Presiden Korea Selatan Berikan Penghargaan Kepada SBY

 


Kunjungan SBY di Korea Selatan terasa semakin istimewa. Presiden Republik Korea, Park Geun-hye menganugerahkan medali The Grand Order of Mugunghwa, yaitu penghargaan tertinggi oleh Republik Korea. SBY yang didampingi oleh Ibu Ani, menerima medali tersebut di Blue House, Seoul, Korea Selatan pada Rabu (19/11). Walaupun telah usai memimpin Indonesia, SBY terus aktif melakukan kerja sama internasional dan membawa nama baik Indonesia di mata dunia. Semasa memimpin Indonesia selama 10 tahun, SBY aktif mempererat hubungan Indonesia dan Korea Selatan melalui kerja sama bilateral, maupun dalam forum multilateral. 

Pada hari kelima di Korea Selatan, Selasa (18/11), SBY selaku Presiden Global Green Growth Institute (GGGI) telah memimpin sidang umum pertama. SBY mengakui, bahwa sesi sidang berlangsung produktif dan bahkan mengingatkannya akan masa-masa sidang Kabinet Indonesia Bersatu I dan II yang ia pimpin saat menjadi Presiden Indonesia.

Sidang tersebut sukses menghasilkan Rencana Strategis (Strategic Plan) GGGI untuk 2015-2020, dan juga persetujuan tentang Program Kerja dan Anggaran tahun 2015-2016. Selain itu, kebijakan mengenai Ketahanan dan Keamanan, serta struktur pemerintahan juga tak luput dari pembahasan Dewan Umum GGGI. Usai bersantap siang dengan seluruh anggota dewan, juga ditandatangani Perjanjian Administrasi dan Keuangan antara GGGI dan Kota Incheon.

 
 

Source : Susilo Bambang Yudhoyono

Comments