MBC Mulai Larang Penyanyi Lip Sync di 'Music Core'


 


Kabar tak menyenangkan datang bagi para penyanyi yang masih kerap tampil di TV dengan cara lip sync. Mulai sekarang MBC menetapkan peraturan baru yaitu tidak boleh menyanyi lip sync di "Music Core".

Peraturan ini akan berlaku mulai 28 Juni 2014 terhadap semua artis yang menyanyi di "Music Core". Pelarangan ini untuk menyanyi dengan bantuan AR (All Recording) atau MR (Music Recording) yang mengandung unsur merekam suara apapun sebelum hari penayangan.

Namun penyanyi tetap boleh menyanyi dengan versi yang mereka rekam selama rehearsal hari penayangan tersebut, atau MR yang memperdengarkan suara live si penyanyi. Acara musik di TV memang kerap merekam aksi panggung beberapa jam sebelum siaran live untuk efektifitas penyiaran.

Chief Producer "Music Core", Park Hyun Seok, mengaku prihatin dengan semakin turunnya kualitas penyanyi yang tampil sehingga mengambil langkah ini. Tentunya peraturan baru ini akan menjadi permasalahan bagi penyanyi idol yang memiliki koreografi dance sulit. Sedangkan para netter menanggapi positif keputusan "Music Core" ini.

"Orang yang hanya menggerakkan bibir atau merekam lagunya tidak bisa disebut penyanyi. Ini akan menjadi penghalang bagi penyanyi untuk berbohong," ucap Park Hyun Seok. "Para agensi dan produser yang membuat hal ini terjadi karena mereka berusaha keras membuat penampilan terlihat bagus, akhirnya banyak penyanyi yang lip sync. Tapi trend ini harus dihentikan."

"Penyanyi harus dapat membuktikan mereka dapat menyanyi di atas panggung," lanjutnya. "Kami akan mencoret penyanyi yang naik ke panggung dengan rekaman MR yang sudah di-mixed di studio. Kami akan mengecek dengan teliti setiap rekaman yang diserahkan agensi."

Park Hyun Seok menambahkan bahwa tujuan utama "Music Core" untuk menunjukkan keberagaman musik. "Ini adalah langkah pertama untuk meraih tujuan itu," tutupnya.

cr :wk

Comments