Jika Kpop sudah tak bergema lagi, jika gelombang hallyu sudah mereda . Ketika para Idola telah menua dalam usia, ketika tak ada lagi yang namanya KOREAN POP.
Tak ada yang abadi di dunia ini, Kpop dalam bentuk apapun (drama,musik, dll) suatu saat akan pergi meninggalkan kita.

Namun waktu akan mencatat dalam sejarah bahwa pernah ada suatu peristiwa dimana dunia disentakkan oleh yang namanya Korean Pop/Hallyu. Betapa kpop telah merajai sanubari seluruh dunia, betapa kpop telah mampu mengubah tatanan hidup bermasyarakat. Betapa Kpop mengharu biru dalam sikap dan pikiran dan mimpi-mimpi anak-anak,remaja bahkan dewasa di bumi ini.

Dan blog ini semoga menjadi saksi dan kenangan akan semua peristiwa itu.....




Hantu Korea dan legendanya

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa begitu banyak film horor Korea yang menampilkan fitur gadis dengan rambut panjang dan hanbok longgar warna putih ? Dan mengapa kebanyakan dari mereka begitu pucat dengan duka? Dan mengapa begitu banyak dari mereka yang menghantui sekolah-sekolah??
Musim panas adalah musim horor. Diantara banyak cara untuk mengalahkan panasnya Korea adalah dengan metode favorit yakni mengeluarkan  keringat dingin dengan menakut-nakuti diri sendiri !! hehehe..konyol. Banyak film horor yang dirilis di musim panas dan spesial horor disiarkan di TV.
Jadi mengapa gadis hanbok berambut panjang putih  menjadi bintang horor musim panas? Mari kita lihat:
Banyak Film bertemakan  gwishin
Hantu Korea, atau gwishin (귀신), sebagian besar adalah jiwa-jiwa orang mati yang  tidak bisa pergi ke sisi lain, mereka  penuh kesedihan yang mendalam atau memendam  kebencian, kadang-kadang mereka adalah korban ketidak adilan yang tidak bisa meninggalkan dunia ini sampai jiwa mereka tenang. Secara tradisional, banyak ritual perdukunan telah dikembangkan untuk tujuan ini.
Sebuah Poster  Film tahun 1967  "Cheonyeo Gwishin"
Yang paling terkenal dari Korea adalah gwishin  cheonyeo (처녀 귀신), hantu perawan (gadis) . Sejak lahir seorang wanita di Korea secara tradisional cukup kesulitan, karena mereka diajari bahwa kebajikan terbaik adalah untuk melayani ayahnya, suaminya, dan anaknya. Cheonyeo yang mati berarti ia tidak memenuhi tujuan hidupnya dan tidak mungkin untuk merobek diri dari dunia ini.
gwishin  cheonyeo (처녀 귀신),
Hanbok putih yang di pakai  gwishin ini adalah sobok (소복), pakaian berkabung tradisional. Rambut mereka terurai penjang kebawah, karena tidak menikah, mereka tidak memiliki hak untuk memasang kondenya.

Meskipun ada juga hantu  laki-laki yang disebut chonggak gwishin (총각 귀신, hantu sarjana ), tapi wanita adalah figur yang jauh lebih populer dalam budaya korea. Mereka telah menjadi daya tarik utama dalam film horor Korea sejak lama.
Dalam tradisi perdukunan, kadang-kadang "pernikahan jiwa" (영혼 결혼식) diadakan untuk "pasangan" cheonyeo dan chonggak sehingga jiwa mereka bisa beristirahat dalam damai. Kuil lain untuk cheonyeo gwishin menempatkan ukiran dan patung, dan  memiliki ritus tahunan yang menawarkan makanan dan minuman untuk jiwa-jiwa gwishin .
Mul gwishin benci berada diair sendirian
Musim panas banyak membawa kecelakaan tenggelamGwishin Mul (물귀신) adalah  hantu air, jiwa mereka kesepian karena tenggelam. Mereka tidak suka sendirian di air dingin, sehingga mereka akan mengambil orang-orang yang sedang berenang dan menyeret mereka ke dalam air yang dalam .

Gwishin Mul adalah gwishin yang menjadi akrab dalam ungkapan  Korea  , yakni "taktik mul gwishin " (물귀신 작전). Hal ini digunakan bila Anda sengaja ingin mencelakai seseorang, sehingga menjadi ungkapan "jika aku akan turun, aku tidak akan turun sendiri" . Seperti ketika Anda tiba-tiba dibebani dengan pekerjaan tambahan di kantor, Anda santai saja mengatakan kepada bos Anda bahwa tim Anda adalah pekerja yang sangat baik sehingga dia harus lembur juga. itulah yang disebut taktik mul gwishin .
Gwishin lainnya yang sangat populer adalah gumiho (구미호), rubah berekor sembilan. Gumiho adalah seekor rubah yang berusia 1.000 tahun , yang jika baik,  akan dihormati dengan naik ke langit untuk ditempatkan di istana Kaisar Langit Agung, penguasa langit. Gumiho dikenal karena dapat  menyamarkan diri mereka sebagai wanita cantik di dunia manusia dan memangsa manusia.

Meskipun legenda asli yang disebutkan di atas, cerita hantu Korea yang berfokus pada gumiho memiliki perspektif negatif, dengan cerita-cerita dari pesta gumiho di hati masyarakat agar menjadi manusia sesungguhnya. Interpretasi lainnya adalah "romantis"  mengatakan bahwa jika gumiho jatuh cinta dan menikahi seorang pria manusia, dan mencoba untuk tinggal bersamanya selama 100 hari tanpa tertangkap, ia akan menjadi manusia sejati. 
Drama Korea yang mengambil latar belakang cerita gumiho ini adalah "My Girlfriend adalah Gumiho" yang  dibintangi Lee Seung-gi dan Sin Min-ah . Sebuah cerita hantu yang sama sekali tidak menakutkan!
Film horror korea yang bertemakan sekolah
Pernahkah Anda memperhatikan berapa lama mahasiswa Korea tinggal di sekolah untuk belajar? Bahkan ada  yang disebut ''nighttime free study period'
(야간자율학습) yang secara praktis berarti Anda terjebak di sekolah sampai tengah malam. Sekolah tinggi, khususnya, bila belajar untuk ujian masuk perguruan tinggi, berarti itu adalah waktu yang panjang, sampai berjam-jam di sekolah.

Bahkan jika Anda terjebak di sekolah  tidak berarti seluruh sekolah terang menyala. Ada koridor gelap, ruang kelas biologi kosong yang penuh benda-benda aneh, kelas musik dimana instrumen nya tidak pernah  tersentuh, dan basement kosong.. Sayangnya, sekolah-sekolah tinggi dengan sejarah panjang tidak diragukan lagi memiliki siswa yang bunuh diri di sekolah. Cerita menyedihkan tentang sebuah jiwa yang bersembunyi di sudut-sudut gelap yang ada di setiap sekolah, sedikit berbeda namun semua agak sama.
Cerita-cerita ini telah menjadi tema utama bagi banyak orang, pada banyak film horor Korea, menampilkan seorang gadis berambut panjang yang menjadi gwishin bedanya ia memakai seragam sekolah.

Setiap sekolah ada patung yang hidup dimalam hari !
Jika gwishin sekolah menengah dan sekolah tinggi menceritakan jiwa yang hilang , maka di sekolah-sekolah dasar ceritanya sedikit berbeda.
Kebanyakan sekolah dasar Korea mempunyai patung tokoh bersejarah yang terkenal, atau salah satu patung yang paling umum yang pernah, "anak-anak membaca". Dan ceritanya tentu saja, patung-patung itu menjadi hidup di tengah malam dan mondar-mandir di halaman sekolah.
Potret seorang martir patriotic  Yoo Kwansunyang
Salah satu figur yang paling menakutkan bagi anak-anak ialah seorang martir bernama Yoo Kwansun (유관순). Yoo berusia  17 ketika ia ditangkap dan dipenjara selama pendudukan Jepang, Ia terlibat dalam protes  gerakan kemerdekaan. Dia akhirnya meninggal karena penyiksaan di penjara dan dihormati sebagai tokoh bersejarah.

Namun bagi anak kecil , meskipun mereka tahu ia penting dan seorang yang dikagumi dan dihormati, dan disetiap kelas ada potretnya namun mereka mengingatnya sebagai sejarah menakutkan. Ini tidak mengherankan karena ada begitu banyak legenda  tentang potret dirinya atau patungnya yang katanya patung nya akan berjalan di  malam Hari Kemerdekaan Gerakan (1 Maret, 삼일절) dan potret dirinya akan berteriak "Kemerdekaan Korea Selamanya!" dan akan bergerak jika Anda menatapnya dan memanggil namanya, Anda bisa melihat wajahnya yang tersiksa jika Anda melihat potret nya terbalik, dan segudang variasi lainnya.
Terus terang, saya tidak berpikir saya akan merasa nyaman berada di ruangan yang sama dengan potret di malam hari. Cerita anak-anak yang menakutkan!! 
Hati-hati di malam hari !
Dalam setting  yang lebih modern, "Jayuro gwishin" (자유로 귀신) mengejutkan  banyak saksi. Jayuro adalah jalan raya yang menghubungkan Goyang ke Paju, terletak di sebelah utara Seoul dan terkenal digunakan oleh orang-orang di distrik Ilsan untuk bolak-balik. Jalan rayanya  mengikuti Sungai Han dan sangat terkenal karena sering diselimuti kabut yang mendalam, sehingga banyak terjadi kecelakaan mobil.

Beberapa menyalahkan kecelakaan pada sesuatu yang lain, . Disebutkan Banyak orang yang berkendara di jalan raya telah  melihat seseorang berdiri di sisi jalan, -tampaknya seperti  seorang wanita muda yang memakai kacamata hitam dalam kesulitan, Dan...ternyata Setelah melihat lebih dekat, ternyata dia tidak memakai kacamata sama sekali, matanya dicungkil dan kosong!!.
Ada juga kisah tentang sopir taksi yang menjemput seorang wanita muda pada hari hujan dekat Jayuro, dan ia  mengikuti  alamat dalam sistem GPS,  ke daerah terpencil. Ketika ia melihat di cermin kembali untuk meminta penumpangnya untuk memberi petunjuk lebih rinci, ia menemukan kalau penumpangnya sudah  tidak ada lagi. Dengan heran ia menghentikan taksinya dan menyadari bahwa ia telah berhenti di depan sebuah pekuburan umum. Rumah penumpangnya adalah 
kuburan !!.
Oksu station: gadis mabuk
Seorang pria secara nyata mengupdate postingannya di sebuah forum tentang "gadis mabuk di stasiun Oksu . Orang-orang meninggalkan komentar; menyuruhnya untuk berbicara dengannya, untuk memastikan tidak ada yang buruk terjadi padanya. Tapi satu saat ia ada di sana, saat lain dia tidak. Laporan orang itu bahwa dia akan menyelidiki dan tak seorang pun mendengar darinya lagi.
Anda dapat mengunjungi web si pemuda tentang gwishin  Oksu Station disini
http://comic.naver.com/webtoon/detail.nhn?titleId=350217&no=5
Jangan lihat keatas jika sedang ditoilet !!
Tempat yang terdingin di rumah: gwishin kamar mandi. Pernahkah Anda ke toilet tua atau kakus? Saya beritahu ya, ketika masih kecil yang kulihat kamar mandi atau toilet orang-orang di pedesaan benar-benar menakutkan. Jauh dari rumah, gelap, dan sempit, dan cerita  tentang gwishin yang menghantui mereka merajalela.

Bahkan di zaman modern ini , cerita tentang gwishin kamar mandi masih membekas. Terutama mengenai kamar mandi di sekolah (tentu saja) dan kantor, dimana siswa belajar dan karyawan bekerja sampai larut malam, dan di langit-langit yang cukup tinggi ternyata ada gwishin  menggantung terbalik dan berayun-ayun dan bermain-main  dengan rambut Anda. Hiiiii...!!!

Ada juga legenda perkotaan gwishin di studio rekaman, dimana suara mereka muncul secara acak dalam rekaman, atau siluet mereka ditampilkan bersembunyi di bilik rekaman. Dalam kasus apapun, banyak penyanyi yang menjadi saksi telah melihat gwishin ketika mereka sementara rekaman dan tiba-tiba  dikabarkan albumnya menjadi hit, sehingga dalam beberapa kasus,perusahaan yang menaungi sang  penyanyi 'akan membuat cerita dan melepaskan cerita tersebut  ke pers sebagai taktik pemasaran .

Ada lebih banyak cerita di luar sana mustahil untuk mendaftar mereka semua. Tapi mungkin salah satu yang paling terkenal adalah cerita tentang ibu satu anak yang tidak menjawab bahkan setelah dipanggil beberapa kali:

"Moooooom Moooooooom! MOOOOOOOM !!!!!"

Sang ibu akhirnya berbalik dan menghadapi sang anak.

"IBU, aku memanggil anda berkali-kali kenapa ibu tidak menjawabku ?!??"

Sebuah senyum licik melintas di wajah ibu dan dia menjawab,

"Apakah aku terlihat seperti ibu mu?"

***

Muhahahaha ~! Nikmati sisa musim panas dingin Anda.

Source : blog.korea.net by Suzy
@IniSajaMo

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...