Dua Kartu 'Ajaib' Ini Bisa Mempermudah Saat Wisata di Korea Selatan

 Dua Kartu 'Ajaib' Ini Bisa Mempermudah Saat Wisata di Korea Selatan


Baru menginjakkan kaki di negara orang terkadang memang membuat kita kesulitan untuk berpergian dari tempat satu ke tempat lainnya. Apalagi jika kita menggunakan angkutan umum. Namun, sepertinya kita tidak perlu khawatir jika sedang berada di Seoul, Korea Selatan.

Saat ini pemerintah setempat sudah menggabungkan berbagai biaya angkutan umum dalam sistem kartu Transportation Money (T-Money) dan Metropolitan Pass (M-Pass). Dengan membeli T-Money di gerai yang menyediakan T-Money, kita bisa bebas kemana saja. Bisa naik bus, kereta bawah tanah, taksi khusus yang ada tanda 'Card' dan belanja di sejumlah toko dengan tanda serupa.



Dilansir dari detikTravel, harga T-Money ini juga terbilang murah hanya 2.500 Won atau sekitar Rp 20.000. Dan T-Money juga berlaku tidak hanya di Seoul namun bisa digunakan di Incheon, Gyeonggi-do, Cheonan, Asan, Pohang, Jeju, Andong, Tongyeong, dan Geoje.

Selain T-Money, Seoul juga menyediakan Metropolitan Pass (M-Pass). Kegunaannya sama persis dengan T-Money namun harganya dijual per paket dari sehari hingga sepekan. Harganya 10.000 Won (sekitar Rp 90.000) untuk tiket sehari, sementara untuk sepekan T-Money dibandrol 59.500 Won. Bedanya, M-Pass hanya berlaku di Kota Seoul saja.

Dengan T-Money ataupun M-Pass, kita bisa dengan mudah menggunakan angkutan umum dalam beberapa kali. Misalnya, harga tiket subway untuk jarak terdekat dibandrol 1.050 Won. Selebihnya akan dikenai harga sesuai jarak tempuh. Dari 10 hingga 40 km, dipasang harga 100 Won/5km. Sementara lebih dari 40 km, tarif sebanyak 100 Won/10 km.

Bila nilai uang masih tersisa dalam T-Money ataupun M-Pass lebih dari 500 Won, uangnya bisa dikembalikan (refund) saat kita meninggalkan Seoul. Tapi banyak wisatawan membawa pulang kartu M-Pass sebagai cenderamata.

Khusus untuk menikmati wisata kota di Seoul, terdapat kartu Seoul City Pass. Dengan kartu ini, kita bisa menikmati kota Seoul dengan bus khusus wisata kota Seoul ataupun subway. Busnya besar dan menggunakan tenaga listrik yang tidak bising dan ramah lingkungan. Hanya saja, kartu ini tidak bisa digunakan lebih dari 20 perjalanan perhari. Selamat berwisata di Korea Selatan.



Credit:dreamersradio

Comments