Candu Baru K-pop: ‘Variety Show’


Selain musik, drama dan film, budaya pop Korea punya satu daya tarik lagi. Yaitu, acara ragam (variety show) di televisi. Semenjak K-pop melejit, acara seperti ini pun menjamur, dengan ide dan konten yang tak kalah dari Hollywood.
Dan terus terang, saya ketagihan. Salah satu penyebabnya adalah karena acara ini membuat saya bisa lebih mengenal idola K-pop saya. Kendala bahasa menyulitkan saya mencari tahu keseharian mereka. Jika mencoba mencari tahu melalui Internet pun, tersandung huruf hangul yang tidak bisa dimengerti.
Jalan tercepat untuk mengenal keseharian itu bisa langsung didapat dengan menonton acara ragam di televisi. Di beberapa acara, bahkan saya menonton tanpa ditemani teks Inggris.
Contohnya bisa diambil dari acara "Let's Go Dream Team 2". Acara ini menampilkan beberapa idola berkompetisi dalam olahraga atau uji stamina melawan kelompok atlet professional. Dari situ, terlihat bahwa salah seorang anggota 2AM, Jinwoon bersama dengan mantan GOD, Kim Tae ternyata jagoan basket.
Dalam menyambut Chuseok (hari Thanksgiving Korea) beberapa hari lalu, salah satu stasiun televisi mengadakan semacam olimpiade. Puluhan boyband dan girlband berkompetisi dalam berbagai macam olahraga atletik.
Dari kompetisi ini, Dong Jun dari ZE:A, Min Ho dari Shinee, Eun Hyuk dari Super Junior, dan Sang Chu dari Mighty Mouth adalah idola K-pop yang tidak hanya jago menyanyi tetapi juga atlet-atlet andal. Mulai dari lari 100 meter, loncat jauh, lari rintangan 110 meter, sampai estafet 400 meter, mereka tidak pernah luput di urutan teratas dan selalu menciptakan rekor baru.
Acara ragam Korea seperti mengupas habis sosok idola karena menguak topik atau kadang aib sang artis. Topik seperti operasi plastik, kekejaman didikan manajemen artis, skandal sesama artis yang selama ini ditutup-tutupi bisa ketahuan dan bahkan keluar lewat pengakuan sang artis (baik sengaja maupun tidak).
"Strong Heart" adalah acara yang paling mengungkap hal-hal pribadi selebritas. Dipandu oleh Kang Ho Dong dan Lee Seung Gi, sekitar lima belas sampai dua puluh selebritas dikumpulkan dan ditantang menceritakan pengalaman hidup mereka yang paling mencengangkan. Sebuah cerita heboh akan diadu dengan yang lainnya. Di akhir episode biasanya terpilih siapa cerita yang paling mencengangkan.
Topik operasi plastik seperti topik yang sering dibicarakan di acara ini sehingga salah segmen di acara ini ada yang disebut Euteuk Academy dimana tiga anggota Super Junior (Euteuk, Eun Hyuk, dan Shin Dong) akan membawa potongan foto yang diperbesar wajah-wajah para artis ini ketika mereka kecil atau sebelum operasi plastik.
Kim Dong Wan, salah satu anggota Shinhwa, adalah artis yang paling terbuka soal ini. Ia bercerita bahwa hidungnya dioperasi sebagai hadiah dari bos SM, Lee So Man, karena bentuk hidungnya yang bengkok. Dari pengakuan tersebut, tersiratlah bahwa hal seperti itu biasa dilakukan sebelum artis debut dalam sebuah manajemen artis.
Eun Hyuk bahkan mengaku tidak malu-malu meminta hadiah serupa seperti Dong Wan. Sayang, Eun Hyuk tidak seberuntung seniornya karena sang bos merasa jika harus mempermak bagian wajah Eun Hyuk yang dirasa jelek, itu berarti seluruh wajah.
Hal lain yang menyenangkan saat menonton acara ragam Korea adalah kecerdasan para produser atau tim kreatif menciptakan satu acara dan bagaimana tim produksi mewujudkan acara tersebut. Ada dua acara yang selalu membuat saya terkagum-kagum melihat skala produksi dan tim persiapan setiap episode, yaitu "2 Days and 1 Night" dan "Running Man".
Konsep "2 Days and 1 Night (2D1N)" sebenarnya sederhana: menampilkan enam selebritas mengunjungi berbagai daerah dengan pemandangan bagus di Korea selama dua hari satu malam. Berbagai permainan untuk mendapatkan makan malam, transportasi dan tempat tidur diadakan agar acara menarik. Sebagai selingan, terkadang mereka juga mengajak aktris atau aktor lain untuk meramaikan suasana. Saking favoritnya, acara yang pertama kali tayang Agustus 2007 ini kini sudah mencapai 350 episode.
Di tiga episode terakhir ini, ide kreatifnya sangat sederhana. Mereka mengajak beberapa penonton terpilih untuk pergi bareng dan keenam anggota tetap 2D1N ini akan menghibur mereka. Yang istimewa, penonton yang diajak sengaja dipilih dari umur 0 — 100 tahun! Terbayang kan betapa sulitnya mencari penonton dengan jangkauan umur segitu panjangnya.
Di episode awal diperlihatkan tim mereka membutuh waktu tiga bulan untuk mencari dan menyortir aplikasi peserta. Dan mereka pun berhasil mengumpulkan bayi yang lahir pada 1 Januari tahun ini sampai penonton yang berusia 100 tahun! Bahkan di penghujung acara, mereka menemukan penonton yang berusia 102 tahun dalam keadaan sehat dan ikut pergi bersama ke Busan!
Acara "Running Man" juga tidak kalah seru dengan "2D1N". Acara ini merupakan permainan petak umpet tetapi dibuat dalam skala lokasi yang luas misalnya stadion, gedung, museum, teater. Di episode awal, permainan petak umpet ini lebih sadis lagi. Dimulai siang hari sampai tengah malam dan siapa yang kalah harus tetap di dalam gedung sampai jam operasional dimulai lagi esok hari.
Acara ragam Korea makin menarik karena keaslian kreatif acara. Hollywood hanya jadi inspirasi, sementara sentuhan lokal tetap diutamakan.
"Strong Heart" misalnya. Acara ini sebenarnya tidak berbeda dengan acara talkshow seperti Oprah atau Ellen tetapi kemudian dibengkokkan sedikit dengan kompetisi cerita-cerita selebritas sehingga acara ini tetap akrab (dengan bintang tamu), mendalam (topik obrolan) tetapi sekaligus seru (unsur kompetisi).
Ngomong-ngomong, tahukah Anda bahwa acara "Ranking Satu" yang dipandu oleh Sarah Sechan di sebuah saluran televisi Indonesia sebenarnya mengambil ide acara "The Golden Bell Challenge" dari Korea?


Source Syane Susanti blog yahoo

Comments