Inilah Drama Korea Adaptasi dengan Rating Terbaik dan Terburuk


 


Meski gudangnya serial menarik, Korea juga tidak gengsi untuk mengadaptasi drama dari luar misalnya Jepang atau Taiwan. Lalu manakah drama adaptasi yang dianggap paling berhasil meraup rating tinggi?

Ternyata remake terbaik dipegang oleh "Boys Over Flower" (2009) yang meraup rating 33,5 persen hingga membuat nama Lee Min Ho dan Ku Hye Sun mendunia. Serial KBS ini sama suksesnya dengan versi asli, "Meteor Garden", yang melambungkan Jerry Yan dan Vic Zhou. Namun sebenarnya naskah aslinya sendiri berasal dari komik Jepang dan baru memproduksi dramanya usai "Meteor Garden" terkenal.

Sedangkan terbaik kedua adalah "God of Study" (2010) dengan perolehan rating 25,1 persen. Drama yang melambungkan nama Jiyeon T-ara dan Yoo Seung Ho ini merupakan adaptasi dorama Jepang, "Dragon Zakura", yang menceritakan kerasnya sistem pendidikan di Korea.

Lalu urutan terbaik ketiga ditempati "White Tower" (2007), remake dari dorama Jepang berjudul sama. Ratingnya 20,8 persen dan pemeran utama prianya mendapat award terbaik dengan tema pertarungan politik bersetting rumah sakit universitas. Dalam daftar terbaik juga ada serial Song Hye Kyo, "That Winter the Wind Blows" (SBS) dan "God of Workplace" (KBS).

Jika ada adaptasi terbaik maka ada juga remake terburuk yang jeblok dalam perolehan rating. Lalu manakah yang paling buruk? Ternyata adalah drama "101st Proposal" produksi 2006 yang ditayangkan SBS. Dibintangi Kim Hee Ae dan Moon Sung Keun, "101st Proposal" bahkan dihentikan setelah episode 15 karena saking jebloknya.

Namun jawara untuk perolehan rating terendah adalah milik Kim Hyun Joong dan Jung So Min yaitu "Playfull Kiss". Mengadaptasi dari serial Taiwan "It Started With A Kiss", hanya mampu memperoleh rating 2,8 persen. Hal tersebut mencengangkan karena versi Taiwan dan Jepang sangat sukses serta saat itu Hyun Joong sedang populer berkat "Boys Over Flower".

Sedangkan yang bernasib serupa adalah serial "To the Beautiful You" (2012) dengan catatan rating 4,1 persen. Drama yang dibintangi Sulli dan Minho SHINee itu merupakan remake dorama Jepang "Hanakimi" yang memperoleh rating 17,4 persen. Penonton tak menyukainya karena dianggap lebay dan alurnya terlalu lambat.
 
 
 
 

Comments