Pemerintah izinkan kalangan sipil menyampaikan ucapan belasungkawa kepada Korea Utara

 


Pemerintah Korea Selatan telah mengizinkan kalangan masyarakat sipil untuk menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Pemimpin Korea Utara, Kim-Jong-il.

Juru bicara Kementerian Unifikasi, Cho Bo-sun menegaskan dalam pertemuan rutin pada hari Rabu bahwa pemerintah Seoul mengizinkan kalangan masyarakat sipil Korea Selatan dan individu untuk menyampaikan ucapan duka cita kepada Korea Utara baik melalui surat maupun faks. Namun, Choi menggarisbawahi bahwa mereka yang akan menyampaikan pesan belasungkawa itu harus mendapat restu dari Kemeneteri Unifikasi terlebih dahulu.

Dia menambahkan bahwa sekarang ini, beberapa kalangan usaha swasta dan kalangan sipil telah menyampaikan ucapan duka cita kepada pemerintah Pyongyang, termasuk perusahaan Hunday Asan yang mengoperasikan program wisata di Korea Utara dan Yayasan Roh Moo-hyun.

Juru bicara Cho Bo-sun menyatakan bahwa pemerintah juga akan mengizinkan para anggota keluarga almarhum mantan Presiden Kim Dae-jung dan Almarhum Ketua Grup Hyunday, Chung Mong-hun untuk melakukan kunjungan belasungkawa ke Korea Utara. Untuk itu, Pihak Kementerian Unifikasi mengadakan pembahasan tingkat kerja dengan anggota keluarga Kim dan Chung atas rencana itu pada hari Rabu ini.



Source KBS News World
IniSajaMo

Comments