Penulis Naskah 'Plus Nine Boys' Bantah Lakukan Plagiat

 


Drama baru di tvN, "Plus Nine Boys", mengalami kontroversi plagiarisme sebelum ditayangkan. Kini penulis naskahnya mengeluarkan pernyataan membantah telah melakukan plagiat yang dialamatkan oleh Lee Jung Joo.

Park Yoo Mi membantah telah menulis "Plus Nine Boys" berdasar karya musikal "Exit 9" buatan Lee Jung Joo. "Untuk masalah ini, dua karya tersebut tidak memiliki hubungan apa-apa," tegasnya dalam pernyataan.

"Saya ingin mengklarifikasi ini karena saya sudah menyelesaikan penulisan naskah hingga episode ke-14," lanjutnya. "Lee Jung Joo telah membuat ini seolah-olah plagiarisme dengan mengatakannya ke media-media dan menulis di internet."

"Sinopsis 'Plus Nine Boys' sudah selesai sejak Januari dan kami memiliki bukti email terkait soal itu," jelas Park Yoo Mi. "Sedangkan pementasan musikal 'Exit 9' dilakukan Februari. Ketika kami menulis sinopsis, kami tidak tahu ada musikal tersebut."

Park Yoo Mi pun membantah adanya kemiripan karakter di "Plus Nine Boys" dengan "Exit 9". Karakter Koo Kwang Soo yang diperankan Oh Jung Se dan berusia 39 tahun berdasarkan produser "Plus Nine Boys". Isi cerita tentang kehidupan produser TV yang jatuh setelah insiden band saat siaran live itu juga 80 persen berdasar pengalaman sang produser.

Park Yoo Mi juga mengaku kecewa dengan penanganan kasus gugatan ini. Karena tuntutan tersebut akhirnya "Plus Nine Boys" mengalami banyak masalah dan sempat nyaris tidak bisa tayang. Pihak produksi kini berencana untuk menuntut balik atas gugatan itu.

"Ini adalah proyek drama pertama bagi kami 5 penulis dan produser, jadi kami mengerjakannya dengan begitu serius. Tapi setelah ada tudingan itu, dramanya jadi dilabeli hasil plagiat dan nama baik kami sebagai freelancer ikut rusak," tutup Park Yoo Mi. "Ini adalah masalah besar dan kami akan mengambil langkah hukum."
 
 
 
 
 

Comments