Jaejoong Berbicara tentang Park Yongha

Wawancara Jaejoong dan kalangan para selebritis ditampilkan dalam acara tribute Park Yongha di Jepang. Video cut wawancara Jaejoong dan terjemahannya dapat lihat di bawah ini.



Terjemahan
Jaejoong: Seorang aktor yang memiliki keinginan banyak untuk pekerjaannya?

Jaejoong: Sangat banyak … Bagaimana mengatakannya… haruskah aku katakan tertawa? Aku merasa dia sangat suka tersenyum. Kekhawatiran… Dia adalah seseorang dengan banyak kekhawatiran, selalu. Menahan diri untuk tidak menunjukkan kekhawatirannya, ia berusaha keras melakukannya juga. Aku tidak tahu apa itu, tapi dia selalu punya begitu banyak kekhawatiran. Dan cara mengatasi kekhawatiran itu, kami sering melakukannya bersama, sebagai hyung dan dongsaeng. Tapi aku ingat wajahnya, bahkan di tengah-tengah kekhawatirannya, ia tidak pernah kehilangan senyum.

Jaejoong: Ah… dia adalah seorang penyanyi yang selalu bekerja keras, dan juga selalu khawatir demi penggemarnya.

Jaejoong: Beberapa waktu yang lalu… ketika aku pergi ke Amerika Serikat dan mungkin dua sampai tiga hari setelah itu…aku mendengar berita itu. Di Amerika Serikat… begitu aku mendarat di Bandara Los Angeles, aku mendapat telepon dari Yongha hyung. “Di mana kamu?” “Di AS.” “Ah, jadi kamu pergi ke AS. Kalau kamu datang kembali, mari kita minum bersama.” Dia mengucapkan kata-kata itu kepadaku.
Dan bahkan sebelum itu, ketika kami bertemu di Jepang, dia berbicara berulang kali tentang konser itu. Sangat banyak… seperti “Ayo kita terus meningkat dan meningkat.” Kata-kata itu, ia mengatakannya kepadaku berulang-ulang, berulang-ulang. Tapi, kemudian tiba-tiba hal seperti itu terjadi… pikiranku kosong. Aku… untuk waktu yang sangat lama, menjadi blank…

Jaejoong: Ia adalah seseorang yang tidak seperti selebriti, sama sekali. Dia seperti hyung yang menjadi tetanggaku. Bila kamu melihat hasil dan prestasi yang telah dicapai Yongha hyung dalam hidupnya, ia memiliki kualitas yang sangat tinggi. Meskipun demikian, ia menunjukkan dirinya sebagai seseorang yang terpisah dari kemasyhuran dan popularitas selebriti, manusia yang sama seperti orang lain. Ia sering seperti itu.
Jadi aku merasa bahwa mungkin itu sebabnya orang-orang di sekelilingnya sangat mencintai Yongha hyung, pria itu.

Jaejoong: Ketika Yongha hyung tidak terlalu memiliki banyak kegiatan di Jepang, kami berada di Jepang cukup lama karena kegiatan grup. Ada waktu di mana kami tinggal di Jepang selama enam bulan, setahun. Jika informasi kontakku berubah, atau jika informasi kontak dari teman-teman di Korea berubah, maka kami akan kehilangan kontak dengan satu sama lain. Ini terjadi dari waktu ke waktu. Tapi di voicemailku, “Nomorku sudah berubah. Apakah kamu sehat? Kesehatanmu adalah hal yang paling penting, jadi jagalah dengan baik. Dan aku merindukanmu. Dan juga… bahkan jika hanya sekali… aku harus pergi menemuimu, untuk melihatmu.” Dia akan mengatakan itu. Tetapi banyak orang yang mengatakan, “Mari kita bertemu, mari kita minum-minum.” Sering kali, semua itu hanya berakhir dalam kata-kata. Tapi dia adalah seseorang yang benar-benar menjaga kata-kata yang ia bicarakan. Dia benar-benar datang jauh-jauh ke Jepang. Yongha hyung… sebelum dia pergi… dia datang untuk melihat penampilan kami, di Jepang. Dia mengatakan bahwa karena dia mempunyai jadwal hari itu, dia harus pergi di tengah-tengah acara, tapi… dia adalah seseorang yang benar-benar menjaga setiap katanya.

Jaejoong: Pertama, sebagai hal dasar, kami berbicara banyak tentang musik. Dan juga, penampilan panggung. Kami banyak berbicara tentang hal itu. Kami berbicara tentang akting juga. Kami juga berbicara tentang wanita. Ya. Bagaimana harus mengatakannya? Sungguh, apa yang aneh adalah dia ternyata sering merasa kesepian. Dia cukup sering merasa kesepian, tapi ia mengatasi kesepian itu dengan hal-hal lainnya. Aku pikir mungkin hal itu adalah musik. Meskipun karir utamanya adalah menjadi seorang aktor… ia akan berkata, “Aku benar-benar ingin bernyanyi. Aku benar-benar ingin bernyanyi, dan… aku ingin memulai kehidupan baru, dari awal.”

Jaejoong: Aku pikir semua penggemar tahu. Para musisi atau aktor yang mereka suka… dari balik layar, “Seberapa keras mereka bekerja demi kita?” Aku pikir para fans paling tahu jawabannya. Dia sangat sering khawatir. Pada panggung yang begitu besar, ia telah tampil berkali-kali, dan dia juga memiliki begitu banyak penggemar. Tapi demi para fans di Jepang… “dari teater kecil, dari awal, aku ingin mulai melakukan sesuatu yang baru.” Dia akan mengatakan itu kepadaku dalam kekhawatiran, dan berulang kali akan menanyakan apakah aku pikir itu baik-baik saja. Karena ia memiliki hati yang penuh kasih untuk para penggemarnya seperti itu. Mungkin itu sebabnya, bahkan sekarang, para fans masih menunggu untuk Yongha hyung.

Jaejoong: Ah… Ketika aku memikirkan Hyung, banyak tawa yang datang dariku. Aku… dari Hyung … benar-benar begitu banyak hal yang aku pikir aku bisa belajar darimu untuk waktu yang lama… dan banyak orang di sekitarku… hati baik yang Hyung tunjukkan… aku menyampaikan itu… dan aku ingin menunjukkan hal seperti yang kamu lakukan juga… Dan juga, ibumu, saudara iparmu, saudara perempuanmu… aku akan menghubungi mereka, makan bersama-sama dengan mereka dan lain-lain… tapi sekarang kamu tidak di sini… kamu benar-benar tidak ada…. Tempat di mana kamu sekarang, aku sering mengunjunginya… dan berbicara denganmu sangat sering, tapi… Ah… aku tidak tahu. Tapi, aku tidak tahu. Lebih dari hal lain, aku harap kamu juga senang berada di tempatmu sekarang. Jadi bahkan dengan hanya melihat ke langit, kami akan terus melihat senyumanmu datang ke pikiran kami… mohon, terus lindungi kami… aku ingin kau tersenyum ke arah kami. Sungguh benar-benar, aku mencintaimu. Terima kasih.

Video Source: lovemjjeje
Translation Credit: JYJ3

Comments