KARA Kalahkan Rekor BoA


Selama beberapa waktu terakhir, popularitas KARA semakin meningkat di Jepang. Hanya dengan tiga lagu, mereka berhasil mencuri perhatian mayoritas masyarakat Jepang. Bahkan, girlband asuhan DSP Media itu disebut-sebut berhasil mengalahkan popularitas BoA di negeri Sakura.
     Menurut catatan Japanese Record Association pada 1 Agustus lalu, KARA berhasil mencatatkan penjualan single digital sebanyak 3,2 juta kopi. Meski baru memulai debut akhir Agustus tahun lalu, mereka sudah mencuri perhatian para fans dengan lagu ‘Mister’, ‘Jumping’, dan ‘Jet Coaster Love’.
     Saat ini, rekor penjualan untuk kategori artis Korea masih dipegang BoA. Selama sebelas tahun merambah pasar musik Jepang, penyanyi asuhan SM Entertainment itu sudah mencatatkan penjualan tujuh single sebanyak 3,65 juta kopi. Meski begitu, rekor ini tampaknya tidak akan bertahan lama. Mulai 29 Juni lalu, KARA sukses mengambil alih posisi BoA dengan lagu keempat bertitel ‘Go Go Summer!’
     Hanya dalam waktu singkat, ‘Go Go Summer!’ langsung merajai tangga lagu Jepang. Tak hanya itu, lagu ini juga menduduki posisi perdana tangga lagu Recochoku selama bulan Juli untuk kategori lagu paling sering didownload sekaligus merajai empat tangga lagu lain dalam kategori Ringtone, Full Version Ringtones, Video Clip, dan Callback Tone. Tak ketinggalan, ‘Go Go Summer!’ juga menduduki posisi kedua dalam kategori Waiting Call Tone.
     Selain Recochoku, ‘Go Go Summer!’ juga mendominasi tangga lagu lain seperti Mora, Musico, dan Music Japan. Setelah ditambah dengan hasil penjualan lagu Go Go Summer!, KARA dinyatakan sukses mengalahkan rekor BoA.
     Selain KARA dan BoA, beberapa artis Korea lain juga mengukir prestasi mengagumkan di kancah musik Jepang. Sebut saja Girls’ Generation dengan penjualan empat lagu sebanyak 1,65 juta kopi dan TVXQ dengan 1,55 juta kopi dari lima lagu. “Tidak seperti penjualan album, posisi tangga lagu lebih akurat dalam menentukan popularitas publik. Rekor ini menunjukkan jika girlband Korea, termasuk KARA dan K-pop diterima dengan baik oleh populasi anak muda Jepang,” komentar salah satu pengamat industri hiburan.


IniSajaMo via asiangrup

Comments