Ini Dia Pesona Cheonggyecheon Stream di Korea Selatan




Sebelum dibangun kembali pada tahun 2005, Cheonggyecheon Stream di Korea Selatan hanyalah aliran air yang berada di bawah jalan layang. Merupakan bentuk pemulihan kota yang terbesar sepanjang sejarah korea selatan dan sudah ada sejak jaman Dinasti Joseon.

Namun saat ini, tempat tersebut sudah berubah menjadi tempat tujuan rekreasi bagi warga lokal ataupun wisatawan luar. Aliran air Cheonggyecheon sepanjang hampir 11 km ini berada di jantung kota Seoul tepatnya Jongno. Banyak sekali yang bisa kamu nikmati jika berkunjung ke tempat ini.



1. Cheonggye Plaza
Image source: english.triptokorea.com

Cheonghye plaza berada di titik awal dari CheonggyeCheon Stream tepatnya didekat Istana Gyeongbokgung dan Gwanghwamun Square. Ditandai dengan spiral berwarna merah-biru yang di sebut Spring Spiral.

Didalam plaza seluas 2500 meter persegi ini kamu bisa melihat miniatur dari Cheonggyecheon itu sendiri. Selain itu, disana juga terdapat plakat-plakat yang menjelaskan tentang air mancur dan jembatan yang ada di Cheonggyecheon.



2. Cheonggyecheon Museum
Image source: discoveringkorea.com

Museum ini berisi pameran yang menceritakan proses perubahan aliran Cheongyecheon sebelum dan sesudah pembaharuan dari Cheongyecheon.

Disana terdapat rumah sementara yang berisi benda kuno yang digunakan pada tahun 1950 dimana Cheongyecheon masih merupakan tempat tinggal. Benda seperti televisi tua, kotak bekal, kaset, bahkan ruangan yang menyerupai ruang kelas masa itu.


3. Tembok 20.000 Permohonan dan Tembok Seni
 
Image source: sweetandtastytv.com

Diataran jembatan Hwangak dan Ogansu terdapat tembok permohonan sepanjang 15 meter. Dua puluh ribu orang melukis harapan mereka di keramik yang ada di tembok tersebut. Seniman kontemporer lokal pun ikut memamerkan karya seni rupa mereka tentang alam dan lingkungan di tembok-tembok dekat jembatan Ogansu.



4. Menonton pertunjukan air dan lampu
Image source: flickr.com

Saat malam hari air mancur dan air terjun buatan di sepanjang Cheongyecheon akan nyala dengan lampu-lampu yang membuat suasana di sekitar aliran Cheongyecheon menjadi semakin romantis dengan suara gemericik air.


5. Menonton pertunjukkan musik
Image source : dreamersradio.com/dewinn

Sepanjang tahun, area sekitar Cheongyecheon akan penuh dengan musisi lokal jalanan yang berlomba untuk unjuk kebolehan mereka dalam bidang musik. Area ini akan mirip seperti Hongdae pada malam hari karena banyak yang mengadakan pertunjukkan disepanjang jalan.


6. Melewati 22 jembatan sepanjang Cheonggyecheon
Image source: theseoulguide.com

Karena panjangnya aliran cheongyecheon ini, terdapat banyak sekali jembatan yang menghubungkan sisi satu dengan sisi lain dari aliran air. Jembatan yang ada pun bermacam-macam bentuk dan modelnya. Yang paling terkenal adalah jembatan Gwangtong yang merupakan jembatan terbesar di Cheonggyecheon.



 Credit :dreamersradio

























Comments