Tempat bersejarah Gaeseong terdaftar sebagai warisan budaya dunia

 Title


Tempat bersejarah di kota kuno Gaesoeng, Korea Utara berhasil ditetapkan dalam daftar warisan budaya dunia UNESCO. Pada tahun 2007 lalu, tempat bersejarah itu mengalami kegagalan sekali untuk ditetap dalam daftar warisan budaya dunia tersebut.

Tempat bersejarah Gaesoeng itu terdiri dengan 12 jenis warisan budaya. Misalnya, Manwoldae tercatat sebagai situs pembangunan istana dan jembatan Sunjook dimana bawahan raja Cheong Mong-joo dibunuh, kuil Pyochoong yang menghormati kesetiaan Chung Mong-joo, Chumseongdae adalah sejenis observatorium astronomi, badan pendidikan kuno Sungkyungwan pada masa kerajaan Goryo, Sungyang Suwon adalah sejenis ruangan kuliah kuno dan 7 buah makam kerajaan.


Sungkyungwan merupakan perguruan tinggi nasional terkuno dalam sejarah di seluruh dunia.

Jumlah warisan budaya dunia di Korea Selatan mencapai 10 situs, termasuk kawasan bersejarah kota kuno Gyeongjoo, kuil Bulguk dan groto Sukgulam, makam kerajaan Choseon, dan istana Changduk. Kerajaan kuno Korea yang tidak berhasil didaftarkan dalam warisan budaya dunia itu adalah kerajaan Baekje dan Balhae.

Belakangan ini, tempat bersejarah di Gongju dan Buyeo pada masa kerajaan Bekje dikabarkan sedang diupayakan untuk terdafar sebagai warisan budaya dunia.

Sementara itu, dengan terdaftarnya situs bersejarah di kota Gaesung sebagai warisan budaya UNESCO, pulau Ganghwa di Korea Selatan sebagai ibukota semenatara pada masa Goryo menjadi sorotan hangat. Kerajaan Goryo menetapkan pulau Ganghwa itu sebagai ibukota sementara selama 38 tahun sejak tahun 1232 untuk berjuang melawan Monggolia. Di pulau Ganghwa, masih tersimpan sejumlah warisan budaya bersejarah pada masa kerajaan Goryo, seperti situs pembangunan istana dan makam raja Gojong.

Situs warisan budaya dunia UNESCO ditetapkan pada tahun 1972 untuk melindungi warisan budaya dan warisan alami bagi seluruh umat manusia. Daftar warisan budaya dunia itu ditangani oleh Komite Warisan UNESCO.

Jumlah lokasi warisan budaya dunia pada saat ini mencapai 900 situs. Italia memiliki paling banyak warisan budaya dunia, yakni mencapai 45 dan kemudian Spanyol dan Cina.

Selain situs bersejrah Gaesung di Korea Utara, Gunung Huji di Jepang dan sawah tangga ‘Hani Thi Tian’ di Cina juga terdaftar sebagai warisan budaya dunia UNESCO pada kali ini.



Source:kbsworld

Comments