Konflik Korsel-Korut Memanas, Bagaimana Nasib WNI di Sana?




Korea Selatan merupakan negara yang menjadi destinasi wisata maupun tujuan para tenaga kerja yang berasal dari Indonesia. Namun dengan memanasnya konflik antara Korea Selatan dan Korea Utara, kira-kira bagaimana nasib Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di sana?

Hal tersebut rupanya menjadi perhatian pihak Kementerian Luar Negeri Indonesia yang berada di sana. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, WNI yang berada di daerah konflik mendapat imbauan dari KBRI Seoul dan KBRI Pyongyang.

"KBRI Seoul dan KBRI Pyongyang memberikan imbauan kepada WNI untuk menjauhi perbatasan," ungkap Lalu Muhammad Iqbal, Direktur Perlindungan WNI melalui pesan singkat pada Jumat (21/8). Namun, hingga saat ini pihak Kementerian Luar Negeri belum mengeluarkan travel warning bagi WNI yang ingin berkunjung ke Korea Selatan maupun Korea Utara.

Sementara itu, hubungan antara dua negara tersebut memburuk setelah aksi saling tembak artileri di perbatasan pada Kamis (20/8). Bahkan dalam pemberitaan sebelumnya, pihak Korea Utara sempat mengancam akan menggunakan nuklir.
 
 
 

Comments