Boyband K-Pop Dengan Pendapatan Terbesar di 2013

 

Industri musik K-Pop tak ayal menjadi salah satu hal yang paling besar pengaruhnya atas budaya Hallyu di seluruh dunia. Sehingga masih banyak sekali agensi K-Pop yang menganggap idol grup sebagai motor penggerak keungan mereka.

Dengan sudah berjalannya tahun 2013 selama satu semester, ada nama-nama idol grup yang merangkak naik atas raihan mereka di 6 bulan pertama ini. Dari banyaknya nama boyband K-Pop, ini 10 teratas yang meraih pendapat paling besar di semester pertama 2013 ini menurut onehallyu.com.

10. B2ST


Pendapatan: Rp 60,8 miliar

Meskipun B2ST baru saja melakukan comeback hampir di penghujung musik panas ini, namun B2ST mampu merangkak ke peringkat paling akhir. Mencetak raihan KRW 6,2 miliar (Rp 60,8 miliar), B2ST sudah pasti menjadi aset paling berharga di agensi Cube Entertainment.


9. EXO


Pendapatan: Rp 83,4 miliar

Idol grup EXO sepertinya bisa menjadi tambang uang terbaru agensi SM Entertainment. Beruntung bagi mereka memiliki senior yang populer secara global dan sering diajak konser bersama membuat nama EXO makin terkenal. Hampir keseluruhan uang didapatkan EXO dari pre-order album comeback yang harganya cukup tinggi sehingga membuat SM Ent menggenjot pendapatan album dan meneruskan comeback EXO.


8. JYJ

 
Pendapatan: Rp 92,2 miliar

Kesulitan tampil di program musik Korea sepertinya bukan masalah bagi idol grup JYJ. Basis fans yang sangat setia membuat JYJ masih menerima pendapatan dari penjualan album dan merchandise. Belum lagi member Jaejoong dan Junsu yang menggelar tur konser tunggal dan aktivitas Yoochun dalam drama membuat JYJ mempertebal keuangan untuk agensi C-JeS Entertainment.


7. FT Island

 
Pendapatan: Rp 96,1 miliar

Meskipun industri musik K-Pop dikuasai boyband, namun band juga memiliki tempat tersendiri. Terbukti dari band FT Island yang berhasil mengalahkan nama-nama seperti JYJ, EXO, dan B2ST di semester pertama 2013 ini. Meski masih fokus di industri musi Jepang, FT Island sukses meraih Rp 96,1 miliar.



6. SHINee


Pendapatan: Rp 106,9 miliar

Idol grup SHINee bahkan merilis album comeback mereka menjadi tiga bagian, untuk apa? Sebagai sebuah rencana pendapatan yang matang bagi agensi SM Entertainment. Tak hanya raihan memuaskan dari album comeback di semester pertama 2013 ini, SHINee juga sibuk dalam aktivitas mereka di Jepang. Strategi yang sangat pintar untuk SM Ent.



5. CN Blue


Pendapatan: Rp 109,9 miliar

CN Blue membuktikan bahwa mereka adalah band K-Pop yang tak bisa dianggap remeh. Mendapatkan lebih dari 100 miliar rupiah untuk semester pertama 2013 ini adalah pencapaian istimewa. Jadwal tur konser dunia mereka dan penjualan album di Jepang membuat CN Blue berhasil mengumpulkan banyak uang untuk agensi FNC Entertainment bersama FT Island juga. Pasti petinggi FNC Ent mampu tersenyum.



4. TVXQ


Pendapatan: Rp 122,6 miliar

Tak ada yang bisa mengalahkan kekuatan idol grup TVXQ di Jepang. Meskipun hanya tinggal menyisakan dua orang saja, TVXQ mampu mengumpulkan masa yang amat luar biasa dalam setiap konser mereka di Jepang. Tak salah jika sampai sekarang agensi SM Entertainment memutuskan TVXQ untuk fokus di industri musik Jepang. Lihat apa yang berhasil mereka raih.



3. Super Junior


Pendapatan: Rp 139,3 miliar

Ke mana perginya Super Junior di Korea Selatan? Mereka seakan 'hilang' ketika satu-persatu member mereka wajib militer. Namun bukan berarti Super Junior dilupakan. Nama mereka sudah menjadi merk dagang paling spesial bagi SM Entertainment. Hanya mengandalkan tur konser dunia, Super Junior dengan nyaman ada dalam posisi ketiga.


2. 2PM


Pendapatan: Rp 183,5 miliar

Ini adalah prestasi istimewa untuk idol grup 2PM. Selain melakukan comeback di pertengahan tahun, 2PM juga melakukan tur konser Asia serta menjelajahi Jepang yang tentunya membuat pundi-pundi mereka menjadi luar biasa melesat. Tak heran jika 2PM adalah permata bagi agensi JYP Entertainment karena mereka memberikan lebih dari 75% pendapatan agensi.



1. Big Bang


Pendapatan: Rp 187,4 miliar

Ada di posisi pertama adalah idol grup Big Bang. Raihan ini diperoleh Big Bang karena mereka sangat aktif menjadi model berbagai brand populer di Korea Selatan. Selain itu hampir semua member Big Bang sukses dalam karir mereka masing-masing. Bahkan leader G-Dragon juga memiliki tur konser dunia tunggal yang membuat Big Bang kokoh ada di posisi pertama meskipun tak merilis album di semester awal 2013 ini.



Source: onehallyu.com.
cr :kplg


















Comments