[Review] 10 Lagu Luar Biasa Super Junior di Album ke-7 MAMACITA!




Dua tahun setelah SEXY, FREE & SINGLE, boyband Super Junior akhirnya kembali ke kancah musik Korea dengan album ke-7 berjudul MAMACITA. Lantas seperti apa lagu-lagu dalam albumnya? Pertanyaan ini menarik untuk dibahas.

10 Lagu luar biasa menjadi bagian dari album Super Junior kali ini. Mulai dari Mamacita yang dikemas dengan video klip lucu, hingga Islands yang menguras perasaan layak direkomendasikan untuk didengar.

Super Junior sempat pula bereksplorasi dengan style yang berbeda lewat Too Many Beautiful Girls. Lagu tersebut terdengar sedikit mirip dengan gaya One Direction atau 5 Seconds of Summer, dan ini adalah suatu yang fresh jika di usia mereka member-member Super Junior tetap bisa bernyanyi dengan gaya seperti ini.

Secara keseluruhan album ini bisa membawa Super Junior kembali ke kancah tertinggi. Namun terlalu banyaknya sentuhan electric dalam lagu-lagu yang dirilis, meski tidak sebanyak di album BONAMANA kadang sedikit mengganggu dan membuat kita kangen dengan kemampuan olah vokal member-membernya seperti di album SORRY-SORRY.

1. Mamacita


Single utama dalam album ini adalah Mamacita. Lagu ini dimulai dengan intro musik lawas sekitar 10 detik sebelum masuk ke lantunan lagu yang cocok untuk dibawakan dengan gerakan groove.

Setiap member Super Junior masih tetap menunjukkan karakter suara mereka yang berbeda dari boyband lain. Suara mereka masih penuh dengan passion dan dikemas secara kuat dalam lagu ini.

Kata-kata Yes! yang penuh penekanan dalam lirik adalah sentuhan yang membuat lagu in makin hidup. Apalagi dengan iringan perkusi, serta double simbal yang membuat lagu ini semakin bersemangat.

Mamacita sendiri adalah lagu tentang bagaimana Super Junior membutuhkan orang lain untuk melanjutkan mimpi mereka. Semakin didengarkan lagu ini semakin penuh semangat.

 



2. Midnight Blues


Lagu kedua dalam album ini adalah Midnight Blues. Dengan sentuhan tempo yang lembut, bass yang groovy serta suara Donghae di awal yang dilanjutkan dengan Kangin lantas Kyuhyun lagu ini terdengar mendayu-dayu.

Satu kata tentang lagu ini, suara member Super Junior terdengar lembut dan seksi. Lagu yang ekselent dengan cerita yang pahit. Lagu ini adalah tentang seorang yang mencoba menghapuskan ingatan mantan yang masih melekat.

Lirik yang ada cocok didengarkan ketika frustasi dan sedikit lepas kendali dengan rasa galau yang mendalam. Lagu Midnight Blues ini cocok untuk mendorong pecinta yang telah putus untuk move on.

 



3. Evanesce


Berbeda dengan Midnight Blues yang mendorong move on, lagu Evanesce merupakan kembalikannya. Midnight Blues terdengar begitu lembut sementara Evanesce adalah lagu yang easy listening dan lebih dramatis.

Sentuhan tempo pop terdengar nyaman didengarkan. Lagu ini kembali bercerita tentang rasa patah hati. Member Super Junior pun tidak tahu apa yang harus dilakukan selain terjebak dalam kegelapan pasca ditinggalkan.

Ketukan drum di balik irama lagu terdengar mantap, sementara setiap member Super Junior bernyanyi dengan penuh penghayatan. Sentuhan-sentuhan nada tinggi juga terdengar merdu.

 




4. Raining Spell for Love



 Lagu keempat menghadirkan suara hujan di awalnya. Berjudul Raining Spell for Love lagu ini berirama ballad menuju tempo sedang. Kembali lagu sedih masuk dalam list yang dihadirkan oleh Super Junior.

Lagu ini bercerita tentang seorang yang terjebak dalam scene sedih di bawah guyuran hujan. Merasakan cinta datang bahkan saat ia sendirian dan ditinggalkan.

Cinta yang tidak pernah hilang dari awal. Di bawah guyuran hujan, merasa sedikit tersesat. Namun ketika menutup mata di bawah hujan, cinta tak akan berhenti.

 



5. Shirt


Shirt merupakan track yang easy listening dan kembali bersemangat. Super Junior kembali ke gaya mereka. Dengan kemeja hitam dan putih, Super Junior mengajak para pria untuk percaya diri.

Lagu ini bercerita tentang member Super Junior yang baru bertemu dengan seorang wanita yang menarik dan mulai memikirkan bagaimana caranya untuk berkenalan. Ajakan untuk percaya diri membuat para pria semakin dekat dengan wanita idamannya.

Shirt nyaris memiliki sentuhan latin atau juga lagu-lagu ala karibia. Lirik lagu ini ditulis oleh Donghae. Satu pertemuan di klub bisa mengantarkan ke arah yang lebih serius di masa depan.


 



6. This is Love


Lagu yang lebih slow dihadirkan lewat This is Love. Super Junior pun akhirnya mengungkap perasaan terdalam mereka kepada wanita yang mereka cintai. Kembali penuh perasaan dengan suara-suara seksi. Sayang tidak ada suara kuat Yesung untuk menyanyikan lagu ini.

Lagu ini tidak terdengar seintense Shirt. Namun tetap terdengar memberikan semangat bagi mereka yang tengah jatuh cinta. Dibuat dengan tempo sedang, paduan piano dan gitar sebagai background juga begitu merdu.

Satu kata tentang This is Love, harmoni yang dihadirkan menghisap seluruh perasaan untuk mendengarnya. Cinta ini bakal membawa kepada kebahagiaan, dan tidak ada kata lain selain mengungkapkannya.

 



7. Let's Dance


Sesudahnya Super Junior hadir dengan lagu bernuansa R&B yang groovy. Let's Dance mengajak semua orang lebih rileks dalam menghadapi hari. Lagu ini dibuat dengan tujuan untuk membuat mood yang ada lebih baik.

Paduan gitar elektrik, serta beat-beat cepat di pertengahan lagu mengingatkan kita pada permainan DJ yang enak untuk didengarkan. Lagu ini dikemas dengan beat cepat, dan musik yang dihadirkan benar-benar serasa membawa kita ke lantai dansa.


 



8. Too Many Beautiful Girls


Awal Too Many Beautiful Girls memiliki sentuhan modern yang mengingatkan kita kepada boyband-boyband muda seperti 5 Seconds of Summer atau One Direction. Super Junior pun bisa juga menyanyikan lagu yang membuat mereka seperti anak-anak muda di industri musik.

Lagu ini terdengar catchy dengan musik yang simple. Kita seolah dibawa ke nuansa musim panas dengan banyak kebahagiaan yang tersebar. Lagu ini juga tidak berat sehingga cocok didengar waktu bersantai.

 


9. Mid Season



 Mid Season merupakan lagu pop lain yang dimasukkan dalam album ini. Irama lagu ini seperti soda yang diminum di musim panas di pinggir pantai. Namun yang menjadi paradok, lagu ini sebenarnya tentang suatu yang penuh depresi.

Lagu ini dikemas dengan upbeat serta rap cepat. Melodinya indah namun liriknya bikin depresi. Lantas seperti apa nih kita harus bersikap jika disuguhi lagu seperti ini.

 


10. Islands


 Lagu terakhir dalam album ini adalah Islands. Lagu ini memiliki tempo yang lambat dan merupakan salah satu lagu ballad yang ada di album MAMACITA. Donghae kembali menunjukkan kemampuannya dalam menulis lirik.

Lagu ini adalah tentang pertemanan dan loyalitas yang telah dibentuk oleh Super Junior. Entah sudah berapa jauh mereka melangkah, namun setiap member yang ada selalu memberikan dukungan satu sama lain.

Lagu ini sangat cocok sebagai penutup dalam album ke-7 Super Junior. Kita seolah disuguhi penutup yang bakal membawa kita mengingat apa yang telah dilakukan Super Junior selama ini. Seperti akhir dari film yang indah namun membuat perasaan kita terhisap ke dalamnya.

 




sumber :kapanlagi com
shared :IniSajaMo






















Comments