Tanah Longsor di Korea Selatan, 6 Orang Tewas


Bencana tanah longsor di Chuncheon, Korea Selatan. REUTERS/Lee Sang-Hak/Yonhap

Tanah longsor disebabkan oleh hujan deras di kawasan peristirahatan di selatan Seoul, Korea Selatan, Rabu, 27 Juli 2011 dini hari waktu setempat, menghancurkan 4 bangunan dan menewaskan sedikitnya 6 orang.
Hingga kini tim penyelamat bekerja keras mengevakuasi 6 korban yang terperangkap di dalam gedung. Sedangkan 26 korban lainnya dilarikan ke rumah sakit. Demikian laporan kantor berita Yonhap.

Bencana tanah langsor berlangsung tengah malam tak jauh dari bendungan Sungai Soyang di Chuncheon, sekitar 100 kilometer timur Seoul, menyebabkan sebuah tempat peristirahatan dan 3 rumah hancur. Akibat kejadian itu, 6 orang yang berada dalam rumah peristirahatan tewas. Seluruh korban merupakan mahasiswa Inha University yang sedang bekerja sebagai relawan di kawasan tersebut.

Selain merengut nyawa 6 mahasiswa, Badan Nasional Bencana menyatakan 20 orang luka-luka, 4 di antaranya cedera serius. Untuk menyelamatkan korban lainnya, pemerintah mengerahkan 500 petugas pemadam kebakaran dan polisi ke daerah bencana.

Menurut catatan Koran Chosun llbo, selama beberapa hari ini, terutama Selasa, 26 Juli 2011, dan Rabu, Korea Selatan didera hujan deras. Akibatnya, 400 kawasan direndam banjir termasuk salah satunya Ibu Kota Seoul. Kantor Meteorologi Korea Selatan dalam keterangannya kepada pers menyebutkan, hujan di Seoul mencapai 161 milimeter yang turun sejak Rabu dini hari hingga pukul 9 pagi.


IniSajaMo via Tempo

Comments