Jika Kpop sudah tak bergema lagi, jika gelombang hallyu sudah mereda . Ketika para Idola telah menua dalam usia, ketika tak ada lagi yang namanya KOREAN POP.
Tak ada yang abadi di dunia ini, Kpop dalam bentuk apapun (drama,musik, dll) suatu saat akan pergi meninggalkan kita.

Namun waktu akan mencatat dalam sejarah bahwa pernah ada suatu peristiwa dimana dunia disentakkan oleh yang namanya Korean Pop/Hallyu. Betapa kpop telah merajai sanubari seluruh dunia, betapa kpop telah mampu mengubah tatanan hidup bermasyarakat. Betapa Kpop mengharu biru dalam sikap dan pikiran dan mimpi-mimpi anak-anak,remaja bahkan dewasa di bumi ini.

Dan blog ini semoga menjadi saksi dan kenangan akan semua peristiwa itu.....




Fusion Saeguk Korea ( Drama Saeguk Campuran )



Drama MBC "The Sun and the Moon"  sekarang menjadi perhatian di seluruh negeri. Drama ini berdasarkan novel laris dengan judul yang sama. Mengisahkan kisah cinta seorang raja fiksi selama Dinasti Joseon (1392-1910) , diperankan oleh Kim Soo-hyeon-I, dan Han Ga-in. Drama ini segera memenangkan perhatian lebih dari penonton dan kritikus dengan penayangan pertama pada Januari untuk plot menggoda nya, karakter hidup, dan cerita yang terstruktur dengan baik. Peringkat oleh AGB Nielsen dan TNMS, dua perusahaan besar pengukuran pemirsa, mencapai 40 persen dan  terus meningkat, dan "The Sun and the Moon"  menjadi salah satu drama fusion saeguk  yang paling populer di televisi Korea.


Saeguk VS. Fusion Saeguk

Jadi, apa itu saeguk, dan apa itu fusi saeguk? Drama Saeguk adalah  drama sejarah dengan latar belakang sejarah. Pengaturan biasanya rumit, dan karakter yang menggunakan bahasa yang bergaya dan dicampur dengan kosakata kuno dan ekspresi. Kebanyakan cerita menggambarkan peristiwa sejarah yang sebenarnya atau kehidupan orang-orang besar dalam sejarah seperti raja atau jenderal. Orang Korea selalu bersemangat menonton drama sageuk sejak  pertama kali muncul di televisi hitam putih dekade lalu.


Cerita saeguk banyak berkisah tentang konflik politik dan intrik di dalam istana atau selama perang. Hal ini tentu membuat drama yang sangat maskulin dan kasar, dan mereka sangat menarik untuk generasi yang lebih tua karena alasan itu. Drama Sageuk tidak terlalu populer di kalangan pemirsa televisi muda sampai sageuk Damo 

(Diperankan oleh Ha Ji Won ) ditayangkan pada musim panas tahun 2003, menandai munculnya fusion saeguk.

Damo adalah sebuah drama fiksi tentang cinta yang tragis dan tindakan seorang polisi wanita . Berlatar periode Joseon, itu adalah campuran dari imajinasi kreatif, pengaturan yang rumit, dan tindakan aksi nyata bela diri. Ini merupakan  genre baru saeguk, yang segera disebut "fusion saeguk" seperti saeguk tapi diberi dengan sentuhan modern, sangat berbeda dengan drama saeguk sebelumnya, yang sangat banyak memiliki karakter sejarah menurut buku sejarah. Damo memicu sensasi di kalangan pemirsa Korea dan terutama menjadi hit besar di kalangan generasi muda. Setelah penayangan Damo,  fusion saeguk lebih banyak diproduksi dengan tema yang lebih luas dengan sentuhan romantis, aksi, fantasi, dan sejenisnya.

Mengapa fusion saeguk begitu populer? Kita dapat menemukan beberapa alasan utama. Pemirsa muda dapat dengan mudah berhubungan dengan alur cerita kontemporer yang dilebur ke dalam latar belakang sejarah yang penuh warna, menciptakan perpaduan unik dari lama dan baru. Karakter utama masih muda,
diperankan oleh aktor tampan yang merupakan bintang terkenal dalam industri hiburan. Aktor yang tampil dalam drama modern dan film yang ditampilkan membawa kesegaran pada fusion saeguk. Dan alur cerita melodramatis cinta, persahabatan, dan asmara manis membawa pesona baru untuk pengaturan drama.

(kiri) KBS drama "Hwangjin-i"; (kanan) 2011 drama "The Slave Hunters"

Ketenaran Internasional 

Saat ini fusion saeguk telah mendapatkan popularitas secara nasional dalam beberapa tahun terakhir, mereka sedang lisensi untuk penyiaran asing dan telah menarik pemirsa asing yang besar.
Fusion Saeguk pertama yang menjadi populer di Asia adalah "Dae Jang Geum", atau Jewel in the Palace, yang menampilkan aktris Lee Young-ae sebagai koki istana berbakat yang kemudian menjadi kepala dokter perempuan pertama yang pernah ada untuk raja. Drama ini pertama ditayangkan di negara-negara Asia Tenggara dan menyebar ke seluruh dunia ke Eropa, Amerika, dan bahkan ke Timur Tengah, di mana saat itu budaya Korea belum terkenal, untuk menjadi bagian besar dari Hallyu, atau disebut gelombang  Korea . Penggemar asing "Dae Jang Geum"  yang tak terhitung jumlahnya telah melakukan perjalanan ke Korea Selatan untuk dapat merasakan masakan Korea dan budaya istana. Akibatnya, drama ini telah mendirikan tujuan baru wisata budaya bertema masakan tradisional dan budaya kerajaan .

Segera setelah itu, stasiun penyiaran besar mulai berinvestasi lebih banyak dalam penciptaan fusion saeguk. Mereka diberi pemeran luar biasa, adegan sinematik proporsi, kostum yang indah, dan
soundtrack menakjubkan .  

Karena popularitas internasional fusion saeguk, para aktor dan aktris utama telah menjadi generasi baru bintang Hallyu di negara-negara di mana mereka telah terlihat. Aktris Han Hyo-joo, pemeran utama wanita di "Dong Yi", drama sageuk dari MBC, dielu-elukan seperti Lee Young-ae berikutnya di Cina, dan aktor Kang Ji-hwan bergabung didaftar bintang Hallyu tercinta di Jepang setelah keberhasilan fusion saeguk "Hong Gil Dong" pada tahun 2008.

Dibuat dengan baik fusi saeguk drama telah menerima pengakuan di luar negeri dan ulasan yang menguntungkan. Miniseri KBS "Hwangjin-i" yang dibintangi aktris Ha Ji-won maju ke kompetisi utama
Festival TV  Carlo Monte 2007 . Tahun lalu, aktor Jang hyeok dinominasikan untuk Penghargaan Emmy Internasional 2011 untuk penampilannya dalam "The Slave Hunters". Drama ini juga memenangkan penghargaan Drama Seri Terbaik di TV Awards 2010 Asia dan dinominasikan untuk Festival TV  Carlo Monte 2011 .


Saeguk yang benar-benar pure saeguk, sudah jarang sekarang, kebanyakan pure saeguk jaman sekarang memakai pendekatan fusion pada beberapa hal. Misalnya Queen Seon Deok. Terdapat tokoh Mishil yang keberadaannya belom bisa dibuktikan kebenarannya, Karena nama Mishil hanya muncul di 'Hwarang Segi' (sebagian besar sejarawan tidak menganggapnya sumber sejarah yg akurat) tetapi tak ditemukan di manuskrip-manuskrip lain seperti Samguk Sagi atau Samguk Yusa.
Tokoh Bidam yang pendekatan karakternya seperti tokoh-tokoh manhwa dan porsi love-line antara Bidam-Deokman (yang dikehidupan nyata merupakan rival politik) yang mendapat porsi cukup besar menjelang penghujung episode.

Contoh lain adalah Dongyi. Tokoh raja di Dongyi dibuat lebih manusiawi,santai dan agak jaim. Sedangkan di beberapa saeguk.apalagi saeguk era joseon, tokoh raja kebanyakan digambarkan jaim.Bahkan di Dongyi ada adegan kissu (lompatan yang cukup besar,mengingat genrenya yg pure saeguk). Makanya banyak kalangan tua di korea menganggap saeguk sekarang sudah terlalu didramatisir dan tidak mengikuti pakem sejarah. Mungkin ini dipengaruhi dengan keadaan perekonomian di korea (tak hanya dikorea sebenarnya) yangg cukup sulit diterima belakangan. Saeguk dibuat dengan biaya lebih besar dibanding k-drama biasa. Untuk menutupi ongkos produksi yang besar,selain dari pemasukan iklan,juga dari penjualan hak siar ke negara lain. untuk memperkenalkan dan menarik perhatian penonton internasional yang tak begitu familiar dengan sejarah korea, lebih banyak dimasukkan unsur-unsur fusion yang lebih ringan dan eyecatchy.
 

Dan Inilah Ciri-ciri Saeguk ;
1. Ceritanya diilhami dari sejarah yg tertulis (walaupun ada sedikit hal-hal yg diinterpretasikan berbeda,tapi tidak mengubah fakta yg terjadi)
2. Tokoh utamanya benar-benar ada, biasanya menceritakan kehidupan raja atau pemimpin pada masa itu.
3. Karena sang tokoh Dikisahkan dari lahir( bahkan ada yg sebelum lahir) sampai meninggal,biasanya jumlah episodenya lumayan banyak. Minimal 50 episode dan bisa sampai ratusan episode.
4. Alurnya datar (dan sebagian besar menyebutnya membosankan). Lebih banyak membahas politik dan kekuasaan,dengan sedikit adegan action.
5. Karakternya hitam putih
6. Unsur-unsur romancenya sedikit sekali, hanya pelukan atau pegangan tangan.
7. Tokoh utama diperankan oleh aktor senior/watak yang kurang populer dikalangan muda dan penonton internasional.
* Drama yang termasuk drama Saeguk antara lain :
Jumong
Dae Jo Yeon
Hwang Jin Yi
Admiral Lee Shoon Shin
Kim Soo Roo
Merchant Kim ManDeok
Empress Chun Chu


Sedangkan Fusion saeguk mempunyai ciri-ciri sbb:
1. Ide Cerita berasal dari mitos,legenda,manhwa atau novel dan tidak mengikuti sejarah tertulis. Kalaupun ada tokoh-tokoh nyata yang terlibat, biasanya karakternya diubah berdasarkan penafsiran SW yang bersangkutan.
2. Tokoh utamanya beragam,mulai dari Gisaeng,Pendekar jalanan,Kalangan Yangban,Pemburu budak atau pencuri.
3. Jumlah episodenya tidak terlalu banyak antara 24-36 eps
4. Alurnya beragam, lebih menonjolkan action dan romance
5. Karakternya beragam,tidak hanya hitam-putih tapi juga abu-abu
6. Tokoh utamanya diperankan aktor-aktris yang terkenal dikalangan muda dan penonton internasional.
* Drama yang termasuk Fusion Saguk adalah :
 Rooftoop Prince
 The Moon That Embracing The Sun
Sungkyunkwan Scandal
Legend
The Slave Hunter
Painted Of The Win



*Artikel dari Korea Magazine (Maret, 2012)


Source : www.korea.net/NewsFoc... ( English Korean )+Hancinema
Credit : MAFIATAHU (lautanindonesia.com.)
Write & Trans Ind  By TR@IniSajaMo



Artikel Terkait:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...