Inilah 5 Menu Makanan Khas Perayaan Imlek di Korea Selatan

 Inilah 5 Menu Makanan Khas Perayaan Imlek di Korea Selatan

Happy Lunar New Year! Yap, menyambut tahun kuda, semua warga etnis Tionghoa bersuka cita merayakan Perayaan Imlek, tak terkecuali di Korea Selatan yang dikenal dengan perayaan Seollal.

Orang-orang yang tinggal di kota akan 'pulang kampung' dan menghabiskan hari libur bersama keluarganya dirumah.

Beberapa hidangan menjadi ciri khas dari hari Seollal ini. Yuk kita lihat makanan lezat apa saja yang biasa orang Korea hidangkan di hari besar ini!^^

1. Sup Kue Beras
 

Tteok-guk (떡국) atau Sup kue beras adalah makanan khas yang wajib ada saat Seollal. Sup ini terdiri dari Kue beras yang diiris tipis-tipis dan tambahan lainnya, seperti telur tipis yang diiris, rumput laut, daging dan lainnya. Kue beras yang berwarna putih ini dipercaya melambangkan kebersihan dan kesucian untuk memulai tahun yang baru ^^

2. Japchae
 

Menu ini memang terlihat seperti bihun goreng biasa, namun Japchae ala Korea ini bukan sekedar bihun loh! Mie yang digunakan dalam makanan ini adalah mie yang terbuat dari ubi biasa disebut Dangmyeon. Mie berwarna bening ini direbus dan dimasak bersama bahan-bahan lainnya seperti sayuran dan daging.



3. Pajeon
 

Pajeon atau pancake korea ini mirip dengan dadar jagung atau bakwan di Indonesia, yaitu makanan yang terbuat dari tepung, telur dan sayuran yang dicampur dan digoreng di panci. Bentuknya bermacam-macam! Namun biasanya pada Seollal, Pajeon atau pancake Korea ini berbentuk bulat menyerupai pizza dan banyak macamnya. Pajeon dimakan dengan dicelupkan ke saus kecap asin bertabur wijen atau sebagai makanan pendamping nasi.


4. Yakgwa
 

Yakgwa adalah kue tradisional Korea yang terbuat dari madu, minyak wijen dan tepung gandum. Rasanya manis sekali karena madu yang dimasukan biasanya cukup banyak. Di Korea madu dipercayain dapat menyembuhkan penyakit. Oleh karena itu, dengan memakan kue ini di hari Seollal mereka berharap agar sembuh atau dilindungi dari penyakit sepanjang tahun.



5. Sujeonggwa
 

Ini adalah minuman tradisional korea, mereka pun menyebutkan kalau Sujeonggwa ini adalah fruit punch tradisional. Jus buah persimmon (kesemak) ini dibuat dari buah kesemak kering, jahe, kayu manis dan kacang pinus yang direbus jadi satu dan diambil sari buahnya. Ini adalah dessert tradisional yang digemari warga Korea.



 Cre : drewmwersrdio













Comments