Akar yang Menumbuhkan Daehanminguk, Baekbum Kim Gu


Harapanku Adalah Kemerdekaan Daehanminguk
Kata 'perdamaian' cukup mudah untuk diucapkan di era ini, namun 100 tahun lalu, kata itu berarti 'pengorbanan' bertaruh nyawa. Di dalam sejarah modern yang dinodai kesengsaraan, ada seorang warga Korea yang memiliki satu harapan.




Jika dewa di langit bertanya 'harapan apa yang anda miliki?', saya akan menjawab tanpa ragu-ragu 'harapan itu adalah kemerdekaan Daehanminguk'. Jika bertanya lagi 'harapan kedua apa?', saya akan menjawab 'kemerdekaan negara, dan jika mendapat pertanyaan ketiga 'harapan ketiga apa?', saya akan mengatakan 'harapanku adalah kemerdekaan Daehanminguk yang sempurna dan mandiri'.

Walaupun ratusan kali mendapat pertanyaan, dia tetap mengatakan bahwa harapannya adalah kemerdekaan Daehanminguk. Siapa dia yang sangat menginginkan kemerdekaan Korea itu ? Dia adalah Baekbum Kim Gu yang mengorbankan dirinya demi kemerdekaan negara.

Dari Changam Menjadi Baekbum
Kim Gu lahir di Haeju, propinsi Hwanghae pada tahun 1876, saat perjanjian Ganghwa disepakati dengan Jepang secara paksa. Saat dia berusia 18 tahun, dia mengambil bagian dalam Donghak atau Pembelajaran Timur, sebuah gerakan agama baru. Saat permaisuri Myeongseong dibunuh oleh pemerintah Jepang, Kim Gu membunuh letnan jenderal Jepang yang mengubah penampilannya sebagai orang Joseon, sehingga dia dihukum mati setelah ditangkap oleh polisi Jepang.

Namun, karena dia adalah utusan khusus dari raja Gojong, maka hukuman mati dibatalkan. Dia dipenjara untuk ketiga kalinya karena terlibat dalam gerakan kemerdekaan. Setelah melewati masa remaja di dalam penjara, dia membuat nama pena baru, Baek bum, 'Baek' dari 'Baekjeong' yang berarti status sosial yang paling rendah, dan 'Bum' yang berarti 'orang awam'. Nama pena itu mengandung arti 'orang Baekjeong yang rendah dan orang awam yang memiliki patriotisme'.

Menghidupkan Kembali Semangat Kemerdekaan Yang Semakin Sirna
Setelah gerakan kemerdekaan 1 Maret, Baekbum pergi ke Shanghai dan mengambil bagian untuk mendirikan pemerintahan sementara. Dia membesarkan pemerintahan sementara dengan menduduki jabatan utama, dan akhirnya, dia memperoleh peluang untuk memperkenalkan gerakan kemerdekaan Korea kepada masyarakat dunia. Setelah membentuk kelompok kemerdekaan anti Jepang, dia menjalankan perjuangan anti Jepang meliputi gerakan Lee Bong-chang di Tokyo bulan Januari 1932, gerakan taman Honggu dari Yun Bong-gil bulan April tahun 1932, dll. Setelah terpilih sebagai kepala pemerintahan sementara tahun 1940, dia terus melancarkan perjuangan anti Jepang, dan akhirnya tahun 1945, kemerdekaan Korea terwujud.
Ah, BaekbumBaekbum yang memimpin pemerintahan sementara di Shanghai, Cina selama hampir 30 tahun, pulang ke Korea bulan Nopember 1945. Namun, pemerintahan sementara tidak dapat diakui oleh pemerintahan militer AS, sehingga Baekbum melancarkan kegiatan kemerdekaan tahap kedua untuk mewujudkan kemerdekaan sempurna tanpa perwalian AS. Namun, impiannya untuk membangun negara merdeka yang mandiri tidak dapat terwujud akibat terbagi duanya Semenanjung Korea. Tanggal 26 Juni 1949, Baekbum meninggal dunia akibat ditembak oleh perwira An Du-hee.

Jejak Kaki Yang Saya Buat Hari Ini Menjadi Jalan Bagi Orang Berikutnya
Buku Berjudul 'Catatan Harian Baekbum' yang mulai diterbitkan tahun 1947 masih menggerakkan hati masyarakat Korea. Di dalam buku biografi yang ditulis selama 20 tahun itu, terdapat tulisan sebagai berikut.

Jika ada sesuatu yang saya sumbangkan untuk kegiatan kemerdekaan, barangkali kegiatan itu dapat dilakukan oleh siapa saja jika mereka orang Korea. Saya percaya bahwa ada banyak remaja yang memiliki rasa patriotisme dan melakukan kegiatan yang bermakna. Namun, satu harapan yang lebih besar adalah semua orang melakukan jerih payah untuk negara ini. Dengan demikian, saya menyumbangkan buku ini kepada rakyat Korea.

Walaupun dia berusaha untuk mewujudkan kemerdekaan dan perdamaian sepanjang tahun, namun Baekbum mengatakan bahwa dia hanya mempraktekkan sesuatu yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Jejak kaki Baekbum dalam perjalanan sejarah telah menjadi jalan bagi generasi berikutnya. Jalan itu tiada lain adalah Daehanminguk saat ini.


soource:kbs world