Sunday, 11 October 2015

Mengintip Kelezatan Makanan di Korea Selatan Saat Musim Gugur Tiba



Dalam empat musim yang berbeda di Korea Selatan, masing-masing memiliki makanan khasnya sendiri. Dan saat memasuki musim ketiga atau musim gugur ini, kuliner di Korea akan dimeriahkan oleh berbagai hidangan laut.

Kepiting biru dan udang jumbo adalah beberapa makanan laut yang populer disajikan saat musim gugur. Selain itu, jamur pinus dan buah persimon atau kesemek juga banyak ditemui saat musim gugur tiba.

Melansir laman Visit Korea, berikut adalah makanan khas Korea Selatan yang wajib kamu coba di musim gugur



1. Kepiting Biru
 
Image source:Visit Korea

Kkoch-gae (꽃게) atau kepiting biru ini banyak ditemukan saat musim semi dan musim gugur. Saat mucim semi, biasanya kepiting betina yang paling banyak dikonsumsi. Dan saat musim gugur, kepiting jantan yang banyak dikonsumsi karena pada saat itu, kepiting memiliki daging yang banyak dan rasanya lezat.

Kepiting ini biasanya dibuat Yangnyeom-gejang atau sup pedas dengan tambahan makanan laut lainnya dan juga sayuran. Selain dibuat sup pedas, kepiting juga bisa dibuat Ganjang-gejang atau kepiting mentah yang direndam dalam kecap atau pasta cabai merah.



 2. Udang Jumbo
 


Tidak ada yang bisa menolak kelezatan Dae-ha (대하) atau udang jumbo saat musim gugur tiba. Berbeda dengan udang yang dibudidayakan, udang jumbo ini ditangkap langsung dari laut dan memiliki daging yang sangat kenyal.

Udang bisa direbus, dikukud, atau digoreng, tapi untuk rasa yang lebih lengkap, biasanya udang akan direbus dalam panci besar dengan ditambahkan garam laut kasar selama 10 menit sampai warnanya berubah kemerahan.

Setelah itu udah bisa langsung dimakan bahkan tanpa bumbu lainnya dan tetap terasa lezat dan gurih. Tapi jika suka dibumbui, bisa dicelupkan ke campuran pasta cabai merah dna sedikit cuka.



3. Ikan Rempela
 
Image source: Visit Korea

Saat musim gugur, ikan Jeon-eo (전어) atau ikan rempela ini memiliki banyak nutrisi karena saat musim dingin, ikan mengandung minyak sehat dan waktu terbaik untuk mengkonsumsinya adalah saat musim gugur.

Ikan ini bisa dinikmati dengan cara dimakan mentah atau dibuat sashimi lalu dimakan dengan membungkusnya dengan daun selada dan bumbu cabai. Selain iu, bisa juga dimasak dengan dicampur berbagai sayuran lokal. Atau ikan cukup dipanggang secara utuh.




4. Jamur Pinus
 

Image source: Visit Korea

Song-ibeoseos (송이버섯) atau jamur matsutake atau jamur pinus hanya tumbuh di pohon pinus dan dipanen pada musim gugur. Jamur ini juga disebut sebagai berlian di hutan karena nilai gizinya yang tinggi.

Jamur mahal ini bisa dinikmati dengan cara sederhana diiris lalu dipanggang di atas api ringan. Tapi bisa juga ditambah bahan lainnya seperti abalone atau daging sapi.




5. Buah Kesemek
 
Image source: Visit Korea

Gam () atau buah kesemek ini banyak tumbuh saat musim gugur tiba. Buah ini kaya akan vitamin A, B, C, dan mineral sehingga baik untuk kulit. Buah ini bisa langsung dimakan saat sudah matang atau dibuat menjadi menu es krim yang menyegarkan.




 Source :dreamersradio

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah memberikan komentar dihalaman IniSajaMo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...