Wah, Bangunan di Korea Ini Terbuat dari 1.000 Pintu!

 Wah, Bangunan di Korea Ini Terbuat dari 1.000 Pintu!


Kita di Indonesia pasti tidak asing dengan Lawang Sewu. Bangunan kolonial yang terletak di Semarang ini dikenal memiliki pintu yang sangat banyak. Di Korea, ada juga bangunan yang memiliki banyak pintu. Tapi bangunan ini memiliki konsep yang berbeda dengan Lawang Sewu.

Didirikan pada tahun 2009, bangunan di Seoul ini terbuat dari 1.000 daun pintu bekas. Kira-kira siapakah orang jenius di balik ide kreatif ini?


Seorang seniman instalasi publik berkebangsaan Korea Selatan bernama Choi Jeonghwa lah yang mempunyai ide unik ini. Jeonghwa mengatakan bahwa ia menjadi seniman instalasi publik karena dia tidak bisa menggambar atau melukis sehingga ia akan lebih banyak menyediakan waktunya untuk berjalan-jalan sambil menemukan benda-benda yang menarik.

Bangunan karya Jeonghwa ini memang sangat unik. Tapi Jeonghwa mendapatkan beberapa kritik dari ahli arsitektural yang mengatakan bahwa pembangunan gedung ini tidak memperhitungkan aspek keselamatan. Namun Jeonghwa mengatakan bahwa penggunaan pintu-pintu bekas dalam desainnya ini hanyalah sebagai ornamen dan tidak akan membahayakan pengunjung yang ada di dalamnya.



CR:dreamersradio

Comments