Chuseok

Source: KTO

Apa itu Chuseok?
Chuseok (추석) adalah satu dari tiga hari besar nasional di Korea. Chuseok terkenal sebagai “Thanksgiving Day”-nya Korea. Pada hari raya Chuseok ini, biasanya seluruh anggota keluarga berkumpul dan memberikan penghormatan pada leluhur serta berdoa untuk keberuntungan di tahun-tahun mendatang.

Ada tiga ritual yang biasanya dilakukan saat Chuseok. Pertama, yaitu Charye dimana anggota keluarga berkumpul pada pagi hari saat Chuseok untuk memberikan penghormatan pada di leluhur di dalam rumah dengan mempersembahkan nasi dari beras yang baru saja dipanen, minuman beralkohol, dan kue beras (songpyeon). Setelah melakukan penghormatan, para anggota keluarga duduk bersama dan menikmati hidangan yang telah dipersiapkan. Kedua, yaitu Seongmyo, yaitu ritual mengunjungi kuburan para leluhur dan dilanjutkan dengan Beolcho yang artinya memberihkan dan merapikan rumput-rumput yang ada di makam.

Source: KTO
Source: KTO

Yang perlu diperhatikan traveler saat Chuseok
Pada tahun 2014 ini, Chuseok jatuh pada tanggal 8 September. Tetapi di Korea, biasanya berlaku libur selama tiga hingga empat hari yaitu tanggal 7-10 September 2014. Selama libur, akan banyak toko-toko (pasar tradisional dan modern) yang tutup, begitu pula lokasi wisata tertentu. Selain itu, jalan-jalan yang mengarah ke luar kota akan macet, karena banyak orang yang pulang kampung selama Chuseok untuk bertemu sanak saudara lainnya. Mirip sekali dengan mudik saat Idul Fitri ya ^^
Namun, jangan bersedih, anda tetap akan bisa menikmati liburan anda di Korea dengan mengunjungi lokasi-lokasi berikut ini:
  1. Tourist Information Centre (TIC) yang terletak di lantai dasar kantor KTO di pusat kota Seoul. Disana anda bisa memainkan permainan tradisional Korea yaitu tuho, yutnori, dan paenginchigi. Jangan lupa untuk merasakan memakai hanbok dan membuat kerajinan tangan “Jangseung” yaitu tiang totem yang dapat mengusir roh jahat. Untuk info lengkapnya sila mengunjungi laman ini
  2.  
  3. Source
    Source : KTO

  4. Istana, makam dan kuil. Anda bisa mengunjungi Istana Gyeongbokgung, Deoksugung, Changgyeongung di Seoul. Yongneung di Yeoju-si, Gyeonggi-do, dan Jeongmyo Shrine (makam kerajaan). Semua bisa dikunjungi dengan dengan gratis, khusus tanggal 8 September 2014. Akan ada banyak pertunjukan kesenian tradisional Korea termasuk yang paling terkenal adalah peragaan Jongmyo Jeryeak dan upacara Myohyunrae. Jadwal acara dan lokasi bisa dilihat di laman ini
  5.  
  6. Source: KTO
    Source: KTO

  7. Korean Folk Village. Untuk merayakan Chuseok, Korean Folk Village mengadakan banyak sekali acara selama 30 Agustus hingga 14 September 2014. Cocok bagi anda yang ingin merasakan suasana Korea jaman dahulu. Untuk masuk ke Korean Folk Village ini, tiket yang dikenakan adalah 15.000 won untuk dewasa, dan 10.000 won untuk anak-anak. Jadwal lengkap acara bisa disimak di laman KTO atau website Korean Folk Village. 

  1. Source: KTO
    Source: KTO

  2. Namsangol Hanok Village. Khusus Chuseok, ada peragaan Charye, membuat Songpyeon dan juga permainan tradisional Korea yang terbuka untuk umum. Untuk pertunjukan, akan ada Pansori, tarian diatas tali dan Nongak. Untuk masuk ke Namsangol Hanok Village ini pengunjung tidak perlu membayar alias gratis. 

  1. ganggangsullae, a traditional Korean circle dance Source: Hancinema
    ganggangsullae, a traditional Korean circle dance
    Source: Hancinema

    “neolttwigi,” permainan jungkat jungkit tradisional Korea  Source: Koreaherald
    “neolttwigi,” permainan jungkat jungkit tradisional Korea
    Source: Koreaherald

Nah, bagi yang sudah terlanjur akan mengunjungi lokasi wisata yang tidak buka selama Chuseok, bisa mengunjungi lokasi-lokasi wisata yang direkomendasikan tersebut untuk merasakan kebudayaan tradisional Korea.





Source : ayuavenue.wordpress.com

Comments