Mari Mengenal Korean Fried Chicken!

Korea adalah surga pengiriman makanan alias delivery service.
Mulai dari Pizza, jjajangmyeon (자장면), jokbal (족발), kaki babi, hamburger, ayam goreng, gimbap (김밥) , tteokbokki (떡볶이), sup dan rebusan, hweh () , naengmyeon (냉면), makanan korea lengkap dengan nasi dan banchan (반찬); semua tersedia.
Diantara semuanya , yang paling terkenal adalah ayam goreng , ya ayam goreng memang rajanya delivery service di tiap negara saya rasa. Sudah banyak merk-merk terkenal seperti Kentucky Fried Chicken atau California Fried Chicken yang mengadakan sistem ini.
Tidak tahu kapan awal mulanya ayam goreng ini menjadi terkenal , meskipun pada acara-acara khusus ayam panggang utuh (tong dak, 통닭) masih ada dihidangkan. Namun saat ini di Korea orang lebih cenderung ke ayam goreng mungkin karena kemudahannya dan untuk membedakannya dengan tong dak , namanya dalam bahasa inggris chicken (치킨, pronounced cheekeen).

Sejumlah waralaba delivery ayam goreng saat ini sudah banyak di Korea, mereka mempunyai resep dan bumbu sendiri dan saling berlomba meraih pangsa pasar. Dalam menu yang ditawarkan akan ditemukan resep asli yakni ayam yang disiram dengan berbagai saus (gurih, manis, pedas) apakah mau kaki saja, sayap saja atau kombinasi keduanya atau tanpa tulang dan juga sesekali dengan tong dak.

Ayam goreng Korea dibuang kulitnya lalu dicelupkan kedalam adonan tepung dan memakai sedikit minyak. Kalau sudah merasakannya pasti akan kecanduan.

Kyochon's original wing set
Waralaba ayam goreng pertama di Korea adalah Kyochon. Kyochon pertama kali memperkenalkan ayam goreng mereka 20 tahun yang lalu. Ayam goreng mereka sangat gurih dengan bumbu bawang putih dan kedelai, dan memiliki rasa asli Korea. Mereka dianggap sebagai waralaba pertama yang menawarkan bagian-bagian terpisah misalnya sayap saja atau kaki saja.

BBQ's original sauced chicken set
BBQ adalah salah satu waralaba tertua, biasanya dikenal dengan ayam saos mereka. Tidak hanya untuk BBQ, satu set pengiriman biasanya terdiri dari ayam pilihan, sebuah lauk yakni acar  mu  (lobak korea).
dan sekaleng soda , biasanya Pepsi. Pepsi memiliki semua kontrak eksklusif dengan semua waralaba di Korea,( saya belum pernah melihat hal lain selain Pepsi).
Biasanya mereka juga akan memberikan bir (biasanya 1000 cc atau lebih) sebagai minuman favorit untuk menemani ayam goreng. orang Korea biasa menyebutnya chi-maek (치맥), singkatan dari "chicken " dan maekju (맥주, beer).


Spicy hot chicken from Pelicana
Pelicana adalah juga salah satu waralaba ayam tertua. Mereka mulai dengan menjual tong dak di tahun 80'an.
Mereka juga terkenal dengan ayam saosnya, terutama saus ultra pedas. ( waralaba lain menawarkan saus pedas juga tapi Pelicana adalah yang terenak ).
Kadang-kadang mereka menyebutnya 'bul dak' (불닭, fire chicken) karena tingkat pedasnya yang bisa membuat kita mengeluarkan airmata dan mulut seperti terbakar. Jadi kalau kamu suka yang pedas-pedas, silahkan coba ayam goreng Pelicana.

Goobne's original set
Setiap waralaba ayam pasti mempunyai metode kemasan yang berbeda. Nah, coba lihat punya Goobne ini , sangat rapi kemasannya, makanan terlihat tidak bercampur dan membuat pengirimannya juga tiba dengan rapi dan tepat. Goobne adalah pendatang baru di waralaba Korea tapi sudah mendapat popularitas karena menu bukan karena jenis ayam gorengnya tapi karena ayam oven mereka

ayam oven dari  Goobne


Item terbaru yang trendi saat ini adalah 'pa dak' (파닭) – yakni ayam dengan daun bawang hijau yang diiris memanjang.Bentuknya seperti salad dan  meskipun sebagian waralaba menawarkan versi ini di menu mereka,beberapa waralaba baru hanya mengkhususkan 'pa dak' disana sini.

Pa dak, ayam dengan irisan bawang hijau



salah satu lauk tambahan di setiap pengiriman ayam yakni acar mu dapat dipesan terpisah


Super Junior for Kyochon
Waralaba ayam yang besar dan terkenal biasanya mempunyai bintang selebriti sebagai spokesmodel mereka.
Spokesmodel ini bertugas sebagai yang memperkenalkan merek ayam yang mereka wakili ke media massa utamanya dalam iklan-iklan , iklan tv dan sebagainya. Dan gambar mereka akan menghiasi setiap kemasan waralaba yam yang mereka iklankan sehingga orang-orang akan lebih tertarik pada makanan yang mereka iklankan. Saat ini Idola Kpop adalah pilihan para waralaba ayam dalam memperkenalkan produk mereka.
Dan salah satunya adalah Super Junior  yang menjadi spokesmodel untuk Kyochon tahuin 2010.


Girls' Generation for Goobne
Girls Generation adalah spokesmodel bagi Goobne. Ini adalah salah satu gelas promosi mereka selama musim liburan tahun lalu. Girls generation juga ada di wallpaper tahun 2011.


Oh ya , satu hal yang menarik dan tidak boleh kamu lupakan adalah mengumpulkan kupon yang biasanya diberikan kalau kita memesan ayam ini. Kalau rajin mengumpulkan dan sesuai jumlah , bentuk dan ukuran tertentu biasanya kita bisa memenangkan hadiah yang disediakan oleh sang waralaba ayam paling tidak biasanya gratis satu paket ayam.

Nah selamat menikmati pesanan anda...berikut ini terlampir link untuk waralaba ayam goreng yang ada di Korea, siapa tahu mau pesan?? (kapan nyampenya ke Indonesia ya, keburu basi hehehe..)

BBQ : http://www.bbq.co.kr
Bodram : http://www.bodram.com/
Cheogajip : http://www.cheogajip.co.kr/
DD chicken : http://www.ddck.co.kr
Duldul (Twotwo) Fried Chicken : http://www.22chicken.co.kr
Goobne : http://www.goobne.co.kr/
Kyochon : http://kyochon.com/main.asp
Mexicana : http://mexicana.co.kr
Mom's Touch : http://momstouch.co.kr/
Motmalineun (MN) Padak : http://www.mn-padak.com/
Ne Ne Chicken : http://www.nenechicken.com/
Padakemucheo (PDPM) : http://www.pdpm.co.kr/
Pelicana : http://www.pelicana.co.kr/
Toreore : http://www.toreore.com/


Source : blog.korea.net/?p=219...

Comments