atau 3 macam. Karena setiap saat makan masyarakat Korea makan Kimchi jadi harus banyak Kimchi yang disediakan. 
Kali ini kami akan memperkenalkan satu jenis Kimchi lobak. Namanya Chonggak Kimchi. Kata Chonggak itu biasa dipakai untuk panggilan pria muda seperti ‘mas’ di Indonesia. Kalau begitu mengapa memakai nama Chonggak Kimchi? Pada zaman dahulu pemuda yang belum menikah rambutnya panjangnya diikat di bagian belakang kepala. Bentuk kepala dan rambut itu mirip dengan lobak kecil, bahan Chonggak Kimchi itu. Chonggak Kimchi yang dibuat dari lobak kecil bersama dengan sawi hijau itu, umumnya dimasak lebih awal daripada Kimchi sawi putih. Karena tidak dipotong bentuknya lucu dan kesegarannya bisa lebih lama bertahan. Kalau begitu mari coba perhatikan bahan-bahan untuk membuat Chonggak Kimchi.
Bahan-bahan
1kg Lobak kecil yang disebut Chonggak Mu
2 sdm bawang putih cincang halus
1 sdm jahe cincang halus
3 buah daun bawang, potong melintang
1/2 gelas bubuk cabe merah
1/2 gelas cairan terasi ikan teri
1 sdm gula pasir
1/4 garam

Cara membuat
Kupas kulit lobak lalu dibersihkan
Lobak digarami selama 3 –4 jam lalu diperas
Campur adukan bubuk cabe merah, bawang putih, jahe, dan daun bawang bersama dengan cairan terasi ikan teri
Masukkan lobak dalam campuran bumbu lalu diaduk
Simpan dalam suhu ruang selam sehari lalu masukkan ke dalam kulkas.
Sajikan dengan nasi putih bersama lauk-pauk yang lain.

Chonggak Kimchi ini memang memiliki rasa lain dengan Kimchi biasa. Chonggak Kimchi lebih enak setelah matang, sesudah 2 atau 3 hari kemudian. Biasanya rasa Kimchi berbeda menurut jangka waktu penyimpanannya. Jadi kalau disimpan cukup lama berasa asam juga. Kadang-kadang Chonggak Kimchi ini disebut juga sebagai Altari Mu Kimchi. Altari Mu adalah dialek untuk Chonggak Mu. Kalau anda menyukai Kimchi cobalah memasak Chonggak Kimchi ini. Pasti anda dapat menikmati rasa Kimchi yang lain dan istimewa.


Dubu Kimchi


Suhu udara yang menurun dengan cepat membuat orang-orang Korea yang sedang berjalan mempercepat langkahnya dan orang-orang yang melakukan kegiatan di jalan mulai berkurang. Banyak orang Korea dalam musim dingin  lebih menyukai makanan seperti roti bakpau, Odeng atau semacam sup baso daripada minuman yang dingin dan es krim yang selama ini digemari sebagai jajanan. Dengan memakan makanan bergizi dan hangat akan dapat mengalahkan rasa dingin di musim dingin . 
Kali ini pun saya akan memperkenalkan satu masakan Korea yang enak rasanya dan mudah membuatnya. Namanya adalah Dubu Kimchi. Bahan utama masakan ini adalah tahu dan Kimchi. Masakan ini merupakan salah satu masakan yang disukai oleh masyarakat Korea dan lebih enak dimakan pada musim dingin. Sebagaimana kita tahu bahwa” tahu memiliki banyak nutrisi dan bergizi tinggi. Kimchi pun diakui bergizi tinggi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi kalau menyantap kedua makanan itu secara bersama-sama tubuh kita akan menjadi lebih sehat. Dan rasa perpaduan tahu dan kimchi juga dijamin enak.
Bahan-bahan
400 g tahu putih
300 g kimchi
100 g daging sapi
1sdt daun bawang cincang halus
1sdt bawang putih cincang halus
1sdt minyak wijen
1sdt bubuk cabe merah
1sdt biji wijen
1sdt minyak goreng

Cara membuat
Terlebih dahulu potong tahu dengan ukuran 1 ~ 2 cm lalu direbus dalam air panas
Potong kimchi dengan ukuran 2 cm
Tumislah daging sapi dengan kimchi dengan bumbu-bumbu dengan api sedang
Tempatkan tahu di pinggir piring dan tumisan daging sapi dan kimchi di tengahnya
Sajikan dengan nasi putih saat masih panas.

Sebenarnya di Korea daging babi digunakan untuk masakan ini. Tetapi daging sapi juga sesuai dengan rasa kimchi. Selain sebagai lauk pauk masakan ini sering dimakan bersama dengan minuman beralkohol di Korea. Kalau anda suka memakan Kimchi, masakan ini menghadiahkan anda rasa kimchi yang istimewa.


Gungjung Baechu Gimchi


Anda sedang berusaha untuk lebih sehat dan bugar? Iya. kita harus melakukan hal-hal yang dapat membantu diri kita tetap fit. Untuk itu olahraga teratur, berpikir positif, mengkonsumsi vitamin, cukup tidur dan banyak berjalan. Ah. memakan makanan bergizi juga sangat perlu.
Gimchi sudah lama dikenal sebagai salah satu makanan sehat di dunia. Penasaran kan? Gungjung Baechu Gimchi itu seperti apa? Ayo kita mulai dari bahan-bahannya dulu.

Bahan-bahan :
Sawi putih 1 buah yang beratnya 2 atau 2.5 kg
Garam 2 gelas sedang
Air 4 liter
Lobak 2 kg
Buah pear seperempat buah
Daun mustard yang berwarna merah 50g
Peterseli 50g
Daun bawang 50g
Sebagai bahan tambahan perlu;
Biji berangan 3 butir
Biji cemara 1 sendok makan
Kerang 100g
Cheonggak, sejenis rumput laut 20g
Lobak 1 buah
Untuk saus perlu;
Bawang putih yang dicincang 2 sendok makan
Jahe yang dicincang setengah sendok makan
Daun bawang 2 buah
Bubuk cabe merah setengah gelas
Saeujeot atau terasi udang ala Korea 5 sendok makan
Garam 3 sendok makan
Gula pasir 2 sendok makanSiapkan sawi putih yang daunnya tidak terlalu tebal
Buang daun yang paling di luar lalu dibelah dua
Masukan ke dalam 4 liter air yang telah diberi garam 1 setegah gelas
Taburkan setengah gelas garam pada setiap tangkai sawi putih
Sawi putih ditekan agar tidak keluar dari air garam
Terus direndam sekitar 12 hingga 15 jam
Setelah itu angkat dan bersihkan 2 atau 3 kali dengan air bersih
Sawi putih diperas hingga tidak berair
Iris lobak dengan panjang dan tipis sekitar 3 mm
Bersihkan kerang dengan air garam lalu tiriskan
Irislah berangan dengan tipis-tipis
Bersihkan cheonggak lalu diiris kecil-kecil
Daun bawang, daun mustard yang berwarna merah dan peterseli diiris dengan panjang sekitar 4 cm
Di dalam mangkok besar masukkan setengah gelas bubuk cabe merah bersama dengan 2 gelas air hangat.
Masukkan irisan lobak. Aduk pelan-pelan
Setelah itu campurkan semua bahan-bahan lainnya. Aduk hingga rata
Oleskan saus ini pada setiap daun sawi putih yang telah diasinkan
Kemudian menekuk sawi putih supaya saus tidak keluar lalu membungkusnya dengan daun yang paling di luar
Masukkan ke dalam tempat penyimpanan dengan sawi putih bagian dalam menghadap ke atas sambil menekan biar terlipat satu sama lain
Membuat Gungjung baechu gimchi telah selesai

Untuk membantu fermentasi, biarkan di tempat teduh selama sekitar 10 jam kemudian simpan di kulkas.
Setelah sekitar 2~3 hari kemudian, Gungjung baechu gimchi siap disajikan
Cheonggak adalah sejenis rumput laut. Sejak jaman dahulu, cheonggak sering digunakan untuk membuat gimchi yang lebih sedap.
Cara memasak Gungjung Baechu Gimchi merupakan gaya istana. Seperti namanya gungjung, yang berarti istana atau kerajaan itu, cara memasak menu hari ini memang cukup sukar bagi orang yang belum terbiasa.

 

Kimchi Jjigae



Di bulan Maret cuaca Korea masih dingin jadi rasanya musim bungapun belum datang. Menjelang musim dingin berakhir dan musim bunga mulai setiap ibu rumah tangga di Korea merasa cemas. Anda ingintahu itu? Kecemasan itu adalah bagaimana menghabiskan Kimchi di kulkas yang telah bosan memakannya. Mungkin anda masih ingat masyarakat Korea memasak banyak Kimchi untuk dimakan selama musim dingin. Namun biasanya Kimchi ini mulai kehilangan rasa menjelang musim semi bermula dan masyarakat Korea ingin makan Kimchi segar yang dimasak dari sayur-sayuran yang baru. Tanggung jikalau sisa kimchi itu banyak. Oleh karena itu berbagai jenis masakan Kimchi tersedia di atas meja makan masyarakat Korea sekarang ini. Diantaranya ada Kimchi Jjigae. Masakan ini masakan sederhana dan populer bagi masyarakat Korea. Selain bangsa Korea orang asing yang sudah pernah memakan masakan ini juga sangat menyukainya.
Jjigae itu biasanya tidak banyak kuah dibandingkan dengan sup. Bahan-bahan Kimchi Jjigae untuk 4 orang.

Bahan-bahan
1/4 belah kimchi sawi putih
1/4 batang daun bawang, potong melintang
1/2 sendok makan bawang putih, cincang halus
1/2 bawang bombay, potong melintang
500 ml kaldu ikan teri
1 sendok the minyak goreng
Kalau bahan-bahan sudah disiapkan mari kita mencoba memasaknya.
Setelah bumbu kimchi dibuang lalu potong seukuran 3 – 4 cm. Jikalau Kimchi terlalu matang hingga terasa asam, boleh dibilas.
Panaskan panci lalu tumislah Kimchi dan bawang bombay dengan minyak goreng.
Setelah kimchi itu masak, tuangkan kaldu ikan teri.
Masak sebentar hingga hangat lalu masukkan daun bawang dan bawang putih.
Didihkanlan dengan api sedang rata-rata 20 menit.
Sajikan waktu masih panas.

Biasanya Kimchi Jjigae ditambahkan daging babi atau ikan tuna kaleng di Korea. Tanpa daging Kimchi Jjigae cukup enak karena Kimchi itu telah lama dibumbui. Rasanya agak asin dan pedas lebih baik makan dengan satu mangkok nasi putih.


Kimchi Bokembab


Selain Kimchi Bokembob ini banyak jenisnya nasi goreng menurut bahannya seperti nasi goreng di Indonesia. Nasi goreng seafood, nasi goreng sayur, nasi goreng daging, dll. Bahkan cara memasak pun tidak lain dengan nasi goreng di Indonesia. Kimchi Bokembab atau nasi goreng Kimchi ini dapat memberi rasa yang unik karena rasa kimchi yang khs dan pedas sanagt sesuai dengan nasi dan bahan-bahan lain. Masakan ini sangat cocok dengan orang yang suka Kimchi atau yang mau mencoba rasa nasi goreng yang lain.

Bahan-bahan Kimchi Bokembab untuk 4 orang
3 mangkok nasi putih
250 g Kimchi, potong kecil
8 lembar daging asap, potong dadu 1 cm
1/2 buah bawang bombay , potong dadu 1 cm
1 paprika hijau, potong dadu 1 cm
1/2 sdm bawang putih, cincang halus
1/2 sdm biji wijen
1 sdm gula pasir
1 sdm minyak goreng
4 butir telur ayam, goreng mata sapi setengah matang
Kalau andasudah mempersiapkan, mari kita coba memasak kimchi Bokembab.
Setelah kimchi yang dipotong dipreskan lalu dibumbui gula pasir.
Panaskan wajan, tumis daging asap dengan bawang putih.
Masukkan Kimchi dan bawang bombay ke dalam wajan, tumislah dengan api sedang
Masukkan nasi dan paprika hijau ke dalam wajan, tumislah.
Taburkan biji wijen
Angkat dan tambahkan telur mata sapi di atasnya
Sajikan waktu panas.

Bagaimana memasak Kimchi Bokembab ini? Mudah, kan? Saya rasa cara memasaknya tidak berbeda dengan cara memasak nasi goreng jenis apa saja di Indonesia. Selain daging asap, sosis atau kornet ikan tuna maupun daging kaleng boleh digunakan sesuai dengan selera anda. Rasa pedas kimchi itu membuat nasi goreng yang biasanya banyak berminyak itu lebih nikmat dan sedap.

Fa kimchi (Kimchi daun bawang)



Kimchi ini selalu dimasak waktu masak Kimjang di Korea. Daun bawang diketahui mempunyai khasiat untuk menghilangkan rasa sakit kepala, membersihkan kulit wajah, dan mencegah serta menyembuhkan masuk angin. Oleh karena itu daun bawang digolongkan juga dalam bahan-bahan tumbuhan obat. Kalau memakan kimchi daun bawang ini setiap saat makan pada musim dingin, tentu dapat mencegah masuk angin.

Barangkali anda dapat menikmati rasa kimchi lain. Aroma daun bawang yang khas sangat serasi dengan bumbu-bumbu kimchi lainnya. Hal yang perlu anda ingat waktu berbelanja bahan-bahan FA kimchi ini adalah membeli daun bawang yang kecil dan tipis. Kalau memakai daun bawang biasa, rasanya terlalu pedas dan keras.

Bahan-bahan Fa kimchi  
2 ikat daun bawang kecil
setengah gelas cairan trasi ikan teri
1 gelas bubuk cabe merah
2 sdm bawang putih cincang halus
1 sdm jahe cincang halus
setengah sdm gula pasir
1 setengah sdm biji wijen
sedikit garam

Cara membuat
Terlebih dahulu bersihkan daunbawang lalu ditiriskan
Campurkan bawang putih, jahe, dan bubuk cabe merah dengan cairan terasi ikan teri lalu diamkan selama kira-kira 10 menit.
Campurkan bumbu lain dengan cairan terasi ikan teri
Oleskan bumbu yang disiapkan pada permukaan daun bawang
Masukkan dalam tempat penyimpanan
Taburi sedikit garam di atas Fa kimchi yang telah ditempatkan
Biarkan setengah hari dalam suhu ruangan lalu simpan di dalam kulkas.
Sajikan dengan nasi putih bersama dengan lauk-pauk lain


Source:kbsworld+googling
TAKE IT OUT WITH FULL CREDIT !!!




Comments