Geomungo(거문고)

Geomungo adalah salah satu jenis instrumen musik gesek tradisional Korea dan dibuat oleh Wang San-ak dengan meniru Chilhyeongeum yang dikirimkan Cina zaman dinasti Goguryeo. Nama Geomungo atau Hyeongeum yang bermakna alat musik berwarna hitam ini berasal dari sebuah legenda. Ketika Wangsan-ak bermain, bangau hitam terbang dan menari diiringi bunyi Geomungo. Namun ada sarjana yang mengatakan bahwa nama Geomungo bermakna, alat musik gesek dari Goguryeo.
Bentuk Geomungo sangat mirip dengan Gayageum, alat musik yang berdawai 12. Geomungo dibuat dari kayu paulownia atau kastanya dan 16 potongan kayu keras yang disebut 'gwe' berdampingan berturut-turut di atasnya. Kemudian 6 senar yang terbuat dari benang sutera ditempatkan di atasnya. Gemungo dimainkan dengan cara memukul atau memetik senar dengan menggunakan sebuah tongkat bambu yang disebut 'suldae'.
Geomungo suka dimainkan oleh kaum cendekiwan pada zaman dahulu untuk menenangkan perasaan dan pikirannya. Namun pada zaman akhir dinasti Joseon, Geomungo memainkan musik rakyat dengan bunyi yang lebih beragam.






KBS History/IniSajaMo

Comments