Gochujang


Biasa dengar gak namanya Gochujang? kalo belum aku coba jelasin ya...
Gochujang ini sejenis bumbu dapurnya orang korea, mereka paling sering memakai ini dalam menu-menu masakan mereka.Pernah liat gak di film-film drama korea kalo ada satu adegan makan yangbiasanya mereka makan kayak nasi ditaroh dimangkok dicampur-campur sayur,daging sapi, telur trus diaduk-aduk sampai warnya merah mirip-mirip nasi goreng deh. Nama makananya itu Bibimbap.
nah,.warna merahnya itu yang namanya Gochujang alias Cabe dalam bentuk pasta atau cabe paste.

Gochujang ini biasa juga dipake untuk membuat jjigae ( masakan sup ), merendam daging, membuat tteokbokki ( tepung beras yang dimasak ) dan sebagai penyedap kalo makan Naengmyeong ( Mie gandum dengan kuah kaldu daging sapi).

Bahan utamamya adalah koji beras ketan dan bumbu cabe yang difermentasi.

Fermentasinya ini dilakukan secara tradisional dihalaman rumah pake tempayan tembikar yang besar trus diletakkan di alas dari susunan batu yang disebut jangdokdae.

Ciri khas gochujang adalah rasanya yang pedas sedikit manis.
Kalo asal usul kata gochujang sih dari kata gochu (cabe) dan jang(bumbu)

Orang Korea diperkirakan mengenal cabe sekitar tahun 1700-an. Menurut Jungbo Sallim geongje (1765) gochujang dibuat dari campuranbubuk beras ketan dan bubuk cabe dan pasta kedelai yang disimpan hingg matang dibawah sinar matahari.
Dari abad 18 sampai sekarang resep pembuatannya hampir sama saja hanya berbeda-beda menurut daerah dan zamannya, bisa dari berbagai jenis tepung seperti kedelai, gandum dan milet.Bubuk cabe , garam dapur,dan kecap asin dipakai sebagai bumbu lalu dimatangkan dengan cara difermentasi. Hasilnya rasa pedas cabe sedikit berkurang dan rasa beras ketannya jadi manis. Kalo jaman sekarang biasanya sih ditambah gula dari beras atau gula pasir aja.

Comments