Top 10 Korean Ramyeon Noodles


Bila Anda seorang anak Korea, hal pertama yang Anda pelajari cara dalam memasak adalah memasak ramyeon (라면), mie instant dengan sup. Kayaknya gak beda jauh dengan Indonesia deh.. Anda meletakkan panci di atas kompor, biarkan mendidih, tambahkan bahan dalam paket dan mie, tambahkan bahan tambahan jika Anda inginkan, biarkan mendidih selama beberapa menit lagi, dan kemudian sllluuurrrp...! (Menyeruput belum tentu kasar di Korea, by the way.) Anda juga akan makan ramyeon jika Anda tidak punya waktu untuk memasak, lapar di  tengah malam, terjebak dalam kamar hotel pada perjalanan bisnis di luar negeri dan buat yang rindu  rasa rumah, atau kantong lagi pas-pasan karena nasib jadi anak kost alias boookkeekk...

Ramyeon Instan dikemas dalam  sebuah paket bubuk sup, dan geondeogi (건더기) paket yang merupakan himpunan sayuran beku kering dan bahan lainnya. Bahan ini menentukan karakteristik ramyeon itu. Ramyeon adalah sebagai penting untuk diet Korea seperti nasi dan kimchi, sehingga tidak mengherankan ada varietas yang berbeda yang tersedia di pasar, semua dengan selera dan gaya khusus mereka. ( Tidak beda jauh lah dengan Indomie..seleraku...)

Berikut ini adalah macam-macam ramyeon Korea. Berdasarkan total penjualan dan kekuatan merek

1. Samyang ramyeon (삼양 라면)

Ramyeon Korea tertua  original Samyang
Diluncurkan pada tahun 1963, Samyang ramyeon (삼양 라면) adalah merek ramyeon tertua Korea. Kemasan dan formula sup telah berubah sedikit sejak itu tetapi yang paling mirip dengan rasa budaejjigae (부대 찌개). Mie yang kenyal menyenangkan, tapi tekstur berfluktuasi dengan jumlah air yang digunakan dan waktu saat memasak, beradaptasi dengan baik untuk preferensi si juru masak, bahkan lebih dibandingkan dengan ramyeon lainnya. Oleh karena itu, mie ramyeon Samyang yang paling sering digunakan ketika membuat tidak hanya jjigae budaejjigae tetapi lainnya; begitu banyak sehingga perusahaan mulai menjual mi saja (tanpa paket sup) .Ramyeon Samyang betul - betul  "asli " ramyeon. Jadi kalau tidak suka ada campuran rasa apapun mie ini yang paling tepat.


2. Shin ramyeon (신라면)
 
Spring onions, egg, and jeotgal added to Shin ramyeon
Meskipun Samyang ramyeon adalah yang tertua, tidak ada keraguan apapun bahwa dalam dunia ramyeon, ramyeon Shin (신라면) adalah raja. Diluncurkan pada tahun 1986, masih merupakan ramyeon terlaris sepanjang masa, dengan pangsa pasar nya  25% dari pasar ramyeon keseluruhan. Ini adalah ramyeon yang paling diinginkan oleh orang korea kalau berada diluar korea. Ramyeon ini seperti Kpop, membuat ketagihan yang tiada habisnya dan selalu dirindukan .

Jadi apa yang membuat ramyeon ini begitu istimewa? The 'shin' () hanya berarti "pedas / panas". Jika Anda terbiasa dengan makanan Korea, Anda mungkin sudah tahu bahwa pedasnya dalam makanan Korea datang dalam berbagai tingkat dan aftertastes berbeda. Ada pedas panas yang bikin  lidah Anda semua geli, ada juga pedas hangat yang meninggalkan rasa manis gurih di belakang. Pedasnya Shin ramyeon adalah campuran keduanya.  Sup  daging sapi dan jamur shiitakemenambah nikmatnya.

Saking terkenal dan larisnya,  ramyeon ini sampai punya website sendiri.Silahkan kunjungi,  disini


3. Neoguri (너구리)

Sayuran dan telur dalam ramyeon Neoguri
Neoguri (너구리) berarti "rakun" dalam bahasa Korea, tetapi perusahaan tidak pernah cukup menjelaskan alasan di balik penamaan ini, bahkan ketika mereka pertama kali meluncurkan produk pada tahun 1982. Ramyeon ini tercatat untuk slogannya komersial "Ambil gemuk rakun dengan Anda", mengacu pada mie nya. Neoguri memiliki mie tebal di antara semua jenis ramyeon . Sup ini rasa gurihnya berasal dari dashima  
(다시마, rumput laut). Ramyeon ini punya rasa lembut dan pedas.

  
4. Ojingeo Jjampong (오징어 짬뽕)

abalone, bawang, dan keju dalam Ojingeo Jjampong
Ojingeo Jjampong (오징어 짬뽕) adalah versi modifikasi ramyeon dari hidangan Cina populer Koreanized dari jjampong cumi. Mie nya tebal dari mie ramyeon biasa dan rasanya tidak terlalu pedas jadi cocok buat anak-anak. ramyeon ini juga terkenal sebagai obat mabuk dipagi hari.


5. Anseongtang-myeon (안성탕 면)

Daun bawang dan telur dalam anseongtang myeon
Anseongtang-myeon (안성탕 면) ini namanya sesuai kota tempat pabrik sup ramyeon ini terletak. Sup ini didasarkan pada rasa ugeoji jangguk (우거지 장국, sup sayuran hijau daun) yang dijual di pasar negara-negara tradisional, , kaya, dan bergizi. Anseongtang-myeon  hanya dengan paket rasa sup tunggal dan tidak ada geondeogi (kabar baik bagi mereka yang tidak suka sayuran tertentu seperti jamur). Sup ini walaupun ringan tapi sedikit pedas.


6. Masineun ramyeon (맛있는 라면)

Ramyeon Masineun (맛있는 라면) secara harfiah berarti "ramyeon lezat". Diluncurkan pada tahun 2007, hanya beberapa saat setelah  ramyeon ini muncul di pasaran, popularitasnya telah berkembang cukup mantap. Ramyeon ini  memiliki berbagai bahan nabati - ada 60 macam yang tertulis pada kemasan - seperti wortel, bok choy, brokoli, dan jamur shiitake. Mienya memiliki unsur minyak yang sedikit dibandingkan dengan ramyeon lainnya dan supnya tidak berasa daging. 





7. Jin ramyeon (진라면)

Cuma teridri dari telur dan daun bawang
Jin ramyeon (진라면) termasuk mie yang agak berat karena punya rasadaging sapi tebal dan terdiri dari dua macam pedas dan lembut (non-pedas). Mienya terasa kenyal .Versi lembut biasanya diberikan oleh ibu-ibu kepada anak-anak mereka. 

 8.Mupama (무파마)

Mupama (무파마) terasa  ​​dari daging sapi dan  mu (, Korea lobak), pa (, bawang daun), dan maneul (마늘, bawang putih) sehingg  menciptakan rasa yang dalam dan bersih, mengingatkan pada daging sapi tradisional dan mu sup (mu guk, 무국). Paket ramyeon ini  hampir penuh, sehingga iklan selalu mengatakan tidak perlu untuk menambahkan bahan lainnya.
 
9. Wang Ttukkeong (왕뚜껑)

"Big Lid" cup ramyeon
Seiring dengan ramyeon yang di masak diatas kompor, selalu ada jenis yang benar-benar instan. Wang Ttukkeong (왕뚜껑) secara harfiah berarti 'tutup besar' itu karena tutupnya berukuran besar . Karena banyak orang suka makan ramyeon dengan menambahkan semangkuk nasi dingin ke sup yang tersisa setelah semua makan mie, seseorang dari departemen pemasaran ramyeon berpikir bahwa orang-orang yang tidak bisa  memasak ramyeon pasti juga ingin menambahkan beras untuk ke dalam mankuk ramyeon mereka sehingga lahirlah  ide cemerlang ini. Mienya sangat tipis dan keriting, dan sedikit pedas. Biasanya juga ditambahkan kimchi kedalamnya.


10. Kimchi Sabalmyeon (김치 사발 면)
 
Kimchi Sabalmyeon (김치 사발 면) adalah ramyeon dan dikemas dalam satu paket. Minya tipis dan kimchi yang diolah supaya dapat menyerap air dengan cepat, . Mungkin akan lebih akurat untuk mengatakan ini adalah ramyeon dengan sup rasa kimchi.

Kertas tutup ramyeon dilipat menjadi kerucut dan digunakan sebagai pemegang darurat untuk mendinginkan mie , ini adalah trik Korea yang  umum digunakan, terutama jika ramyeon sedang dikonsumsi di luar ruangan atau di lingkungan dimana peralatan lainnya tidak tersedia.


Ramyeon Terhormat
Shin ramyeon hitam (신라면 블랙)


Popularitas ekstrim ramyeon Shin mungkin alasan di balik ini pemilihan jenis ramyeon . Pada bulan April  untuk memperingati ulang tahun ke-25 ramyeon Shin, Shin ramyeon hitam (신라면 블랙) telah membuat rekor penjualan di bulan pertama peluncurannya. walaupun harganya berlipat ganda dari ramyeon biasa.

Harga itu cukup kontroversial. Meskipun perusahaan menekankan penggunaan bahan high-end (ada paket sup tambahan untuk rasa tambahan), reaksi dari kebanyakan konsumen adalah, "Tapi itu ramyeon!" Kebanyakan orang tidak memperdulikan rasa , Namun juri masih mempertimbangkan soal rasanya dan harganya apakah layak.


Instant jjajangmyeon, Jjapaghetti

Instant jjajangmyeon, Jjapaghett
Salah satu ramyeon yang tidak berkuah dan paling populer adalah Jjapaghetti (짜파게티).
Ramyeon ini sebenarnya adalah versi mie instan jjajangmyeon (자장면), yakni ramyeon kacang hitam.

 Dan masih banyak lagi jenis ramyeon yang ada terserah anda memilih yang mana termasuk, termasuk ramyeon vegetarian. Lihatlah di sekitar supermarket lokal dan mencoba beberapa yang Anda suka. Anda tidak pernah tahu, Anda mungkin memiliki selera eklektik.

 
Bahan tambahan yakni daun bawang dan kimchi

Menambahkan ini dan itu itu tergantung selera . Ada yang  menambahkan tuna kaleng atau keju atau jamur atau tauge atau dubu (두부, tahu) atau udang atau sosis atau bahkan semua sisa di lemari es. (Seperti orang  yang sedang menulis posting ini.)

Biasanya ditambahkan banchan (반찬, lauk). Dan tentu saja, nomor satu banchan adalah kimchi.

Ramyeon juga biasanya dimakan dengan danmuji (단무지, acar lobak).

Jadi, apa ramyeon favorit Anda?



Source : blog.korea.net/?p=315... ( English Korean )
by Suzy Chung
Translate by IniSajaMo 





Comments

  1. Yg halal yg mana saja...

    ReplyDelete

  2. Buat yang mau cobain Mie Samyang bisa beli di toko kita di :
    www.thaiteaimport.blogspot.com
    www.facebook.com/ngemilyuks

    ditunggu ^^ maaf numpang iklan, hanya menginfokan sekiranya penasaran ingin coba , trimakasih :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima Kasih sudah memberikan komentar dihalaman IniSajaMo