Samulnori


Apakah anda juga sudah ikut di acara 'Pekan Pertukaran Budaya Indonesia-Korea 2010' yang berlangsung minggu lalu di Jakarta? Semoga acara seperti itu dapat mempererat hubungan antara Korea dan Indonesia dan juga dapat diteruskan pada tahun-tahun ke depan.

Jika anda sudah ikut di acara 'pekan pertukaran budaya Indonesia-Korea' ini, mungkin anda sudah sempat melihat pertunjukan Samulnori dari grup yang beranggotakan warga Korea yang tinggal di Indonesia. Mungkin masih ada yang belum tahu dengan 'Samulnori' ya?

Samulnori adalah permainan alat musik perkusi tradisional Korea, dan kata 'Samulnori' sendiri bermakna 'permainan 4 alat musik tradisional Korea'. Asal Samulnori adalah sebenarnya 'Nongak' yaitu permainan alat musik tradisional Korea. Dalam jumlah besar massa pada masa silam, musik tradisional ini dimainkan untuk membangkitkan semangat para petani di desa atau pada hari raya. Nongak ini disingkat dan dimodernisasi sedikit menjadi 'Samulnori'.

Di Korea juga kini dapat menikmati perunjukan Samulnori di 'Festival Korea in Motion' yang diselenggarakan di Seoul sampai akhir Oktober ini. Khususnya pada tgl. 24 mendatang, para penonton dapat menikmati panggung pembukaan acara hari itu yang diisi dengan pertunjukan Samulnori dan Nanta dengan gratis di depan museum nasional Korea. Kalau anda mengunjungi Korea saat itu atau bagi yang tinggal di Korea saat ini coba mengunjunginya.







source:KBSNW

Comments