IRIS Kembali Memenangkan Kasus Tuduhan Plagiat

 IRIS-Plagiat


Iris telah berhasil memenangkan setiap kasus plagiarisme yang diajukan pada mereka, termasuk kasus yang baru-baru ini dimasukkan juga sudah diselesaikan.

Pada tanggal 12 Agustus, Pengadilan Distrik Pusat Seoul menolak gugatan Mr Lee yang telah diajukannya terhadap perusahaab produksi drama Taewon Entertainment.


Mr Lee, penulis novel, menuntut bahwa adegan yang ia percaya melanggar hak ciptanya untuk berhenti didistribusikan lebih lanjut.

Departemen Kehakiman menyatakan, bahwa “adegan yang dikatakan Mr. Lee telah menjiplak dari novel seri yang diterbitkan pada tahun 2003 didasarkan pada ide-ide abstrak yang tidak dilindungi oleh hukum hak cipta. Adegan itu melibatkan ekspresi yang khas dan wajib di cerita seperti mata-mata yang menggunakan pembagian antara Korea Utara dan Korea Selatan. drama dan novel Mr Lee berbeda secara rinci, pengaturan dan dialog. ”

Mr. Lee mengatakan bahwa cerita drama yang berkisah tentang sebuah organisasi rahasia berusaha untuk menghentikan Korea Utara dan Selatan dari penyatuan, serta pengaturan lain dan insiden drama termasuk latar belakang karakter utama, yang mirip dengan yang muncul dalam novel yang ia diterbitkan.

Ini bukan klaim plagiarisme pertama yang diajukan terhadap Iris, seperti pada tahun 2011 Taewon Entertainment digugat oleh penulis skenario untuk plagiat. Penulis menuntut ganti rugi, namun kalah dalam persidangan pertama dan banding.

Pada tahun 2010 penulis skenario lain telah mengklaim drama itu menjiplak. Majelis hakim kemudian juga memutuskan mendukung Taewon Entertainment.

Mr Park Chul Joo, penulis novel ‘The Sun Never Rises on Fuji Mountain’, menggugat Taewon Entertainment pada tahun 2009 tetapi perusahaan itu akhirnya dibebaskan oleh kejaksaan.


Source:enews

Comments