Pekan Korea-Indonesia di Jakarta


Untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Korea, Kedutaan Besar Korea di Jakarta menggelar Pekan Korea - Indonesia tanggal 28 September hingga 3 Oktober 2011.
 
Sebagian besar kegiatan akan dipusatkan di Pusat Perbelanjaan Gandaria City, selain di Tennis Indoor Senayan dan Pusat Kebudayaan Korea.
Pekan Korea - Indonesia diawali dengan konser musik pop, menghadirkan artis-artis Korea seperti Lee Sun Ho (shin Wha), Lee jun Ki, Lee Dong Gun, Park Hyo Shin, Yoo Seung Chan, Jung Jae il, dan Choi Jin (Epik High) pada hari Minggu dan Senin (2-3/10/2011) pukul 18:30 WIB di Gandaria City Exhibition Hall.

Disusul kemudian Kontes Musik Pop Korea, diawali dengan babak penyisihan pada Rabu - Kamis (28-29/09/2011) dilanjutkan final pada hari Minggu (02/10/2011) di Gandaria City. Juga digelar Festival Film Korea di Gand tanggal 28 September - 04 Oktober 2011 di Gandaria City Cinema XXI.

Total ada tujuh film terbaik Korea seperti Finding Mr Destiny, Harmony, 71 Into the Fire, Detective K, A Barefoot Dream, The Sword with No Name, The Good The Bad The Weird. Tidak ketinggalan digelar pula Kejuaraan Nasional Taekwondo Junior memperebutkan Piala Duta Besar Korea pada 27 - 29 September 2011 di Tennis Indoor Senayan. Kegiatan ini diikuti peserta dari 33 provinsi di seluruh Indonesia, terdiri dari 600 Kyoruki (pertarungan) dan 130 Poomsae (Rangkaian Jurus).

Tidak kalah menarik, juga digelar Pameran Lukisan Tradisional Korea di Pusat Kebudayaan Korea pada 29 September hingga 13 Oktober 2011. Lukisan yang dipamerkan merupakan karya dari 26 seniman inti yang beraliran lukisan literati modern. Lukisan-lukisan Literati ini merupakan karya cendekiawan klasik Korea yang memproyeksikan kepribadian yang mulia.

Hari Sabtu (01/10/2011) mendatang juga diadakan pertunjukan Drumcat di Gandaria City. Pertunjukan drum yang beranggotakan delapan wanita ini, salah satu di antaranya adalah pemain pantomin modern Korea yang mendapat reputasi bagus di Eropa.

Dan bagi masyarakat Indonesia yang ingin mencicicipi makanan Korea, juga digelar festival makanan Korea tanggal 1 - 2 Oktober. Festival ini berisi kontes dan partisipasi demo masak bagi warga Indonesia, juga ada special cooking class serta sesi mencicipi aneka makanan Korea.
Acara masak Bulgogi, Japcahe, dan makanan Korea lainnya diselenggarakan oleh Asosiasi Wanita Korea didukung oleh tim Prof Han, Bok Jin, bertempat di Lottemart, B1 Gandaria City Mall. Selama kegiatan Pekan Korea-Indonesia berlangsung, juga digelar lomba foto.
Foto-foto yang dilombakan semua berkaitan dengan aneka kegiatan selama Pekan Korea-Indonesia berlangsung. Peminat bisa mendaftarkan diri di www.id.korean-culture.org. 


 Kompas com.

Comments