Kisah legendaris di kuil Yeonmisa

kota Andong provinsi Gyeongsang Utara



Di depan kuil Yeonmisa, ada sebuah jalan sempit dan sebuah pondok yang dipergunakan sebagai tempat penginapan bagi pejalan kaki yang melewati jalan itu. Waktu itu, tamu membawa beras dan meminta memasaknya selama dia menginap di sana. Orang yang kaya membawa banyak beras sementara orang yang miskin membawa sedikit beras. 

Seorang gadis yang bernama Yeoni bekerja di tempat penginapan itu sebagai pelayan. Dia selalu mengisikan kekurangan beras yang dibawa tamu miskin dengan berasnya supaya tamu itu dapat makan sepuasnya. Disamping itu, dia menolong dan melayani tamu-tamu dengan sungguh-sungguh. Yeoni selalu dipuji oleh warga penduduk sedesanya karena perbuatan dan hati baiknya. Akhirnya, bujangan-bujangan di desa itu jatuh cinta padanya. 

Sementara di desa sebelahnya, seorang kaya tinggal dan mencintai Yeoni. Karena besarnya kecintaannya terhadap Yeoni, sehingga dia meninggal dunia. Namun, dia dikembalikan oleh raja neraka ke bumi, karena tidak melakukan perbuatan jahat apapun. Namun di pintu gerbang neraka, dia dihalangi penjaga pintu dan dimintai uang. Menurutnya, kalau seseorang berbuat baik selama dia hidup, gudangnya di neraka akan penuh. Namun, gudangnya hampir kosong. Penjaga menyuruh dia untuk pinjam uang dari gudang Yeoni dahulu kemudian melunasinya di dunia. Memang gudang Yeoni penuh sekali, karena perbuatannya baik itu sudah tersimpan di gudang neraka. Dia meminjam 20 karung beras dan dapat pulang ke rumahnya. 

Setelah pulang, dia menjelaskan peristiwa yang dialaminya kepada Yeoni dan ingin mengembalikan pinjamannya. Namun Yeoni menolaknya, karena semua harta berasal dari Tuhan. Karena berkali-kali si pria menawarkan untuk mengembalikan uang, sebagai gantinya, Yeoni akhirnya meminta dia untuk menutupi patung batu Buddha supaya tidak kena hujan. 

Suatu hari saat selesai membuat penutup, mereka menghadapi kesulitan, karena tidak tahu cara untuk pulang. Sebab itu, mereka jatuh dari atap rumah, tetapi pada saat itu mereka berubah menjadi sepasang burung layang-layang. Berdasarkan kisah itu, tempat Yeoni bekerja disebut Yeonmiwon atau Jebiwon.


Infromasi Wisata
Kuil Yeonmisa yang katanya dibangun pada masa kerajaan Shilla sewaktu Ratu Seondeok menguasai negaranya, terletak di kota Andong provinsi Gyeongsang Utara. Dan di kuil tersebut ada sebuah patung Jebiwonseokbul yang sangat tampan sampai-sampai orang tidak kenal dengan keberadaan kuilnya karena terpikat hati oleh patung itu.



Source :kbs co.kr
TR@IniSajaMo
TAKE IT WITH FULL CREDIT !!