Masalah Ray Cho karena me-remake lagu TVXQ “Wasurenaide” dan tanggapan Jaejoong


“Redundant” yang dinyanyikan oleh penyanyi China, Ray Cho, dijadwalkan untuk rilis pada 18 Juli, namun bocor di internet. Setelah mendengar itu, penggemar telah menjadi marah karena lagu itu merupakan remake dari TVXQ “Wasurenaide.” 

“Wasurenaide” awalnya dinyanyikan oleh TVXQ dan sebuah lagu termasuk dalam album ke-4 mereka di Jepang, “The Secret Code.” Jaejoong JYJ adalah yang menyusun lirik dan juga mengambil bagian dalam menyusun musik untuk lagu tersebut. Fans marah karena lagu itu dibuat lagi tanpa persetujuan Jaejoong yang merupakan pelanggaran atas hak cipta.
Menanggapi seluruh kontroversi, Ray Cho telah merilis sebuah pernyataan pada penggemar melalui Weibo untuk meminta maaf dan pemahaman. Dia juga menyatakan bahwa rilis lagu akan ditunda sampai kesepakatan telah dicapai dengan Jaejoong. Berikut adalah pernyataan seluruhnya:

Hi semuanya, Saya Zuo Qi Bo. Tolong beri saya waktu untuk menjelaskan hal ini secara keseluruhan.
Mengenai bocornya lagu “Redundant” di internet dan menyebabkan ketidakbahagiaan penggemar TVXQ atas remake dari lagu Jepang “Wasurenaide” ditulis dan disusun oleh penyanyi Korea Kim Jaejoong, saya sangat ingin meminta maaf.
Saya tahu bahwa lagu ini membawa banyak cerita dan kenangan dan percaya bahwa saya akan bergabung dalam keluarga besar dan saling mencintai , karena saya sama seperti kalian semua, menyukai Kim Jaejoong, menyukai bakat dan vokal. Kim Jaejoong juga idola saya dan panutan saya pada waktu yang sama. Oleh karena itu, kita hati-hati akan menyelesaikan masalah lagu”Redundant,” dan kami bersemangat akan mencoba untuk mencapai kesepakatan dengan Kim Jaejoong. Cassiopeia, harap tenang! Lagu ini sedang akan ditunda dan tidak akan dirilis atau dinyanyikan hingga kesepakatan tercapai.
Selain itu, berkaitan dengan “Redundant.”
Disusun oleh: Kim Jaejoong
Remake Lyrics by: Zuo Qi Bo / Wei Su
OT: Wasureinaide
Kejadian ini bukan apa yang saya prediksi dan itu adalah kurangnya untuk mempertimbangkan perasaan penggemar TVXQ. Saya ingin meminta maaf lagi! Mudah-mudahan saya dapat menerima permintaan maaf ini!
Di sisi lain, insiden ini tidak ada hubungannya dengan Tian Yu Media, Avex Music (Avex Cina), dan SM Entertainment, itu bukan penjualan lagu kembali Jaejoong oleh Avex, seperti yang dikatakan oleh semua orang.
Saya berharap semua orang dapat mengerti. Harap tidak menyalahkan perusahaan yang tidak berhubungan, Kalian bisa menyalahkan saya untuk semuanya. Karena saya memilih untuk menyanyikan lagu ini dan dengan demikian aku harus menjadi orang yang menanggung tanggung jawab. Kami akan menjamin hak-hak komposer dan menghargai hak cipta! Saya sangat menyesal atas ketidaknyamanan yang disebabkan dan masalah! Saya tidak memiliki pertimbangan ketika melakukan hal-hal ini! Maaf!
Terima kasih! Semoga setiap orang yang dapat memberi saya kesempatan untuk menjelaskan ini! Mohon angan mempermasalahkan hal ini lagi!




Meski Ray Cho bekerja dengan Avex Cina dan Jaejoong dibawah Avex Jepang ketika lagu ini dirilis, apakah Avex bisa mengklaim bekerja dengan Jaejoong dan membiarkan Ray untuk menyanyikannya masih dipertanyakan. Menurut Japanese Society for Rights of Authors, Composers and Publishers (JASRAC), Jaejoong jelas dinyatakan sebagai pemilik lagu di bawah kedua kategori “lirik” dan “musik.”


Dan berikut tanggapan Jaeejong atas nasakah re make lagu tersebut:


Menanggapi kemarahan para fans ‘, Ray Cho menyatakan permintaan maaf dan meminta pengertian dari para fans dalam sebuah posting di Weibo-nya. Banyak penggemar bertanya-tanya apakah Jaejoong tahu bahwa lagunya sedang digunakan tanpa persetujuannya, Jaejoong telah memberitahu pada 17 Juli dan Jaejoong merespon seluruh kejadian dengan posting tweet berikut.
“Wasurenaide” bukan milikku atau milik siapapun. Ini adalah sebuah lagu yang dimiliki oleh 5 anggota TVXQ. Karena itu saya tidak ingin satu orang atau 3 orang untuk menyanyikannya itu,


IniSajaMo via Koreaboo

Comments