Instrumen Musik pada Drama saeguk "DONG YI"


Pasti kalian semua tahu tentang drama yang satu ini khan? Tapi kali ini saya tidak membahas mengenai jalan ceritanya tapi mengenai alat-alat musik yang dimainkan pada drama serial saeguk ini. Dalam kisah "Dong Yi" diceritakan kalau Dong Yi tumbuh dewasa dilingkungan para pemain musik istana.bahkan kakak laki-lakinya adalah seorang pemain musik istana yang memegang alat musik bernama "Haegeum".
Sama halnya di drama seri "Dae Jang Geum" kita dibawa mengenal jenis-jenis makanan istana dan obat-obatan maka di drama seri "Dong Yi" kita dibawa untuk mengenal jenis-jenis alat musik istana.

Musik dibagi menjadi 3 bagian :
1. A ak sering disebut sebagai musik elegan, dibawa ke Korea pada tahun 1116 lewat hadiah besar dari Dinasti Song (Cina) Kaisar Huizong.

2. Hyang ak, adalah tarian tradisional rakyat Korea yang dilakukan didepan khalayak.
Hyang ak adalah semacam alat musik Obo disebut Piri dan berbagai macam instrumen musik senar.

3. Dang ak adalah genre musik pengadilan tradisional Korea. nama ini berarti "Tang Musik" dan merupakan gaya yang pertama kali diadaptasi dari Tang musik selama periode Silla bersatu pada akhir millenium pertama. Dilanjutkan melalui DinastiGoryeo (935-1394) dan Dinasti Jeoson (1394-1910).

ketiga jenis musik inilah yang diperbolehkan untuk dimainkan pada masa itu oleh Istana kerajaan.

Pada Drama Serial "Dong Yi" ada banyak alat musik seperti :

1. Haegeum, adalah alat string tradisional Korea, menyerupai biola tapi dengan 2 senar.Pegangannya berbentuk leher, kotak suara seperti sebuah kotak kayu berongga ,dua senar sutera. Diletakkan secara vertikal pada lutut pemain dengan menggunakan alat gesek berupa busur. Instrumen ini dimainkan dalam pertunjukkan musik kerajaan dan musik rakyat. Haegeum adalah salah satu instrumen musik yang paling diperlukan dalam setiap permainan musik apapun. Haegeum ini terkait dengan instrumen cina, serupa dengan keluarga huqin instrumen, seperti erhu. Hal ini sangat erat kaitannya dengan xiqin kuno serta erxian yang dipakai dalam naungan dan musik Kanton. Choi Dong Joo adalah musisi Haegeum.
Dalam drama, Dong Yi memakai alat instrumen ini.




2. Daegeum, adalah seruling bambu yang besar.berasal dari abad ke 7 dinasti Silla. Ini adalah salah satu dari Samjuk (tiga seruling bambu melintang) yang terdiri dari Daegeum (seruling besar),Joongeum (seruling sedang )dan Sogeum (seruling kecil). dari ketiganya, Joongeum tidak dipakai lagi. Daegeum mempunyai satu lubang peniup, enam lubang jari,dan sebuah lubang ekstra yang ditutupi dengan selaput tipis yang disebut 'Cheong' (terletak diantara lubang meniup dan lubang jari). Ada juga satu atau dua lubang tambahan yang disebut ‘chilseong-gong’ yang terletak diakhir instrumen. Chilseong-gong hanya dipakai untuk menyesuaikan pitches.
Ada 2 jenis Daegeum yaitu "Jeong-ak daegeum (untuk musik klasik/court music) and sanjo daegeum (untuk musik rakyat ).



3. Ajaeng adalah Sitar Korea yang besar yang memiliki tujuh senar. Tinggi sekitar 160 cm (62 inci) dan lebar 25 cm(10 inci) terbuat dari kayu paulownia. Senarnya terbuat dari sutera, terpisah membentuk jembatan dan haluan yang dimainkan panjangnya 65 cm (25 inci). Terbuat dari cabang kayu pinus. Alat musik ini diletakkan dilantai dan pemainnya duduk dibelakangnya seperti bermain piano.




4. Pyeongyeong,adalah lonceng batu. Ada kejadian tentang lonceng batu ini di episode 5-7.
Pyeongyeong dibuat 2 baris dengan delapan batu berbentuk L disetiap baris. alat musik ini diimpor dari Cina sebagai alat musik kerajaan.



5. Teukgyeong adalah batu berbentuk L ( bentuk tunggal Pyeongyeong) dan digunakan secara eksklusif dalam musik upacara kerajaan dan banyak lagi.

Semoga bermanfaat ya...




Source : statemaster/Music-of-Korea

Comments