Koreatown, 'Kota Korea' di Los Angeles


 Koreatown, 'Kota Korea' di Los Angeles


Los Angeles di Amerika Serikat sejak lama memang dikenal sebagai kota multi etnis yang dihuni oleh penduduk berlatar belakang budaya yang berbeda-beda. Jika warga keturunan Jepang memiliki tempat sendiri di Los Angeles yaitu Little Tokyo dan warga China di Chinatown, maka para pendatang dari Korea tinggal di sebuah pemukiman bernama Koreatown.

Daerah yang biasanya dikenal dengan Kota Korea ini juga terletak di downtown Los Angeles dan menyimpan berbagai hal yang berhubungan dengan negeri Ginseng tersebut. Di sana, kita bisa mengunjungi Da Wool Jung, yaitu sebuah rumah tradisional khas Korea berwarna hijau yang dibangun langsung oleh pekerja asal Korea tahun 1960 silam. Bangunan ini biasa disebut sebagai Korean Pavilion atau tempat pertemuan harmonis.



Tidak jauh dari Korean Pavilion, kita juga bisa mengunjungi Seoul International Park, taman terbuka di Koreatown. Taman ini dapat dijadikan pilihan tempat liburan keluarga karena dilengkapi dengan arena bermain anak, meja piknik, lapangan baseball, gimnasium, lintasan jogging, dapur, teras serta panggung kecil. Koreatown juga sering menggelar perayaan tahunan, salah satunya adalah Los Angeles Korean Festival. Kita bisa menyaksikan atraksi kesenian maupun berbagai hal terkait budaya Korea pada perayaan itu.


Tak hanya itu, demam musik K-pop juga menginspirasi diselenggarakannya acara tahunan KCON, yaitu sebuah konser musik yang diadakan di L.A. Memorial Sports Arena dan merupakan festival musik yang diisi oleh para idola k-pop.

Ingin membeli oleh-oleh khas Korea? Yap, kita bisa pergi ke Chung Ki Wa Plaza, sebuah tempat perbelanjaan terkemuka di Koreatown. Mall tersebut memiliki arsitektur dan dekorasi khas Korea. Selain pusat belanja yang terletak di Olympic Boulevard itu, pengunjung juga bisa memperoleh barang-barang khas negeri ginseng di MaDang Courtyard.


Tempat belanja yang terletak di sisi barat Western Avenue itu juga dilengkapi dengan restoran Korea kelas atas. Untuk sampai di Koreatown kita bisa menggunakan Metro Rail Purple Line dari pusat kota Los Angeles dan turun di halte yang ada di depan Pio Pico Koreatown Branch Library.



Credit:dreamersradio







Comments