Ini Cara Program Musik K-Pop Tentukan Pemenang Trophy Juara Pertama Setiap Minggunya





Kesuksesan para idola K-Pop di industri K-Pop salah satunya ditentukan oleh keberhasilan mereka meraih trophy juara pertama di setiap program musik tempat di mana mereka melakukan promosi. Momen terbaik dalam sebuah program musik adalah saat mereka mengumumkan siapakah idola K-Pop yang berhasil menjuarai chart dan meraih trophy tersebut.

Namun penentuan jawara chart di setiap program musik pun ternyata berbeda-beda, mulai dari penjualan album hingga voting SMS. Program musik ternama seperti KBS ‘Music Bank’, SBS ‘Inkigayo’’, dan lainnya memiliki cara sendiri untuk menentukan jawara mereka. Yuk intip sama-sama:

1. Mnet 'M! Countdown'
 

Program yang tayang di stasiun televisi Mnet ini memiliki kombinasi penilaian: Penjualan musik (50%) + Album (10%) + Social media (10%) + Voting online (10%) + Skor penampilan (10%)  + voting SMS (10%)

Penjualan musik biasanya diambil dari empat chart musik mingguan ternama Korea, seperti Mnet, MelOn, Soribada, dan Bugs, sementara penjualan album diambil dari Hanteo chart. Sementara skor social media ditentukan oleh indeks video musik di YouTube, dan juga mention di akun social media seperti Twitter.

Untuk YouTube, mereka akan menghitung jumlah viewers, likes, dan komentar yang dilihat dari hashtag dan nama artis. Agar bisa masuk ke hitungan tersebut, kita harus menyaksikan videonya melalui playlist yang ada di YouTube. Fans internasional pun bisa berpartisipasi dengan cara tersebut. Sementara polling online ditentukan lewat voting melalui halaman Mwave dan Mnet Jepang.



 2. KBS 'Music Bank'



Program yang tayang di stasiun televisi KBS ini memiliki kombinasi penilaian: Penjualan musik digital (65%) + Album (5%) + Jumlah penampilan (20%) + Pilihan penonton (10%)

Salah satu hal yang menarik dalam program ini adalah jumlah tayangan penampilan, yang dinilai sebesar 20%. Skor ini diambil dari berapa kali video musik idola K-Pop ditayangkan di akhir program yang gayang di KBS, dan juga berapa kali artis tersebut tampil di program siaran.

‘Music Bank’ juga akan menghitung jumlah ringtone yang didownload sebagai bagian dari penghitungan penjualan musik digital, dan juga informasi dari MelOn, Bugs, Mnet, Olleh, dan Soribada. Skor album dihitung dari penjualan albu mingguan di Synnara dan Hot Tracks. Sementara pilihan penonton dihitung dari jumlah voting yang dikirim fans melalui situs survey, survey.kbs.co.



3. MBC 'Music Core'
 
 
Program yang tayang di stasiun televisi MBC ini memiliki kombinasi penilaian: Musik & Album (70%) + Video (10%) + Panitia voting penonton (10%) + voting live via SMS (10%)

Dari banyaknya program musik, ‘Music Core’ adalah yang paling menekankan pada penjualan musik dan album. Sayangnya, cara perhitungan penjualan tersebut belum terungkap. ‘Music Core’ menentukan skor berdasaran Gaon Charts.

Sementara skor videonya hanya dihitung saat fans menyaksikan video tersebut dengan kualitas 720P atau 1080p di YouTube. Panitia voting penonton akan menghitung setelah bertanya pada 2000 voters untuk memilih 4 dari 30 daftar artis, melalui sebuah situs survei. Mereka yang memberikan voting bisa berkesempatan untuk hadir di siaran ‘Music Core’ dan melihat penampilan idola mereka secara langsung lho.



4. SBS 'Inkigayo'
 
 
Program yang tayang di stasiun televisi SBS ini memiliki kombinasi penilaian: Skor musik (60%) + Social media (35%) + Voting penonton sebelum acara (5%) + voting secara live (10%)

Dalam penilaiannya, SBS tak memasukkan data penjualan album. Tak hanya itu, ‘Inkigayo’ juga lebih mementingkan penilaian lewat skor social media. Sementara skor musiknya ditentukan lewat chart digital Gaon.

Skor social media ditentukan lewat YouTube, Twitter, Facebook, dan Me2day. Bahkan untuk skor setiap social media juga memiliki jumlah yang berbeda. Contohnya, penilaian viewers di youTube sebesar 70%, dan komentar sebesar 20%. Voting penonton sebelum acara dimulai bisa dilakukan lewat sebuah aplikasi bernama M-n-TV. Sementara voting secara langsung dilakukan saat acara ditayangkan.




(ctr/cr: KpopStarz)





























Comments