'Kutukan K-Pop', Hanya Sekedar Mitos Atau Kenyataan?

 


Sebagian para fans K-Pop di era tahun 2000-an, mempercayai adanya "kutukan" yang akan menimpa girlband atau boyband populer. Istilah ini entah berasal dari mana, yang jelas penggemar K-Pop menyebutnya sebagai "kutukan" karena mayoritas (tidak semua) grup besar yang tak mampu survive dengan formasi lengkap selama lebih dari 5 tahun.

Istilah ini muncul saat boyband populer generasi pertama seperti H.O.T dan G.O.D bubar setelah berkarir lebih dari 5 tahun. Setelah 5 tahun, akan ada salah satu member yang menjadi solois atau hengkang dari grup. Namun dukungan dan cinta para fans-lah yang akan bisa membuat mereka tetap bangkit dan survive untuk kedepannya.


TVXQ


Mulai debut tahun 2003, TVXQ mengalami perpecahan yang membuat fans kecewa ditengah popularitas mereka yang sangat tinggi. Setelah ditinggal ketiga membernya (Hero Jaejoong, Xiah Junsu, Micky Yoochun), dua member yang tersisa, U-Know Yunho - Max Changmin tetap mempertahankan "merek" TVXQ walau pamornya sudah tidak seperti saat tampil dengan formasi lengkap dulu.

Wonder Girls



Diantara girlband generasi kedua, Wonder Girls yang debut tahun 2007 mendapat kepopuleran terlebih dulu namun cukup sering gonta-ganti member. Sempat debut, HyunA memutuskan keluar dan digantikan oleh Yubin. Tahun 2010, Sunmi juga hengkang dan kemudian digantikan oleh Hyelim. Tahun 2013, Sunye menikah dan mengumumkan vakum. Tak lama kemudian, Sohee pindah manajemen ke agensi BH Entertainment untuk fokus berakting.

Girls' Generation



Sama seperti TVXQ, didepaknya Jessica dari Girls' Generation membuat fans shock. Pasalnya, girlband SM Entertainment ini merupakan salah satu girlband yang langsung meraih popularitas tinggi sejak debut tahun 2007. Oleh karena itu tidak sedikit yang menyayangkan sikap arogan SM kepada Jessica tersebut.

Super Junior



Keluarnya Han Geng dari Super Junior sempat membuat ELF dilema, antara kecewa, sedih dan marah. Sempat beredar isu diskriminasi karena dia member dari Tiongkok, Han Geng saat itu mengatakan keluarnya dia dari Super Junior karena masalah "kontrak budak".

Kara



Sampai sekarang, ketiga personil Kara yang masih bertahan masih belum bisa melupakan saat-saat ditinggalkan kedua personil lainnya. Bagi mereka, kepergian Nicole dan Kang Ji Young membuat mereka cukup frustasi. Wajar saja, sejak debut tahun 2007, mereka selalu bersama sehingga merasa sudah seperti satu keluarga. Kini Ji Young gabung dengan agensi Jepang Sweet Power, sedangkan Nicole menjadi solois.

MBLAQ


Tak disangka, MBLAQ yang debut tahun 2009 ini juga ditinggal pergi dua membernya, Lee Joon dan Thunder. Para A+ pun punya kesempatan terakhir melihat penampilan MBLAQ dengan formasi lengkap di konser "Curtain Call" yang digelar pada 29-30 November depan.






Comments