Distrik Yuchi, Hanya Dihuni 40 Keluarga

 


Siapa yang tak tergiur liburan di Yuchi. Desanya hanya dihuni 40 keluarga, menjadi pusat budidaya jamur, menerapkan pertanian organik dengan deretan rumah tradisional yang masih terpelihara.

Distrik Yuchi adalah salah satu slow city di Korea Selatan. Sering menjadi lokasi syuting film dan semakin populer akhir-akhir ini. Padahal dulunya, distrik yang berada di Jangheung, Provinsi Jeollanam itu nyaris terputus dengan dunia luar. Namun lama-lama menjadi cukup dikenal para wisatawan karena keunikannya.


Berkunjung ke Yuchi kita akan melihat metode pertanian organik yang masih mereka terapkan hingga sekarang. Dengan metode ini kelestarian alam Yuchi tetap terjaga. Hasil pertanian Yuchi juga terkenal sebagai makanan sehat yang tidak saja layak konsumsi tapi juga bergizi tinggi.


 

Selain pertanian organik, hal lain yang menjadi unggulan dari distrik Yuchi ini adalah budidaya jamur Shiitake.  Jangheung adalah produsen jamur terbesar di Korea dengan kemampuan produksi sebesar 2.500 ton per tahun. Jamur jenis ini sudah tumbuh di Jangheung termasuk Yuchi sejak tahun 1454. Biasanya jamur-jamur ini tumbuh di pohon-pohon pinus dan dipelihara dengan cara tradisional tanpa pestisida atau pupuk buatan. Rasanya yang lezat serta aroma yang sedap membuat jamur ini disukai banyak orang. Dari segi gizi, Shiitake kaya akan serta dan vitamin B.

Shiitake pun menjadi salah satu bahan olahan khas Yuchi dan Jangheung. Tak heran jika Jangheung disebut-sebut sebagai kawasan yang kaya produk kuliner. Disini kita bisa menikmati lezatnya daging sapi Jangheung, Kimchi beserta lauk pauknya yang semuanya terbuat dari bahan-bahan lokal Jangheung.

Selain bisa menikmati aneka kuliner khas Yuchi, Anda juga bisa berwisata ke kawasan gunung Cheongwansan. Gunung ini termasuk ke dalam 5 gunung terbaik di Jeollanam-do. Di musim semi, Cheongwansan terlihat sangat cantik dipenuhi bunga Camelia. Pemandangan musim gugur juga tak kalah indahnya dengan rumput yang menghampar di sepanjang mata memandang.

Setelah menikmati semua keindahan alam dan kenikmatan kulinernya, jangan lewatkan pasar hiburan Jeongnamjin setiap hari Sabtu. Disini kita bisa menjajal permainan tradisional, membeli kerajinan tangan dan tentu saja mencicipi aneka makanan di warung-warung yang  menawarkan seafood ala Jangheung.


 


Oya, tips untuk para wisatawan yang berniat menghabiskan waktu liburan ke Yuchi adalah jangan mengharapkan fasilitas seperti hotel dan penginapan yang mewah. Karena Yuchi termasuk dalam katagori Slow City sehingga tidak menyediakan fasilitas yang modern. Mengunjungi Yuchi berarti bersiap untuk menjalani kehidupan yang damai ala pedesaan dengan bersantai, bersepeda dan menikmati kealamian alamnya.

Cara sampai ke lokasi : Anda bisa mencapai Yuchi dengan naik kereta dari Yongsan Station menuju Gwanju. Dalam sehari kereta ini melaju sebanyak 17 kali dari Yongsan – Gwangju mulai pukul 6 pagi hingga 11 malam. Sesampainya di Gwangju, Anda harus meneruskan perjalanan ke Jangheung dengan bus. Setelah sampai di Jangheung, naiklah bus ke Yuchi. Bus ini melewati jalur Jangheung – Yuchi sebanyak 12 kali dalam sehari sejak pukul 6.20 pagi hingga 6.40 malam.



Source : Wisata Korea
Shared By iniSajaMo

Comments