Saturday, 22 August 2015

Kota Asal Muasal Nama 'Korea' di Korea Utara Ini Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO!





Jika kamu berpikir bahwa di Korea Utara tidak ada objek wisata yang menarik, tunggu dulu! Di negara ‘kembaran’ Korea Selatan ini ada kota Kaesong yang dipilih UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Apa yang istimewa dari kota ini? Rupanya, kota ini punya hubungan yang sangat erat dengan nama Korea sekarang. Hm… kira-kira apa ya?

Kaesong adalah sebuah kota di Provinsi Hwanghae Utara. Kota ini pernah menjadi ibukota Dinasti Koryo yang berlangsung sejak 918 hingga 1392. Dinasti Koryo adalah dinasti yang memberi identitas bagi Korea, sebelum terpecah menjadi Korea Utara dan Korea Selatan. Dari Dinasti Koryo inilah muncul nama Korea.


 
Image source: snipview.com

Kota ini mempunyai banyak peninggalan sejarah, di antaranya kuburan raja-raja Korea, benteng tua, hingga sekolah yang berusia 700 tahun. Di kota ini, total ada 12 situs sejarah yang menjadi jantung berdirinya Korea. UNESCO sendiri menilai Kaesong sebagai kota yang bernilai politis, kultural, filosofis, dan spiritual.

 
Image source: snipview.com

Monumen dan situs-situs bersejarah ini terletak beberapa kilometer dari kawasan industri yang dulu pernah dikelola oleh Korea Utara dan Korea Selatan secara bersama-sama. Namun akibat situasi politis antar kedua negara yang makin memanas, kawasan ini pun ditutup.

Image source: dw.com

Sebelumnya, Kaesong berada di dalam wilayah Korea Selatan. Namun saat Perang Korea terjadi tahun 1950-1953, Kaesong menjadi berada di bawah kendali Korea Utara. Bahkan hingga perang saudara ini selesai, Kaesong masih diduduki Korea Utara. Kaesong pun jadi satu-satunya kota yang berubah kepemilikan akibat perang saudara ini.



Source :dreamers

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah memberikan komentar dihalaman IniSajaMo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...