Taman Tema Budaya Sains - Museum Sains Nasional Gwacheon



Di negara kuat di bidang sains meliputi AS, Eropa, Jepang, dll, terdapat banyak museum sains yang memperkenalkan prinsip teknologi sains, perkembangannya dan penampilan masa depan yang semakin maju lewat sains.

Museum sains berbeda dengan museum biasa karena dapat menyaksikan standar teknologi ilmu pengetahuan negara tertentu secara langsung. Mari kita menuju ke Museum Sains Nasional Gwacheon yang dapat menikmati budaya sains Korea Selatan.


Museum Sains Nasional Gwacheon dibuka pada tanggal 14 November 2008.  Lokasinya dekat dengan Seoul Grand Park station  subway jalur 4. Berdiri di atas tanah seluas 244.000 meter persegi.
Museum ini disebut juga Scientorium. Dirancang dengan konsep " sentuhan alam semesta". Ada lebih 4200 jenis display pameran dari 685 subyek yang ada. Diantaranya yang ditampilkan adalah exhibit halls – basic sciences, advanced technology, science park for kids, hall of fame, traditional sciences, dan  natural history. selain itu ada outdoor science plaza, ecological facilities, dan  astronomical facilities. Pengunjung asing bisa menyewa headset dilengkapi dengan pemandu wisata bahasa inggris dan informasi museum.


 - Exhibit hall berukuran tinggi 32 meter dan luas 400 meter.Sangat luas sehingga tidak akan cukup satu hari untuk melihat semua display yang ada.




- Basic Science Hall ada di lantai pertama , disini ditampilkan bagian dari ilmu murni seperti matematika, fisika,kimia, biologi, dan geologi. Disini kita dapat melihat langsung dan merasakan bagaima kilat dan guntur, ditampilkan bagaimana kekuatan ledakan  petir berkekuatan empat juta volt. Disini juga ada ruang gempa dimana kita bisa merasakan gempa bumi karena disediakan ruang simulasi dan video empat dimensi.


- Advanced technology exhibit ada diseberang basic Science Hall ,disini ditampilkan display bioteknologi, informasi dan perkembangan komunikasi, eksplorasi ruang angkasa .Tempat ini terdiri dari dua lantai.


- Science Park for Kids dirancang untuk mengenalkan konsep-konsep ilmiah pada anak-anak.

- Traditional Sciences  adalah tempat untuk melihat ilmuwan-ilmuwan korea jaman dahulu, seperti  Hong Dae-yong seorang sarjana di era Joseon yang menulis tentang Kiryukocha yakni alat ukur semi otomatisyang memeberitahu jarak dengan membunyikan drum setelah rentang tertentu. Di jaman kini inilah yang disebut  tachometer. Ada juga sistem pemantauan global yang disebut SOS dibagaian sejarah alam. perubahan suhu lapisan ozon, arus laut, awan dan lingkungan alam lainnya.



 - Observatory features menampilkan berbagai konstelasi bima sakti yang semuanya diproyeksikan kedalam layar kubah berukuran 25 meter. Observatorium ini memiliki berbagai alat astronomi seperti teleskop optik 100 cm , teleskop radio 7,2 meter, dan teleskop matahari.


- Ecological Learning Area adalah tempat favorit anak-anak karena disini terdapat taman dinosurus dengan berbagai model dinosaurusnya.

Demikianlah Museum Sains Nasional Gwacheon telah menghadirkan pembelajaran ilmu pengetahuan bagi kita dengan cara yang menyenangkan.


Touring Korea KBS