Han Ga In - Aktris Pendiam Yang Kharismatik


Nama Han Ga In pasti tidak asing lagi di telinga para pecinta serial Korea. Sejumlah judul serial drama sudah dibintangi aktris sekaligus model cantik ini. Sebut saja Terms of Endearment, Super Rookie, Witch Amusement, hingga Bad Guy yang baru saja ditayangkan di TV Indosiar. Belum kenal dengan aktris cantik ini?


Han Ga In lahir di Seoul pada 2 Februari 1982. Dia memiliki nama asli Kim Hyun Joo, tetapi karena sudah ada aktris yang bernama sama dia pun mengganti namanya menjadi Han Ga In ketika terjun ke dunia hiburan. Sejak kecil Ga In adalah gadis sederhana dan biasa yang tidak memiliki kemampuan menonjol. Semasa sekolah dia juga tidak tergolong gadis yang cantik. Sifatnya yang pendiam dan suka minder membuat Ga In tidak punya banyak teman. Namun ketika menginjak SMA, dia tumbuh menjadi gadis cantik yang menarik perhatian banyak cowok. Karena sifatnya yang pendiam, Ga In tidak pernah berpikir ingin menjadi seorang artis. Karena itu dia memilih jurusan manajemen perhotelan yang tidak ada hubungannya dengan dunia artis. Ga In memulai kariernya sebagai model iklan maskapai Asiana Airlines di bawah naungan agensi 101 Entertainment hingga tahun 2009. Tahun 2002 dia mendapat kesempatan debut di serial KBS yang berjudul Sunshine Hunting (Days in the Sun) yang dibintangi oleh Ha Ji Won dan Ji Sung. Meski hanya peran kecil, peran itu menjadi batu loncatan untuknya. Tahun berikutnya, Ga In berakting di serial Yellow Handkerchief sebagai Jo Sun Joo, adik karakter Joo Min Joo (diperankan oleh Choo Sang Mi)

Melejit Lewat Super Rookie


Tahun 2004, Ga In akhirnya mendapat kesempatan berakting sebagai aktris utama di serial Terms of Endearment (Conditions of Love) bersama Chae Si Ra. Aktingnya yang apik di serial ini membuat Ga In dipercaya kembali menjadi aktris utama di serial berikutnya. Tahun 2005, Ga In dipasangkan dengan Eric Moon (Shinhwa) dan Oh Ji Ho untuk membintangi serial komedi romantis Super Rookie. Di serial produksi MBC ini dia berperan sebagai Lee Mi Ok, gadis miskin tapi punya otak encer. Dia jatuh cinta dengan karakter Bong Sam (Oh Ji Ho), tapi akhirnya berakhir di pelukan Kang Ho (Eric). Ga In adalah aktris yang penuh totalitas. Demi Super Rookie, Ga In sampai rela mengundur tanggal pernikahannya, karena serial ini menjadi tantangan bagi imejnya sebagai seorang bintang drama. Karena itu dia benar-benar tidak mau kehilangan kesempatan. Kesuksesan serial ini membuat nama Ga In mulai menjadi pusat perhatian media. Secara berturut-turut, wanita yang punya hobi mendengarkan musik ini didapuk menjadi aktris utama. Tahun berikutnya, Ga In beradu akting dengan Yang Dong Geun di serial Dr. Kkang (2006) dan serial komediromantis Witch Amusement (2007) yang dibintanginya bersama sejumlah artis papan atas Korea lainnya seperti Jae Hee, Jun Hye Bin, Kim Jeong Hoon, dan Dennis Oh. Untuk film layar lebar, Ga In pernah beradu akting dengan Kwon Sang Woo dalam film aksi laga Spirit of Jeet Kune Do: Once Upon a Time in High School tahun 2004.

Artis Iklan Kesayangan Samsung

Kharisma yang dimiliki Ga In rupanya memikat salah satu perusahaan elektronik terbesar di Korea, Samsung. Samsung menggaet Ga In untuk membintangi iklan mesin cuci Hauzen mereka. Menariknya, Ga In sudah menjadi bintang iklan mesin cuci ini hingga lima tahun lamanya! Tahun lalu, kontrak Ga In bahkan diperpanjang oleh Samsung. Menurut perwakilan Samsung, penjualan mesin cuci-busa Hauzen yang dirilis April 2010 langsung meningkat saat iklannya dibintangi oleh Ga In. Di luar dugaan, penjualannya melebihi 30 ribu unit hanya dalam waktu dua bulan setelah dirilis di pasaran dan didukung oleh iklan yang dibintangi Ga In. “Ini karena popularitas Han Ga In, karena itu kami memutuskan untuk memperpanjang kontraknya,” jelas perwakilan Samsung. Imej Ga In yang ceria dan sehat berhasil mempengaruhi dan menarik perhatian ibu-ibu rumah tangga serta kelompok konsumen lainnya. Beberapa waktu lalu Samsung merilis foto syuting iklan mesin cuci Bubble Shot Drum 2011 yang dibintangi Ga In. Kecantikannya yang alami membuat Samsung tidak perlu mengedit foto seperti yang dilakukan untuk kebanyakan artis lain.

Bertemu Suami di Lokasi Syuting


Saat ini Ga In sudah menjadi istri aktor Yeon Jung Hoon, rekan artis yang ditemuinya saat mereka berdua sama-sama berakting di serial Yellow Handkerchief. Setelah menikah pada Mei 2005, Ga In yang pernah dikabarkan ditaksir oleh Kwon Sang Woo ini tinggal bersama mertuanya. Demi menjadi istri yang baik, dia mengikuti kelas memasak. Keharmonisan Ga In dan suaminya membuat banyak orang iri dan membuat mereka menjadi santapan gosip para wartawan dan netter. Keduanya sempat beberapa kali digosipkan akan bercerai. Saat dikonfirmasi, J.One Plus Entertainment selaku agensi Ga In langsung membantahnya. Membuktikan jika hubungannya baik-baik saja, Ga In dan Jung Hoon kemudian tampil bersama di iklan mesin cuci Samsung Hauzen BubbleEco. Ini adalah iklan pertama yang mereka bintangi sebagai suami-istri. Imej Ga In sebagai istri yang baik sempat membuatnya didapuk sebagai salah satu pembicara di seminar pernikahan bahagia di salah satu department store di Chungdamdong. “Yeon Jung Hoon adalah seorang suami yang hebat. Dia mempunyai kepribadian yang luar biasa dan tampan… Namun, dia tidak membantuku di rumah,” ungkap Ga In seraya tertawa. Saat ditanya apakah mengerjakan semua pekerjaan rumah sendirian, Ga In kembali membantah. “Saya mempekerjakan seseorang yang akan mengurusi rumah jika saya dan suamiku bekerja. Namun, saya mencuci baju, mencuci piring, dan membersihkan rumah sendiri,” jelasnya.


Belajar Bahasa Jepang Demi Bad Guy

Setelah membintangi Witch Amusement dan vakum selama tiga tahun, Ga In comeback ke layar kaca lewat serial Bad Guy. Di serial ini dia beradu akting dengan Kim Nam Gil dan Kim Jae Wook, memerankan karakter bernama Moon Jae In yang pintar berbahasa Inggris, memainkan musik jazz serta menunggang kuda. Namun dia mengincar kedudukan sosial yang lebih tinggi melalui Hong Tae Sung (diperankan oleh Kim Jae Wook). Di salah satu episode Bad Guy, Ga In harus mengucapkan dialog dalam bahasa Jepang yang cukup panjang. Ditanya mengenai pengalamannya berdialog dalam bahasa Jepang ini, Ga In mengatakan, “Saya berangkat ke Jepang dengan seorang guru bahasa Jepang yang direkrut perusahaan produksi. Saya mendengarkan rekaman dialog bahasa Jepangku setiap pagi dan sebelum tidur, mendengarkannya selama tiga minggu hingga secara otomatis saya akan mengucapkan dialog itu ketika seseorang menyentuhku. Kurasa saya akan tetap mengingatnya hingga lima tahun mendatang.” Mengingat ini adalah karya barunya selang tiga tahun, Ga In mengaku sempat tidak bisa tidur menjelang syuting pertama. “Dia (Moon Jae In) tidak cantik, emosinya tinggi,” kata Ga In mengomentari karakternya. Ditanya apakah tidak takut imej baiknya selama ini hilang karena imej Moon Jae In, Ga In berkata, “Saya tidak mengkhawatirkannya. Sebenarnya saya justru ingin melepas imej itu karena ada beberapa perbedaan di antara imej yang terlihat di layar kaca dengan diriku sebenarnya.” “Kurasa sangat menyenangkan bisa menyuguhkan sesuatu yang baru pada penonton,” tambahnya.

Buat Situs Resmi demi Fans


Seiring dengan ditayangkannya Bad Guy, J.One Entertainment membuatkan situs resmi untuk artisnya ini. Diresmikan akhir Mei 2010, http://www.joneplus. com/hangain merupakan situs resmi Ga In sejak dirinya debut di dunia hiburan. Sekaligus untuk promo Bad Guy, agensi memasang cuplikan serial tersebut di laman (page) utama situs tersebut, lengkap dengan laman untuk profil, beritaberita terbaru, serta cuplikan serial-serial yang pernah dibintanginya. “Han Ga In telah kembali ke layar kaca dan dia ingin menemukan cara untuk tetap dekat dengan para penggemarnya, jadi kami membuatkan situs resmi ‘Han Ga In Special Book’ ini. Kami akan bekerja keras untuk mendukungnya dan situs ini,” jelas perwakilan J.One. “Saya sangat bersemangat dengan situs ini. Sampai saat ini, saya hanya punya situs yang dioperasikan oleh fans. Ini adalah pertama kalinya saya memiliki situs resmi dengan namaku sendiri. Kuharap hubunganku bisa menjadi lebih dekat dengan fans setelah adanya situs ini,” kata Ga In.

Diidolakan Lee Teuk Super Junior


Meski sudah berstatus sebagai suami Yeon Jung Hoon, kecantikan Han Ga In tetap memikat banyak pria. Salah satunya adalah Lee Teuk. Di acara Every1’s SJ Foresight bulan April lalu, leader Super Junior itu mengaku cintanya pada Han Ga In masih tidak berubah. Di acara yang dipandu oleh Lee Teuk, Shin Dong, dan Dong Hae (Super Junior) itu Kim Tae Woo dan KCM muncul sebagai bintang tamu. Tiga MC kemudian meminta Tae Woo dan KCM untuk mencari tahu tipe wanita ideal mereka masing-masing. Pada akhirnya, KCM menemukan jika tipe wanita ideal Tae Woo adalah Kim Hye Soo. Sebaliknya, Tae Woo menemukan tipe ideal KCM adalah Han Ji Min. Kemudian, Dong Hae, yang hari itu menggantikan Ye Sung sebagai MC selama sehari, meminta Lee Teuk menunjukkan foto wanita idamannya. Lee Teuk kemudian memperlihatkan foto wanita idealnya di depan dada. Dia menyatakan bahwa hatinya tidak berubah dan masih memilih Han Ga In.






Drama dan film yang telah dibintangi oleh Han ga in
Bad Man
(Drama, 2010)
나쁜남자
As : Moon Jae-in (문재인)
A Witch in Love
(Drama, 2007)
마녀유희
As : Ma Yoo-mi (마유미)
Dr. Gang
(Drama, 2006)
닥터 깽
Super Rookie
(Drama, 2005)
신입사원
Terms of Endearment
(Drama, 2004)
애정의 조건
Once Upon A Time In Highschool
(Movie, 2004)
말죽거리 잔혹사




Source AsianPlus@IniSajaMo

Comments