Markas Taekwondo Korea, Kukkiwon























Tempat latihan Taekwondo mudah ditemukan di mana saja di Korea. Saat ini, jumlah tempat latihan Taekwondo di Korea mencapai 10 ribu buah dan kira-kira 7 juta orang sedang belajar Taekwondo. Bagi masyarakat Korea, Taekwondo merupakan olahraga seni bela diri untuk pendidikan sifat kepribadian manusia. Jika belajar Taekwondo, anak-anak yang lemah menjadi sehat, anak-anak yang kurang rasa percaya diri dapat menjadi berani, anak-anak yang ragu-ragu atau pemalu menjadi aktif dan mudah bergaul dengan teman-teman.

Setelah Asian Games tahun 1986 lalu, Taekwondo ditetapkan sebagai cabang percobaan di Olimpiade Seoul tahun 1988, namun terpilih sebagai cabang resmi di Olimpiade Sydney tahun 2000. Lewat Olimpiade Athena dan Beijing, Taekwondo diakui sebagai seni bela diri terunggul di dunia. Saat ini, terdapat 120 ribu tempat latihan Taewkondo di 200 negara di dunia, serta 77 juta orang ikut berlatih Taekwondo. Apakah anda ingin menikmati olahraga bela diri tradisional Korea, Taekwondo? Nah, hari ini, mari kita menuju ke Kukkiwon di kecamatan Yeoksam, Gangnam-gu, Seoul dimana kita dapat menyaksikan latihan Taekwondo dan kisahnya.

Kukkiwon didirikan pada tahun 1972. bangunannya berdiri diatas 4000 meter persegi dan berlantai 4.
memiliki stadion dengan kapasitas daya tampung 3000 orang.
Ruang kuliah dimana teori taekwondo diajarkan.
Museum taekwondo ( pertama di dunia) yang terletak di lantai 2 . Museum ini dibuka pada tanggal 30 November 1991  bangunannya hanya 198 meter persegi tapi menampung sekitar 2500 benda yang berhubungan dengan taekwondo. Di balai Olimpiade yang masih termasuk bagian museum kita dapat foto, poster,banner, video dan berjuta dokumen dan materi lainnya.Anggota tim Olympic Jeong Guk-hyun menyumbangkan seragamnya yang ia pakai ketika ia mengikuti Olimpiade seoul 1988. Salah satu yang paling mencolok adalah piala dari World Taekwondo Championship , tingginya sekitar 50 cm
Fasilitas lain seperti kafetaria, fasilitas mandi dan loker.
Setiap hari Senin pagi dan Jumat pagi ada demonstrasi taekwondo .
Kukkiwon dapat diakses melalui  Exit 8 of Gangnam Station of subway nomor 2.




Source KBS story