Monday, 28 December 2015

Prestasi Hingga Kontroversi yang Warnai Jagat Musik K-Pop 2015

 


Sepanjang 2015 tampaknya pantas disebut sebagai tahunnya musik K-Pop. Pasalnya, mulai awal hingga akhir tahun sejumlah boyband dan girlband baru debut di bawah bendera beberapa agensi ternama, sebut saja Seventeen (II) dari Pledis Entertainment, iKON (YG Entertainment) hingga Twice (JYP Entertainment). Selain idol baru, nama-nama lama pun kembali menghiasi jagat musik K-Pop seperti Super Junior, VIXX, Bangtan Boys, Big Bang, EXID, Girls' Generation dan masih banyak lagi termasuk penyanyi solo IU serta grup band seperti CN Blue.

Mulai dari debut dan comeback-nya para idol tersebut, beberapa diantara mereka sempat menuai kontroversi. Tak hanya mendulang prestasi, idol-idol ini juga merasakan manis hingga pahit pujian dan kritikan netter. Berikut ini rangkuman boyband, girlband maupun solois dengan prestasi dan kontroversi sepanjang 2015:

1. Perilisan album "MADE" Big Bang

Grup band yang satu ini rupanya tak pernah kehilangan pesona mereka. Siapa lagi kalau bukan Big Bang. Sejak awal 2015, G-Dragon cs telah menelurkan album bertajuk "MADE" yang dirilis bertahap dalam "M", "A", "D" dan "E". Sepanjang tahun, lewat berbagai lagu di album tersebut, mereka berhasil meraih rangking pertama di chart-chart musik top Korea dan dunia internasional. Usai merilis rangkaian single "MADE", kelima personil kemudian membuat gempar K-Pop lovers dengan mengadakan konser tur. Big Bang bahkan menutup tahun ini lewat prestasi membanggakan dengan memboyong trofi untuk sejumlah kategori di MAMA 2015.

2. Lirik lagu "Zeze" IU

Penyanyi IU comeback dengan merilis mini album bertajuk "Chat-Shire". Salah satu track yang berjudul "Zeze" dalam album itu beberapa waktu lalu menjadi pembicaraan publik karena liriknya dinilai berbau seksual. IU juga sempat diprotes penulis novel "My Sweet Orange Tree" terkait tokoh Zeze dalam novel tersebut yang dianggap dipersepsikan secara berbeda oleh IU. Selain lirik lagu yang jadi sorotan, teaser "Zeze" juga mengundang perhatian karena dituduh plagiat. Akibat kontroversi tersebut, IU juga sempat menjadi pembicaraan media Internasional.

3. Lirik "Rhythm Ta" iKON Sindir para Idol

Grup boyband iKON yang baru saja debut dengan "Welcome Back" sejak awal memang mencuri perhatian publik. Hal ini tak hanya karena para personil yang terdiri atas pria-pria tampan melainkan juga karena karya mereka menuai kontroversi. Sebut saja lirik dari salah satu single berjudul "Rhythm Ta". Penggalan lirik yang dinyanyikan secara rap oleh Bobby ini dituding berisi sindiran untuk para idol. Netter kemudian menghujat lantaran menilai mereka sebagai idol seharusnya tidak menyindir grup atau personil lain.

4. Single "I" Tae Yeon mirip lagu India "Vaadi Pulla Vaadi"

Member Girls' Generation, Tae Yeon beberapa waktu lalu meluncurkan album solo bertajuk "I". Lewat single berjudul sama dari album tersebut, ia membuat fans terkagum-kagum dengan vokalnya yang luar biasa. Namun di balik lantunan suaranya, ia justru diterpa isu plagiarisme. Single "I" yang sempat memuncaki berbagai chart musik itu dituding menjiplak sebuah lagu India berjudul "Vaadi Pulla Vaadi" yang dibawakan oleh Hiphop Tamizha. Tak berapa lama, isu tersebut pun mereda lantaran adanya klarifikasi dari pencipta lagu.

5. MV "Automatic" Red Velvet

Girlband asuhan SM Entertainment, Red Velvet kembali mencuri perhatian setelah comeback dengan album "The Red" pada September lalu. Sebelum comeback dengan "The Red", Seulgi cs sempat merilis album "Ice Cream Cake" di awal 2015. Salah satu lagu dalam album tersebut yaitu "Automatic" rupanya cukup mencuri perhatian netter. Hal ini disebabkan imej para member dalam video musik "Automatic" yang dinilai berubah drastis. Netter menganggap imej yang dihadirkan terlalu seksi untuk member girlband seusia mereka.

6. MV "Twenty Three" IU

Masih soal IU, tapi kali ini berkaitan dengan video musik lagu "Twenty Three" yang merupakan single utama dari mini album "Chat-Shire". Netter "menangkap basah" single IU yang disebut mirip dengan lagu "Gimme More" Britney Spears. Tudingan netter tak berhenti sampai di situ, mereka juga menganggap lagu lain di album barunya merupakan hasil plagiat. Selain disebut plagiat, video musiknya pun dinilai mengandung unsur-unsur seksual.

7. HyunA Tampil Seksi di Berbagai MV

Imej seksi bagi idol K-Pop yang satu ini tampaknya belum hilang. Ia adalah HyunA 4minutes. HyunA kerap tampil seksi baik semenjak bernyanyi solo. Konsep itu terus dipertahankan hingga sekarang baik ketika menyanyi secara solo maupun berkolaborasi. Sebut saja dalam salah satu MV single "Because I'm The Best", lagu kolaborasinya HyunA dengan Ilhoon BTOB. Selain Ilhoon, ia juga tampil sensual ketika berkolaborasi bersama Jay Park. Akibatnya, ia pun sempat membuat para fans terutama penggemar pria merasa bosan.

8. iKON Bersaing dengan Seventeen dan G-Friend di Grup Rookie Paling Mencuri Perhatian

Kehadiran grup rookie iKON, Seventeen (II) dan G-Friend semakin menambah warna di jagat musik K-Pop. Selain bersaing dalam mengeluarkan karya, mereka juga berlomba-lomba merebut perhatian fans. Untuk yang satu ini, bakat masing-masing personel ketiga grup tersebut tampaknya telah sukses mencuri perhatian banyak orang. Tak hanya bakat, nama iKON dan G-Friend sempat heboh jadi bahasan publik lantaran tersandung skandal dan insiden jatuh yang mendunia. Kendati demikian, grup-grup rookie ini mampu menunjukkan kemampuan mereka di hadapan fans.

9. Netter heboh Lagu "Cry Cry" T-ara Di-recycle Vicky Shu

Demam K-Pop di Indonesia rupanya tak hanya menjamur di kalangan masyarakat biasa. Seorang penyanyi ternama Tanah Air, yakni Vicky Shu pun ikut terjangkit virus K-Pop. November lalu, Vicky meluncurkan single baru bertajuk "Cry Cry" yang sempat membuat heboh dunia maya. Pasalnya, lagu tersebut mirip dengan milik girlband T-ara berjudul sama. Meski sempat diterpa isu plagiat, Vicky akhirnya buka suara dan mengaku telah membeli secara resmi "Cry Cry" T-ara.

10. Foto Comeback Bangtan Boys Mirip Big Bang?

Menjelang akhir tahun 2015, sejumlah boyband dan girlband memutuskan untuk comeback tak terkecuali Bangtan Boys. BTS kembali mengobati kerinduan penggemar dengan merilis "HwaYangYeonHwa Part 2" pada November lalu. Akan tetapi, comeback tersebut justru sempat menuai kontroversi lantaran foto-foto BTS dituding plagiat Big Bang. Tak cuma itu, Suga juga menjadi sorotan netter gara-gara topi fedora yang dikenakannya ternyata juga pernah dikenakan G-Dragon. Meski begitu, sejumlah netter membela BTS dengan menganggap kemiripan itu sebagai sesuatu yang tidak disengaja.
 
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah memberikan komentar dihalaman IniSajaMo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...