Rasa Cinta dan Marah Sang Beruang







Pada zaman dahulu, ada sebuah gua di gunung Yeonmi di seberang sungai Geum. Di gua itu tinggallah seekor beruang betina. Suatu hari, seorang pemungut kayu bakar pergin ke gunung itu untuk mengumpul kayu, lalu beristirahat karena kecapekan. Beruang betina yang lalu lalang ingin pulang menemukan pria yang memungut kayu bakar itu. Beruang betina berpikir pria itu adalah tunangannya, jadi melarang pria itu keluar dari gua itu. Selama tinggal bersama-sama, beruang betina selalu menutupi gua dengan batu besar, saat ia pergi supaya pria itu tidak bisa melarikan diri. Sang beruang betiana selalu membawakan makanan untuk pria itu. Setelah 2 atau 3 tahun berlalu, sang beruang betina melahirkan 2 ekor anak. Sejak itu, sang beruang betina mulai mempercayai pria itu tidak berlari sehingga tidak lagi menutupi gua. Suatu hari, sang beruang pergi tanpa menutupi gua. Namun ketika pulang, sang beruang menemukan pria itu sudah melarikan diri. Sang beruang mengejarnya ke arah sungai Geum.
Pria itu sedang menyeberangi sungai. Sang beruang betina memanggilnya dengan berteriak-teriak, tapi pria itu tidak ingin kembali. Akhirnya, sang beruang betina mengancam pria itu bahwa ia akan membunuh anak-anaknya jika pria itu tidak kembali. Walaupun demikian, pria tidak kembali dan sang beruang betina menjatuhkan anak-anaknya ke dalam sungai, lalu ia juga menenggelamkan diri. Dengan latar belakang ini, tempat dimana sang beruang betina menjatuhkan diri dan anak-anaknya itu diberinama Gomnaru, artinya tempat perahu beruang.


Infromasi Wisata

Gomnaru yang bermakna tempat perahu beruang terletak di tepi sungai Geum di daerah Wungjin, kota Gongju, provinsi Chungcheong Selatan. Di dekatnya terdapat juga sebuah candi bernama Gomnarusadang dimana mengadakan selamatan untuk beruang yang merupakan lambang di daerah Gongju itu. Selain legenda Gomnaru itu terdapat banyak kisah legendaris yang berkaitan dengan beruang di seluruh Korea karena beruang merupakan binatang yang sangat akrab dengan bangsa Korea sampai muncul dalam legenda pendirian negara Korea.


Source KBS World @IniSajaMo