Samsung: Kami Sukses Bukan Nyontek Apple Tapi Jago Marketing

 


Pertarungan sengit Samsung dengan Apple yang saling klaim hak paten desain terus berlanjut. Kini Samsung dengan tegas kembali mengeluarkan bantahan telah mencontek Apple. Mereka mengklaim sukses merajai pasar karena murni dari strategi marketing.

Dalam persidangan baru-baru ini, Samsung berusaha meyakinkan juri bahwa keberhasilan smartphone Android mereka terletak pada strategi pemasaran. Pasalnya, Apple masih bersikeras Samsung meniru desain iPhone untuk membesut smartphone Galaxy. Untuk mendukung klaim itu, Samsung menggandeng bos marketing mereka di Amerika, Todd Pendleton.

Todd mengaku tidak tahu Samsung membuat smartphone saat ia menjabat pada 2011. Ia menjelaskan bahwa saat itu Samsung lebih dikenal sebagai produsen televisi. Samsung menolak tudingan sengaja menghindari membayar paten yang mahal dan lebih menekankan ke pemasaran untuk menarik perhatian pada smartphonenya.

"Saya pikir orang mengenal Samsung untuk produk televisi," ucap Todd. "Sedangkan untuk smartphone, publik tidak mengenali kami dan tidak ada produk yang menonjol."

Samsung memang cukup rajin meluncurkan kampanye iklan setiap kali merilis produk. Mereka dikenal luas setelah gencar mengkampanyekan promosi "Next Big Thing" yang membuat Apple gerah. Beberapa tahun kemudian Samsung menjadi identik dengan kemenangan penjualan Android di pasar global.

Todd kemudian memaparkan bahwa Samsung memang sengaja membuat kampanye iklan yang mengejek produk Apple, mengganggu perilisan iPhone dan menyindir konsumen. Dalam email yang dijadikan bukti juga terungkap strategi marketing tersebut. "Mengalahkan Apple bukan lagi jadi tujuan utama, ini adalah strategi bertahan hidup. Akan ada tsunami ketika iPhone 5 dirilis," isi email milik petinggi Samsung tersebut.

 
 
 
 
Cr : wk

Comments