Thursday, 20 August 2015

'Yongpalyi' Dituding Membela Pelaku Perkosaan, Kok Bisa?



"Yongpalyi" saat ini menjadi pembicaraan panas karena jalan cerita dramanya yang memikat. Rupanya pembicaraan serius juga terjadi gara-gara salah satu episodenya yang menampilkan korban perkosaan. Namun SBS malah dituding menyalahkan korban kekerasan seksual.

Dalam episode 4 "Yongpalyi" menampilkan karakter seorang aktris yang mengalami kekerasan seksual oleh artis terkenal bernama Cha Seh Yoon. Kejadian itu membuatnya depresi dan ingin balas dendam dengan meledakkan rumah sakit. Tae Hyun (Joo Won) kemudian membujuknya.

"Cha Seh Yoon memang pantas mati atas apa yang dilakukannya padamu tapi itu bukan berarti kamu tidak sepenuhnya benar," ucap Tae Hyun melalui mic ruang kontrol agar didengar. "Kamu mengikutinya ke hotel dengan niat mengambil jalan pintas jadi artis. Kamu tidak bisa membunuh orang-orang tak bersalah untuk menutupi rasa bersalahmu."

Rupanya dialog itu membuat netter melontarkan kritikannya. Alhasil "Yongpalyi" dituding membela pelaku perkosaan dengan "menyalahkan" si korban seperti itu. "Dengan dialog seperti itu, bukankah artinya kalian membela si pelaku?" kritik netter di forum-forum.

Choi Ran, direktur Korea Sexual Violence Relief Center, juga ikut mengkritik dialog tersebut. Popularitas tinggi "Yongpalyi" dinilai akan ikut mempengaruhi publik terhadap persepsi yang ditunjukkan dalam episode tersebut. "Salah satu persepsi konvensional mendalam di masyarakat kita adalah bahwa korban perkosaan juga bersalah," ucapnya.

"Dialog tersebut mengarahkan ke persepsi salah tentang kekerasan seksual. Menyalahkan korban perkosaan dalam drama yang memiliki pengaruh sosial besar adalah sebuah masalah," lanjut Choi Ran. "Mungkin ada yang bilang ini hanyalah dialog dalam drama tapi akan ada efek samping pada si korban perkosaan dalam menyalahkan dirinya sendiri."

Mendengar kontroversi itu, SBS pun memberikan penjelasan. "Bukan maksud kami untuk menyalahkan korban perkosaan. Ada kemungkinan karena masalah editing adegan sebelum dan setelahnya maka kontennya tidak tersampaikan dengan baik," ucap jubir
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah memberikan komentar dihalaman IniSajaMo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...