M Countdown, Program Musik Sebagai Indikator Kesuksesan Para Idola K-Pop


 M Countdown, Program Musik Sebagai Indikator Kesuksesan Para Idola K-Pop


Gelaran akbar program musik yang ditayangkan oleh stasiun televisi Korea Mnet, M Countdown yang bertajuk ‘M Countdown Halo – Indonesia’ siap digelar di Jakarta pada 3 Juli 2013 mendatang. Antusiasme para k-popers di Indonesia pun sangat besar menantikan para idola k-pop yang telah dikonfirmasi akan hadir meramaikan gelaran tersebut. Untuk semakin meningkatkan antusiasme k-popers di Indonesiam yuk intip sekilas sejarah tentang program musik yang satu ini.

M Countdown adalah progran musik mingguan yang tayang setiap hari Kamis sore pukul 18.00 hingga pukul 19.30 waktu Korea di stasiun televisi M net. Di setiap episode nya, program yang tayang perdana tahun 2004 silam ini selalu menghadirkan para idola k-pop yang tengah comeback dan mempromosikan lagu-lagu terbarunya.



Bisa dibilang, program ini merupakan sebuah indikator apakah para idola k-pop  tersebut sukses mempromosikan lagu mereka dengan piala mutizen sebagai reward nya. Piala tersebut didapatkan melalui perhitungan skor yang diambil dari voting pemirsa, jumlah pen-download secara digital, penjualan CD, voting sms, dan lainnya.

Tak hanya memberikan piala mutizen untuk juara pertama, M Countdown juga memiliki piala pemenang yang disebut dengan piala ‘Triple Crown’, yaitu piala yang diberikan jika idola k-pop tersebut berhasil memenangkan juara pertama selama 3 kali berturut-turut, seperti yang baru-baru ini dialami oleh Shinhwa. Namun setelah mendapatkan Triple Crown, lagu tersebut akan dikeluarkan dari chart.
 


Dari banyaknya idola k-pop yang pernah tampil di M Countdown, Big Bang menjadi salah satu idola k-pop yang pernah menoreh kesuksesan. Yap, boyband asuhan YG Entertainment ini berhasil dinobatkan sebagai idola k-pop dengan pemilik piala juara satu terbanyak sepanjang sejarah program M Countdown! Total piala juara 1 yang berhasil diterima Big Bang dari awal debut hingga mempromosikan single terakhir mereka adalah 15 piala dan belum digabungkan dengan piala-piala dari promosi individu para member Big Bang.

Piala juara satu pertama yang berhasil diraih G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Daesung, dan Seungri adalah ketika mereka mempromosikan single ‘Lies’ di tahun 2007 silam dan piala ke-15 adalah saat mereka mempromosikan single ‘Fantastic Baby’ yang diambil dari album ‘Alive’.

Big Bang bahkan berhasil mengalahkan idola k-pop kenamaan lainnya, seperti TVXQ, 2PM, Super Junior, dan SNSD. TVXQ dan 2PM berada di posisi kedua dengan jumlah 15 piala, sementara itu Super Junior dan SNSD berada di posisi ke-3 dengan 12 piala. 
Acara ini biasanya selalu dipandu oleh berbagai host yang berbeda-beda di setiap minggu nya. Bisa diambil dari salah satu member grup yang tengah comeback atau memang tamu spesial yang diundang oleh pihak M net. M Countdown disiarakan langsung dari studio pusat CJ E&M yang berlokasi di Sangam-dong, Mapogu, Seoul. Tak hanya bisa disaksikan di Korea, program ini juga bisa disaksikan oleh k-popers di seluruh dunia dengan cara streaming melalui situs Mnet.

Untuk menghibur para fans k-pop secara global, Mnet juga menggelar program Mnet goes overseas dengan mengunjungi berbagai negara di mana fans k-pop berada. Sukses menggelar di Taiwan pada April lalu, kini M Countdown siap untuk mengunjungi Indonesia dalam konser yang bertajuk ‘M Countdown Halo – Indonesia’ dan 15 idola k-pop dikonfirmasi akan meramaikan acara tersebut, di antaranya adalah 2PM, Shinhwa, Secret, B2ST, MBLAQ, SISTAR, After School, 4Minute, B1A4, 2NE1, Kim Jong Kook, Eru, Roy Ki, VIXX, dan Verbal Jint.  ‘M Countdown Halo – Indonesia’ akan digelar pada 3 Juli 2013 mendatang di Mata elang International Stadium (MEIS), Ancol, Jakarta.


Acara konser gabungan dari para idola k-pop yang akan tampil di atas panggung spektakuler ini dipastikan akan menarik minat para penikmat kpop dari segala umur berkat beragamnya artis yang menghadirinya. Wah, sudah siap menyaksikan megahnya acara ini Juli mendatang, K-popers?^^



Credit:dreamersradio
















Comments