Seperti Apa Sih Menu Sarapan Sehat A la Orang Korea?


 Seperti Apa Sih Menu Sarapan Sehat A la Orang Korea?

Saat memulai hari, sarapan merupakan suatu hal yang wajib dilakukan agar terhindar dari rasa lelah atau bahkan lemas akibat tak memiliki tenaga yang cukup. Hal ini lah yang juga menjadi kebiasaan di beberapa negara-negara, salah satunya adalah Korea. Negara yang kini tengah mendunia ini memiliki menu sarapan sehat tersendiri bagi para warganya. Yuk, intip seperti apa menu sehat tersebut:


1. Menu Tradisional
 

Orang Korea terbiasa makan menu lengkap yang terdiri dari nasi, sup, daging, dan lauk pauk pendamping lainnya. Satu set menu lengkap ini terdiri dari Galbi (iga panggang), Kongnamul Bab (nasi dengan tauge), Spicy Seafood Salad, Oi Naengguk (sup mentimun dingin), dan Moo Saengchae (kimchi dari lobak yang diiris-iris). Bisa disajikan dengan Seolleotang, sup tulang sapi yang kental.



2. Roti, Buah, & Telur
 

Orang Korea sangat suka makan telur saat sarapan. Namun, sepertinya mereka juga dipengaruhi oleh sarapan bergaya barat. Mereka menyajikan telur mata sapi dengan roti dan buah-buahan sebagai menu sarapan. Kadang juga ditambahkan dengan mentega rasa strawberry.


3. Telur dan Tofu
 

Telur untuk sarapan juga disajikan sebagai omelet dengan sayuran sebagai isian. Omelet telur ini disajikan bersama tofu berbumbu kecap, nasi putih yang dicampur dengan kacang merah dan hitam, Kaktugi (kimchi dari lobak yang dipotong kotak-kotak), dan salad Korea.



4. Gaeran Toast U
 
 
Gaeran Toast atau Gaeran Tost-U adalah sandwich panggang ala Korea. Sandwich ini biasanya dijual di kios-kios kaki lima. Sandwich ini sangat cocok untuk orang yang sedang terburu-buru tapi tetap ingin sarapan. Isi dari Gaeran Toast-U  seperti sandwich Amerika. Ditambah kubis dan sedikit gula sebagai penyedap rasa.



5. Kimbap
 

Kimbap adalah salah satu menu simpel di Korea yang juga pas jika kita sedang terburu-buru dan tak sempat sarapan. Mirip seperti sushi, Kimbap merupakan nasi yang digulung rumput laut yang diisi oleh sayuran, telur, dan sosis panjang yang kemudian dipotong-potong. Kimbap juga biasa dijual di kios-kios kaki lima. 





Cr: dreamersradio














Comments