Sumur Dalgiyaksu and Tebing Dalgipokpo


Daerah Cheongsong (靑 松: pinus hijau) di Provinsi Gyeongsangbuk-do berarti "sebuah desa bebas polusi dan  tenang dimana  hutan pinus." Di daerah ini ada banyak sekali sumber mata air ,  salah satunya adalah  Taman nasional Juwangsan . Taman Nasional Juwangsan  ini sebagian besar dibagi menjadi tiga bagian yaitu Oejuwang dimana  tempat  candi Dajeonsa berada , Najuwang dimana  lembah-lembah Jeolgol berada, dan daerah Dalgijigu.
Sumur Dalgiyaksu terletak  di lembah  Bugok-ri-eup , Desa Cheongsong  di bagian utara Taman Nasional Juwangsan adalah salah satu dari dua sumur mineral alami yang populer di daerah Cheongsong bersama dengan Sinchonyaksu Yah di Sinchon-ri Jinbo-myeon. Sumur Dalgiyaksu , yang kadang-kadang disebut Dalgyeyaksu Yah, adalah sumur yang mengandung karbon alkali juga mengandung Klorida, karbon dioksida bebas, seng, ion sulfat, besi, nitrogen nitrat dan asam silikat, dan air mineral dari sumur inikatanya manjur untuk pencegahan dan pengobatan penyakit perut, neuralgia, anemia dan penyakit kronis wanita.
Air di sumur Dalgiyaksu mengalir   terus sepanjang tahun tanpa pernah mengering bahkan dalam kekeringan yang parah, tidak membeku di musim dingin, dan tidak memiliki warna atau bau tertentu. Jika beras direbus dengan air sdari sumur ini, beras menjadi sedikit biru dan kenyal. Setiap tahun, penduduk desa di dekat sumur melakukan  sebuah ritual yang disebut Yeongcheonje dan tahun ini  akan menandai peristiwa 50 tahun lalu . Uniknya di antara banyaknya sumber air mineral ini, ada 6 yang menjadi  mata air nasional, ke enam  sumur mineral itu adalah  yang disebut Hatang (Sumur rendah  ), Sintang (Sumur Tuhan), Seongjitang (Sumur Suci), Jungtang (sumur tengah), Cheontang (Sumur surgawi ) dan Sangtang (Sumur atas) ditempatkan satu demi satu dalam jarak 700 meter di lembah.

Selama pemerintahan Raja Cheoljong, raja ke 25 Kerajaan Joseon (memerintah 1849-1863), Geumbudosa Gwon Seongha kembali ke desa sini untuk menetap. Dikatakan bahwa ia menemukan air  itu memancar keluar dari jurang di bebatuan ketika ia bekerja di lembah bersama-sama dengan penduduk desa. Nama desa itu kemudian dinamakan  Dalgidong Bunae-myeon Cheongsong-gun sampai akhir era Kerajaan Joseon tetapi perubahan pemerintahan lokal ulang pada tahun 1914, nama desa itu kemudian  diubah namanya menjadi Bugok-ri di Cheongsong-myeon. Dalgidong berarti "desa tempat terbitnya bulan."


Pada  aliran  Bugok-ri di dekat Desa Dalgiyaksu Yah berdiri sebuah pohon tua raksasa Wangbeodeul (Salix koreensis) yang berumur 300 tahun. Pohon itu memiliki dua dahan besar dibagi pada ketinggian sekitar 1-2 meter di atas tanah.  Pohon raksasa ini  dinominasikan sebagai Monumen Alam No 297 pada 4 November 1982. Pohon ini tingginya  sekitar 20 meter dan dahan yang tersebar sekitar 9-16 meter, menyajikan sosok megah dan mengagumkan. Namun, pohon itu rusak oleh hujan lebatpada bulan  Agustus, 2002 dan nominasi sebagai Monumen Alam dibatalkan. Beberapa bagian dari pohon raksasa ini ditampilkan di taman depan Museum Folklore Cheongsong.
Pada area Woloedong ke timur Sumur Dalgiyaksutang Nah, terdapat Lembah Woloegyegokdi  antara Gunung Taehaengsan dan Gunung Wolmyeongsan. Lembah Woloegyegok termasuk  dalam Taman Nasional Juwangsan  dan memiliki pemandangan indah dengan tebing berbatu cantik, lembah-lembah yang dalam dan menyegarkan .. Tempat yang paling mengesankan di lembah  Woloegyegok  berada di sekitar bebatuan tebing Dalgipokpo.


Tebing Dalgipokpo  di Lembah Woloegyegok berada sekitar lima kilometer ke timur dari Dalgiyaksu.  Tebing Dalgipokpo , adalah pesona kedelapan dari sembilan pesona Gunung Juwangsan,  kadang-kadang disebut tebing Woloepokpo sesuai dengan nama lembah. Ketika air terjun  dari ketinggian 11 meter, bebatuan tebing terlihat sangat indah dan besar.



Dalam perjalanan ke dan dari Dalgiyaksu Yah dan tebing batu ada baiknya kalau kita melihat Museum Cerita rakyat Cheongsong di Songsaeng-ri Cheongsong-eup . Museum ini didirikan pada Maret, 1993 dan selesai pada tahun 1999 setelah enam tahun dikerjakan . Museum ini dibangun tidak hanya untuk meremajakan semangat belajar dari masa lalu tetapi juga untuk melestarikan peninggalan dan cerita rakyat dari hari-hari tua sebagai warisan budaya yang berharga bagi generasi berikut dengan menemukan, melestarikan dan menampilkan cerita rakyat yang menghilang dan peninggalan tua di daerah pedesaan terpencil.Museum Cheongsong dibangun di sebuah situs seluas  15.120 meter persegi dengan ruang lantai 700,45 meter persegi dan ruang pameran 397 meter persegi, dan memiliki lebih dari 3.200 item dalam 672 kategori. Ruang-ruang pamer dalam ruangan di lantai dasar dan lantai dua museum tersebut menampilkan item beragam cerita rakyat yang menunjukkan gaya hidup para petani sepanjang tahun dari bulan Januari sampai Desember.


Diluar terdapat replika sebuah rumah kedai tua, Mullebanga (kincir air), Josan (mol buatan), Ipseok (Stonehenge), Wondumak (jerami menara) dan Kkotdol (bunga batu) ditampilkan, mengungkapkan gaya hidup khas tua petani. Tengara kayu Jangseung dan Sotdae juga mengesankan. Museum ini buka dari 09:00 sampai 18:00 (17:00 di musim dingin) dan ditutup pada hari libur.




Source Tour KBS @IniSajaMo
InaTrans by IniSajaMo

Comments