Gang pasar bahan obat-obatan tradisional Korea




Ada satu tempat khusus masyarakat Korea Kalau lagi sakit tiada lain adalah Yakryongsi Seoul, Ini adalah gang pasar bahan obat-obatan alami tradisional Korea yang terletak di kecamatan Jegi kotamadya Dongdaemun Seoul.

Jika kita tiba di gang pasar bahan obat-obatan tradisional itu, maka bau obat-obatan tradisional akan menerpa penciuman kita. Bahan obat-obatan alami yang biasanya berasal dari tumbuh-tumbuhan obat yang dikeringkan dimasudkan ke dalam karung yang besar di setiap toko. Ya..., kita akan menemukan baik bahan obatan-obatan alami yang sudah terkenal, termasuk Kamcho, akar sejenis tumbuhan kacang yang dikeringkan, maupun yang terasa asing karena jarang ketemu. Daun bunga krisan yang dikeringkan, beraroma harum, sehingga dapat diminum seperti teh. Buah-buahan berbentuk bulat yang tidak terkenal juga tergantung di depan toko-toko bahan obat-obatan.

Di Yakryongsi Seoul, pasar bahan obat-obatan tradisional Korea itu ada 270 buah rumah sakit dengan dokter tradisional, sekitar 3 ratus buah apotik atau toko pembuatan obat dengan bahan obat-obatan tradisional, 80 buah toko perdagangan ekspor-impor bahan obat-obatan Korea, serta 80 buah toko grosir dan lebih dari seratus buah toko yang terkait lainnya. Seperti itu, jumlah bahan obat-obatan yang beredar di Yakryongsi Seoul itu bukan main, mencapai 70 persen dari keseluruhan jumlah sirkulasi di negeri Korea. Yakryongsi Seoul dapat disebut sebagai kompleks obat-obatan tradisional Korea yang terbesar di dalam negeri. Sementara, jumlah jenis bahan obat-obatan tradisional Korea yang diperjual-belikan di gang Yakryongsi tersebut melampaui 5 ratus jenis.





Menurut buku sejarah kerajaan Chosun, "Sejong Silok", pemerintah kerajaan Chosun di awal kerajaan menempatkan wisma Bojewon, badan penyelamatan pasien yang menderita kemiskinan dan tidak berkeluarga, dan juga menyajikan penginapan bagi turis di kawasan kecamatan Jegi itu. Di kawasan itu masih ada monumen Bojewon. Setelah itu, bahan tumbuhan obat yang diproduksi dan diambil dari seluruh pelosok dalam negeri dibawa ke tempat itu dan toko-toko yang mengelola bahan obat-obatan bermunculan, sehingga daerah itu menjadi gang pasar Yakjonsi secara alami. Tempat itu pada umumnya disebut sebagai pasar Kyongdong, namun dirubah dengan nama Yakryongsi Seoul mulai bulan Juni tahun 1995 lalu. Jika orang meminta kepada apotik di situ untuk merekomendasi obat yang mudah dimakan dan efeknya baik, maka ia biasanya menawarkan Sibjondaebotang, cairan obat setelah menggodok 10 jenis bahan obat-obatan tradisional Korea, termasuk ginseng. Obat itu membantu sirkulasi darah dan stamina serta baik untuk mencegah masuk angin.




Nah kalau butuh obat-obatan tradisonal coba deh pergi kesini.







source:KBS